Skip to main content

Cara Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file

 

Cara Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file di word

Cara Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file di word

Halo sobat semua semoga kalian dalam keadaan sehat dan bahagia, dimanapun kalian berada, kali ini saya akan mencoba menuliskan Cara Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file di word sebenarnya sangat mudah, namun bagi sebagian orang ini adalah hal yang sangat menyulitkan, karena belum tahu caranya he he.

Apakah termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini? jika iya kamu sudah menemukan tutorial yang tepat, insyaAllah setelah membaca artikel ini membuat nomor halaman berbeda dalam satu file adalah pekerjaan yang sangat mudah.

Biasanya dalam karya ilmiah kita sebut saja skripsi memiliki beberapa penomoran yang berbeda dibagian halamannya. Mari kita lihat penomoran pada skripsi.

  1. Bagian Judul, biasanya tidak di perlukan nomor halaman
  2. Kata pengantar dan Daftar isi biasanya menggunakan huruf romawi (i,ii,iii dst)
  3. Bagian BAB I biasanya penomoran berada di bawah bagian tengah dan diberi nomor dengan angka (1)
  4. Setelah BAB biasanya posisi penomoran berada bagian kanan atas.
  5. Bagian BAB II, Sama dengan BAB 1
  6. Bagian Daftar Pustaka posisi kembali di tengah bawah
Saya yakin kalian lebih tahu tentang itu... iya saya sengaja biar tulisan ini agak lebih panjang wkwwk, tapi bukan itu tujuannya.

Tujuannya adalah agar kita bisa membuat pembatas/bagian/section meskipun skripsi kita dalam satu file, kita harus membagi-bagi dalam beberapa section, agar kita bisa membuat nomor halaman yang berbeda-beda. Dalam kasus ini kita harus membuat 5 bagian/section. Jadi istilahnya satu rumah memiliki kamar-kamar tersendiri.
  1. Secion I : Bagian JUDUL

  2. Section 2 : Bagian KATA PENGANTAR

  3. Section 3 : BAB I

  4. Section 4 : BAB II

  5. Section 5 : DAFTAR PUSTAKA


Nah bagaimana membuat bagian/section itu? ayo baca lagi...

Buka Mic Word atau file skripsi 

Sebelum membuat secttin mari kita pahami dulu halaman di word. dalam satu halaman microsoft word itu ada terdiri dari header, isi dan footer, di header dan footer inilah biasanya kita membuat halaman. Untuk membuka header atau footer bisa dengan cara Doble Klik di bagian header dan footer atau klik kanan dan edit header/footer.

Perhatikan gambar berikut ini, disini belum ada pembagian/section, artinya jika dibuat halaman maka hanya bisa satu format saja.

Cara Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file di word


CARA MEMBUAT SECTION

Setelah kita faham letak header dan footer baru kita masuk ke cara membuat section atau bisa kita sebut juga dengan pembatas


Section I : Bagian JUDUL (Cover) 
Section 2 : Bagian KATA PENGANTAR

Langkah pertama kita akan membuat pembatas/bagian antara halaman JUDUL dan KATA PENGANTAR 

 Caranya, letakkan kursor di sebelah kiri atas KATA PENGANTAR, kemudian Klik Page Layout>>Break>>Next Page

Cara Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file di word


Maka jika kita perhatikan kita telah membagi bagian JUDUL dan KATA PENGANTAR menjadi 2 section, coba klik dua kali pada header atau footer. maka akan ada keterangan header  section 1, dan header section 2.

 

Cara Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file di word

Namun ada lagi yang harus di perhatikan karena halaman JUDUL dan KATA PENGANTAR berbeda formatnya kita aktifkan Different First Page dan juga non aktifkan Link To Previous.

Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file di word

Jika sampai sini faham kamu sudah bisa membuat nomor halaman yang berbeda. Namun jika belum mari kita lanjutkan

SECTION 3 : BAB I

Klik kursor dibagian kiri paling atas BAB I, Klik Page Layout>>Break>>Next Page, Maka kita sudah membuat section 3

Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file di word


Karena Halaman yang akan kita buat di BAB I juga berbeda formatnya dengan KATA PENGANTAR maka kita juga harus aktifkan Different First Page dan juga non aktifkan Link To Previous.


Section 4 : BAB II

Caranya sama klik kursor pada kiri atas BAB II, kemudian klik Page Layout>>Break>>Next Page

Cara Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file di word


Karena Format penulisan nomor pada BAB II sama dengan BAB I maka kita harus mengaktifkan Link To Previous baik di header maupun footer.

Section 5 : DAFTAR PUSTAKA

Caranya sama klik kursor pada kiri atas DAFTAR PUSTAKA, kemudian klik Page Layout>>Break>>Next Page,
Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file di word



Karena formatnya berbeda dengan sebelumnya maka kita juga harus aktifkan Different First Page dan juga non aktifkan Link To Previous.


Disini kita telah selesai untuk membuat section, selanjutnya kita tinggal membuat nomor halamannya, karena kita sudah membuat bagian-bagian insyaAllah halaman berbeda bisa kita terapkan.

MEMBUAT Nomor HALAMAN YANG BERBEDA


Mari kita mulai dari halaman KATA PENGANTAR

Klik kursor pada halaman kata pengantar kemudian klik Insert >> Page Number >>Bottom Of Page, dan pilih posisi Nomor Halaman dibagian tengah.

Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file di word

Jika ingin mengubah format halaman menjadi huruf romawi atau angka tinggal klik format page numbers, pilih Number Format, jangan lupa tentukan di mulai dari berapa misalnya mulai dari (i) klik Start at dan  kemudian klik OK.






Hasilnya ..nomor halaman ada di tengah bawah
Halaman telah tampil dengah huruf romawi




Selanjutnya tinggal klik kursor pada halaman BAB I dan klik Insert >> Page Number >>Bottom Of Page, dan pilih posisi Nomor Halaman pada bagian tengah

Ganti format halaman menjadi angka dan dimulai angka 1, dan klik OK
Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file di word


hasilnya sebagai berikut 




Kemudian karena penomoran halaman setalah BAB I berpindah disebelah kanan atas,  cara menggantinya  posisikan Kursor di header halaman yang akan kita buat kemudian klik Insert >> Page Number >>Top Of Page, dan pilih posisi Nomor Halaman di sebelah kanan atas

Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file di word



Hasilnya  nomor halaman ada di kanan atas






Selanjutnya, untuk Bagian BAB II kalian tinggal ulangi langkah pada BAB I, Jika kalian sedang beruntung halaman BAB selanjutnya akan otomatis mengikuti format dari BAB I, dengan catatan membuat sectionnya benar. Begitu juga dengan bagian  DAFTAR PUSTAKA

Gimana mudah kan membuat halaman berbeda di microsoft word???

KESIMPULAN 

  1. Untuk membuat halaman yang berbeda kita harus tahu membuat section (Page Layout>>Break>>Next Page)
  2. Jika penomoran pertama berbeda dengan halaman berikutnya maka aktifkan (ceklis) Differen First Page
  3. Jika format Nomor halaman tidak sama dengan halaman sebelumnya maka non aktifkan Link to Previous baik di header dan di footer, sebaliknya jika sama maka aktifkan Link to Previous

Baca Juga : 

 







Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara