Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file

Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file di mic. word sebenarnya sangat mudah, namun bagi sebagian orang ini adalah hal yang sangat menyulitkan, apakah termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini? jika iya kamu sudah menemukan tutorial yang tepat, insyaAllah ssetelah membaca artikel ini membuat halaman berbeda dalam satu file adalah pekerjaan yang sangat mudah.

Biasanya dalam karya ilmiah kita sebut saja skripsi memiliki beberapa penomoran yang berbeda dibagian halamannya. Mari kita lihat penomoran pada skripsi.

  1. Bagian Judul, biasanya tidak di perlukan nomor halaman
  2. Kata pengantar dan Daftar isi biasanya menggunakan huruf romawi (i,ii,iii dst)
  3. Bagian BAB I biasanya penomoran berada di bawah bagian tengah dan diberi nomor dengan angka (1)
  4. Setelah BAB biasanya posisi penomoran berada bagian kanan atas.
  5. Bagian BAB II, Sama dengan BAB 1
  6. Bagian Daftar Pustaka posisi kembali di tengah bawah
Saya yakin kalian lebih tahu tentang itu... iya saya sengaja biar tulisan ini agak lebih panjang wkwwk, tapi bukan itu tujuannya.

Tujuannya adalah agar kita bisa membuat pembatas/bagian/section meskipun skripsi kita dalam satu file, kita harus membagi-bagi dalam beberapa section, agar kita bisa membuat nomor halaman yang berbeda-beda. Dalam kasus ini kita harus membuat 5 bagian/section. Jadi istilahnya satu rumah memiliki kamar-kamar tersendiri.
  1. Secion I : Bagian JUDUL

  2. Section 2 : Bagian KATA PENGANTAR

  3. Section 3 : BAB I

  4. Section 4 : BAB II

  5. Section 5 : DAFTAR PUSTAKA


Nah bagaimana membuat bagian/section itu? ayo baca lagi...

Buka Mic Word atau file skripsi 

Dalam satu halaman microsoft word itu ada terdiri dari header, isi dan footer, di header dan footer inilah biasanya kita membuat halaman. Untuk membuka header atau footer bisa dengan cara Doble Klik di bagian header dan footer atau klik kanan dan edit header/footer.

Perhatikan gambar berikut ini, disini belum ada pembagian/section, artinya jika dibuat halaman maka hanya bisa satu format saja.


CARA MEMBUAT SECTION


Section I : Bagian JUDUL & Section 2 : Bagian KATA PENGANTAR

Langkah pertama kita akan membuat pembatas/bagian antara halaman JUDUL dan KATA PENGANTAR 

 Caranya, letakkan kursor di sebelah kiri atas KATA PENGANTAR, kemudian Klik Page Layout>>Break>>Next Page

Cara Membuat Halaman Berbeda Dalam Satu File


Maka jika kita perhatikan kita telah membagi bagian JUDUL dan KATA PENGANTAR menjadi 2 section, coba klik dua kali pada header atau footer. maka akan ada keterangan header/footer  section 1, dan header section 2.


Namun ada lagi yang harus di perhatikan karena halaman JUDUL dan KATA PENGANTAR berbeda formatnya kita aktifkan Different First Page dan juga non aktifkan Link To Previous.


Jika sampai sini faham kamu sudah bisa membuat halaman yang berbeda. Namun jika belum mari kita lanjutkan

SECTION 3 : BAB I

Klik kursor dibagian kiri paling atas BAB I, Klik Page Layout>>Break>>Next Page, Maka kita sudah membuat section 3



Karena Halaman yang akan kita buat di BAB I juga berbeda formatnya dengan KATA PENGANTAR maka kita juga harus aktifkan Different First Page dan juga non aktifkan Link To Previous.


Section 4 : BAB II

Caranya sama klik kursor pada kiri atas BAB II, kemudian klik Page Layout>>Break>>Next Page



Karena Format penulisan nomor pada BAB II sama dengan BAB I maka kita harus mengaktifkan Link To Previous baik di header maupun footer.


Section 5 : DAFTAR PUSTAKA

Caranya sama klik kursor pada kiri atas DAFTAR PUSTAKA, kemudian klik Page Layout>>Break>>Next Page,



Karena formatnya berbeda dengan sebelumnya maka kita juga harus aktifkan Different First Page dan juga non aktifkan Link To Previous.


Disini kita telah selesai untuk membuat section, selanjutnya kita tinggal membuat halamannya, karena kita sudah membuat bagian-bagian insyaAllah halaman berbeda bisa kita terapkan.

MEMBUAT HALAMAN YANG BERBEDA


Mari kita mulai dari halaman KATA PENGANTAR

Klik kursor pada halaman kata pengantar kemudian klik Insert >> Page Number >>Bottom Of Page, dan pilih posisi Nomor Halaman dibagian tengah.


Jika ingin mengubah format halaman menjadi huruf romawi atau angka tinggal klik format page numbers, pilih Number Format, jangan lupa tentukan di mulai dari berapa misalnya mulai dari (i) klik Start at dan  kemudian klik OK.






Hasilnya ..nomor halaman ada di tengah bawah
Halaman telah tampil dengah huruf romawi




Selanjutnya tinggal klik kursor pada halaman BAB I dan klik Insert >> Page Number >>Bottom Of Page, dan pilih posisi Nomor Halaman pada bagian tengah

Ganti format halaman menjadi angka dan dimulai angka 1, dan klik OK


hasilnya sebagai berikut 




Kemudian karena penomoran halaman setalah BAB I berpindah disebelah kanan atas,  cara menggantinya  posisikan Kursor di header halaman yang akan kita buat kemudian klik Insert >> Page Number >>Top Of Page, dan pilih posisi Nomor Halaman di sebelah kanan atas




Hasilnya  nomor halaman ada di kanan atas






Selanjutnya, untuk Bagian BAB II kalian tinggal ulangi langkah pada BAB I, Jika kalian sedang beruntung halaman BAB selanjutnya akan otomatis mengikuti format dari BAB I, dengan catatan membuat sectionnya benar. Begitu juga dengan bagian  DAFTAR PUSTAKA

Gimana mudah kan membuat halaman berbeda di microsoft word???

KESIMPULAN 

  1. Untuk membuat halaman yang berbeda kita harus tahu membuat section (Page Layout>>Break>>Next Page)
  2. Jika penomoran pertama berbeda dengan halaman berikutnya maka aktifkan (ceklis) Differen First Page
  3. Jika format Nomor halaman tidak sama dengan halaman sebelumnya maka non aktifkan Link to Previous baik di header dan di footer, sebaliknya jika sama maka aktifkan Link to Previous

Baca Juga : Cara  membuat daftar isi otomatsi di microsoft word







0 Comments