Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Word, semua yang telah
mengenal komputer sudah pasti tahu, apalagi bagi pekerja kantoran,
mahasiswa, siswa, karena hampir semua kegiatan dilakukan menggunakan
microsoft word, menulis surat, tugas, laporan, grafik dan lain
sebagainya. oleh karena itu bangno.my.id kalai ini akan mencoba mengupas
tentang Microsoft Word Tips and Tricks yang banyak digunakan untuk bekerja.
Microsoft Word Tips and Tricks Yang Paling Sering Di Gunakan Dalam Bekerja
1. Konvert Data Ke Bentuk Tabel
Misalkan kalian punya data yang berbentuk list dan akan di buat dalam bentuk tabel, kalian tidak perlu membuat nya secara manual satu-persatu. Karena akan memakan waktu dan lumayan menguras tenaga juga.
Ada cara yang lebih efektif untuk menyelesaikan tugas ini, caranya yaitu sebagai berikut :
a. Buka data yang akan di konvert ke tabel
b. Blok Semua Datanya
c. Insert => Table => Convert Text to Table
Klik tab Insert kemudian pilih Table dan pilih Convert Text to Table
Kemudian akan muncul dialog sebagai berikut
Dibagian Number of colums bisa kalian ganti sesuai kebutuhan, dan setelah itu klik OK maka data akan otomatis terkonvert menjadi table, seperti pada gambar berikut ini
Langsung menjadi table kan sobat, gampang banget, mau buat laporan, atau data apapun jadi sangat mudah bukan?
2. TRANSLATE
Selanjutnya adalah menu translate, banyak orang mentranslate harus buka google translate dulu, padahal microsoft word telah memiliki fitur ini, jadi kalian bisa hemat waktu tak perlu buka google translate.
Blok semua data yang akan di translate kemudian klik kanan, kemudian klik Translate
Kemudian pilih bahasa dari dan akan ke bahasa apa data kamu akan di translate, disini kamu bebas memilih bahasa, misal From : Indonesian to English.
Kamu bisa memilih bahasa di bagian kanan, dan jika kamu ingin memasukkan hasil translate ke lembar kerja microsoft word, kamu tinggal klik Insert.
3. Mengatur Huruf Kapital/Kecil
Dalam menyelesaikan tugas -tugas kita juga menggunakan huruf kapital dan huruf kecil, sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan caps lock pada keyboard, tapi sebenarnya di menu microsoft word juga telah menyediakan fitur untuk mengatur huruf yang kita butuhkan. yaitu Change Case
Misalnya kita akan merubah semua tulisan menjadi huruf kapital/huruf besar semua maka caranya adalah blok semua datanya di klik tap home kemudian pilih change case UPPERCASE.
Kalian bisa merubah huruf sesuai dengan kebutuhan sekaligus, tinggal kalian pilih saja change case nya.
- Sentence case : Awal kata menggunakan huruf kapital
- lowercase : kata di buat kecil semua
- UPPERCASE : KATA DIBUAT KAPITAL
- Capitalize Each Word : Setiap Awal Kata Dibuat Kapital
- tOGGLE cASE : aWAL kATA hURUF kECIL sEMUA
Cara lain untuk memilih format huruf di microsof word adalah dengan menekan tomblol SHIFT+F3, saya rasa ini lebih mudah dari pada memilih menu di tab microsoft word. blok semua data kalian kemudian tekan berulang SHIFT+F3 untuk memilih format huruf,
3. Membuat Tanda Tangan Digital
Zaman covid 19 kemarin membiasakan diri kita menjadi serba digital, termasuk tanda tangan kita juga harus digital. Di Mirosoft word kita juga bisa membuat tanda tangan digital
Pertama kamu siapkan tanda tangan kamu di kertas putih, usahakan dengan tinta yang tebal. kemudian masukkan ke microsoft word dengan klik insert kemudian picture kemudian pilih tanda tangan yang ada di komputer dan klik insert
Kemudian klik pada gambar dan klik Format kemudian klik Remove Background
Klik tanda + untuk menambah bagian yang terseleksi dan tanda - (minus) untuk mengurangi, jika telah selesai klik tanda ceklis ( keep canges). Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini
4. Membuat Ceklis
Dalam membuat suatu dokument kita juga perlu untuk membuat ceklist, cara membuat ceklis di microsoft word sangat mudah
pertama kita harus aktifkan dulu menu Developer klik File => Option
kemudian klik Customize Ribbon
Dan... menu Developer sudah aktif, coba perhatikan di menu telah ada menu developer, dan untuk membuat ceklis tinggal klik saja tanda ceklis yang saya kotakin warna merah
5. Menggabungkan 2 file
Saya masih ingat waktu zaman skripsian setiap bab dibuat file berbeda, terus kalau mau gabungin kita copy paste satu-satu. Sumpah itu cape, belum lagi ada yang beda formatnya... berantakan deh....
Kalau kalian mengalami hal yang sama tenang, berikut ini saya kasih tricks nya untuk menggabungkan file microsoft word yang terpisah menjadi satu padu.
Contoh kita memiliki dua buah file dokumen, kemudian kita akan menyatukannya, caranya adalah Klik Insert kemudian Object dan Pilih Text From File.
dan bim salabim...hasilnya dua file tadi sudah bersatu.
Baik itu dia beberapa tips yang bisa saya bagikan saat ini, mudah-mudahan kita semua selalu diberi kesehatan, dan semoga bermanfaat.
Comments
Post a Comment