Skip to main content

Fungsi Left, Mid, Right dan Substitute di Excel

untuk kali ini saya akan membahas tentang Fungsi LEFT, Fungsi MID, Fungsi RIGHT dan Fungsi SUBSTITUTE.

Microsoft excel adalah program untuk mengolah data yang paling populer, banyak sekali fungsi atau rumus yang dapat kita manfaatkan di microsoft excel, Namun untuk kali ini saya akan membahas tentang Fungsi LEFT, Fungsi MID, Fungsi RIGHT dan Fungsi SUBSTITUTE.

Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari sisi kiri teks. Sedangkan fungsi MID digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari posisi yang ditentukan di dalam teks. Lalu, fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari sisi kanan teks.

dan terakhir Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk mengganti teks tertentu dalam sel dengan teks yang diinginkan. 

apa sobat pernah menggunakan fungsi-fungsi tersebut...? jika belum ayo simak sampai selesai tulisan ini he he..

Dengan adanya fungsi-fungsi tersebut, kita dapat lebih mudah mengolah data text dengan Microsoft Excel. Berbagai kebutuhan pengolahan data text, seperti penggabungan teks, pembersihan teks, penggantian teks, dan lain-lain, dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan fungsi-fungsi yang tersedia di Excel. 

Untuk lebih jelas nya mari kita bahas satu persatu beserta contohnya :

Fungsi Left, Mid  Right dan Substitute di Excel

1.  Fungsi LEFT

Seperti yang telah di jelaskan di atas Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari sisi kiri teks. Hasil yang ditampilkan berupa karakter yang kita ambil

Cara penulisan fungsi Left.

Syntax =LEFT(text,[num_chars])

Keterangan :

  • Text adalah alamat sel yang berisi data teks yang akan kita ambil karakternya dari sebelah kiri
  • [num_chars] adalah jumlah karakter yang diambil dari sebelah kiri. Jika tidak diisi, excel akan menganggap yang diambil hanya 1 karakter saja.

Contoh : 

untuk kali ini saya akan membahas tentang Fungsi LEFT, Fungsi MID, Fungsi RIGHT dan Fungsi SUBSTITUTE.

2.  Fungsi MID

fungsi MID digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari posisi yang ditentukan di dalam teks. biasanya di tengah-tengah kata.

Cara penulisannya adalah sebagai fungsi MID adalah sebagai berikut

Syntax =MID(text,start_num, [num_chars]

Keterangan :

  • Text adalah alamat sel yang berisi data teks yang akan kita ambil sebagian karakternya
  • Start_num adalah angka yang menunjukkan karakter akan diambil dari karakter ke berapa, dihitung dari kiri [num_chars] adalah jumlah karakter yang akan diambil. Angka pada Start_num adalah karakter pertamanya yang diambil.
Contoh :

fungsi mid di excel



3. Fungsi RIGHT


Kebalikan dari fungsi left, fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari sisi kanan teks. Hasil yang ditampilkan berupa karakter yang kita ambil (hasil data text).

Syntax =RIGHT(text,[num_chars])

keterangan

  • Text adalah alamat sel yang berisi data teks yang akan kita ambil karakternya dari sebelah kanan
  • [num_chars] adalah jumlah karakter yang diambil dari sebelah kanan. Kalau ini tidak diisi, excel akan menganggap yang diambil hanya 1 karakter saja.

Contoh penggunaan :

FUNGSI RIGHT



4. Fungsi SUBSTITUTE

Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk mengganti teks tertentu dalam sel dengan teks yang diinginkan. Bisa berupa karakter, kata, huruf atau tanda baca.

Berikut cara penulisan fungsi SUBSTITUTE

Syntax =SUBSTITUTE(text,old_text, new_text, [instance_num])

Keterangan :

  • Text adalah alamat sel / referensi sel yang berisi data teks yang akan kita rubah.
  • Old_text adalah teks lama yang akan di ganti. Sifatnya Case Sensitive (Besar kecilnya huruf diperhitungkan). Gunakan tanda petik 2 (“) untuk mengapit teks lama yang akan ganti
  • New_Text adalah teks baru yang menggantikan teks lama (Old_text), Gunakan tanda petik 2 (“) untuk mengapit teks barunya.
  • [instance_num] adalah nomor karakter yang akan diganti, jika teks mengandung lebih dari satu teks yang akan diganti
Contoh :

untuk kali ini saya akan membahas tentang Fungsi LEFT, Fungsi MID, Fungsi RIGHT dan Fungsi SUBSTITUTE.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara