Skip to main content

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Kabel Pompa Air Shimizu, sanyo

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.

 Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja.

Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah :

  • Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih.
  • Pilih Saklar yang bagus atau colokan yang bagus, menurut pengalaman saya kalau sekedar colokan akan mudah meleleh,  sekedar saran gunakan colokan  yang bentuknya bulat biasanya lebih kuat.
  • Bungkus setiap sambungan kabel dengan isolasi yang rapat, jangan sampai ada kabel yang keluar. Maka pompa siap untuk dipasangkan.

Cara pemasangan pompa air dengan dua sumber air, Air PAM dan Air Sumur

Cara ini bisa dilakukan jika agan punya dua buah sumber mata air, dari PAM dan Sumur, sebelumnya agan siapkan bahan-bahan yang perlu disiapkan kran yang bisa di pasang pada kedua sambungan peralon sebanyak 2 buah, Segitiga peralon, elbow secukupnya (sesuai dengan kebutuhan agan), isolasi peralon, dan lem peralon. cara pemasangannya bisa dilihat dari gambar berikut :
Lakukan penyambungan peralon seperti pada gambar, kran 1 dan kran 2 adalah pengendali Air PAM atau air sumur yang akan kita gunakan. Jika kita ingin menggunakan air PAM maka  kran 2 dalam posisi OFF dan kran 1 dalam posisi On. Begitu juga sebaliknya jika kita menggunakan air Sumur Kran 1 dalam posisi OFF dan Kran 2 dalam posisi  On.  Dengan begitu kita bisa memilih air mana yang akan kita gunakan. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Thanks gan sangat membantu saya.

    mohon kunjungan baliknya gan www.idflashgames.xyz

    ReplyDelete
  2. Thanx info ny. Kebetulan ane lagi bingung nyambung kabel pompa yg kbel ny ada 3.

    ReplyDelete
  3. Thanx info ny. Kebetuln ane lg bngung nyambung kbel pompa yg 3 kbel.

    ReplyDelete
  4. Trmksh Gan atas petunjuknya...really helpful

    ReplyDelete
  5. Terimakasih, membantu bgt, karena emang lg nyari fungsi kabel kuning buat apa, coz ponpa air yg kemarin rusak kabelnya cuma 2 aja.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah kalau membantu...
    Mohon maaf lama di respon,tidak selalu online

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara