Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Kabel Pompa Air Shimizu, sanyo

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.

 Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja.

Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah :

  • Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih.
  • Pilih Saklar yang bagus atau colokan yang bagus, menurut pengalaman saya kalau sekedar colokan akan mudah meleleh,  sekedar saran gunakan colokan  yang bentuknya bulat biasanya lebih kuat.
  • Bungkus setiap sambungan kabel dengan isolasi yang rapat, jangan sampai ada kabel yang keluar. Maka pompa siap untuk dipasangkan.

Cara pemasangan pompa air dengan dua sumber air, Air PAM dan Air Sumur

Cara ini bisa dilakukan jika agan punya dua buah sumber mata air, dari PAM dan Sumur, sebelumnya agan siapkan bahan-bahan yang perlu disiapkan kran yang bisa di pasang pada kedua sambungan peralon sebanyak 2 buah, Segitiga peralon, elbow secukupnya (sesuai dengan kebutuhan agan), isolasi peralon, dan lem peralon. cara pemasangannya bisa dilihat dari gambar berikut :
Lakukan penyambungan peralon seperti pada gambar, kran 1 dan kran 2 adalah pengendali Air PAM atau air sumur yang akan kita gunakan. Jika kita ingin menggunakan air PAM maka  kran 2 dalam posisi OFF dan kran 1 dalam posisi On. Begitu juga sebaliknya jika kita menggunakan air Sumur Kran 1 dalam posisi OFF dan Kran 2 dalam posisi  On.  Dengan begitu kita bisa memilih air mana yang akan kita gunakan. Semoga bermanfaat.

6 Responses to "Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu"

Akbar said...

Thanks gan sangat membantu saya.

mohon kunjungan baliknya gan www.idflashgames.xyz

Unknown said...

Thanx info ny. Kebetulan ane lagi bingung nyambung kabel pompa yg kbel ny ada 3.

Unknown said...

Thanx info ny. Kebetuln ane lg bngung nyambung kbel pompa yg 3 kbel.

Unknown said...

Trmksh Gan atas petunjuknya...really helpful

Unknown said...

Terimakasih, membantu bgt, karena emang lg nyari fungsi kabel kuning buat apa, coz ponpa air yg kemarin rusak kabelnya cuma 2 aja.

bangno id said...

Alhamdulillah kalau membantu...
Mohon maaf lama di respon,tidak selalu online