Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri


Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik.
Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa.

Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini :

  • Kabel

Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-barang elektrinik diletakkan, jika hanya ingin memperbanyak colokkan kenapa harus panjang, secukupnya saja agar lebih rapi.
  • Terminal Kuningan

Terminal kuningan banyak dijual dipasaran dan banyak modelnya, jadi hati-hati saat membelinya. Jangan terpancing dengan harga yang murah karena ada rupa ada harga, biasanya yang bagus adalah terminal kuningan. Untuk jumlah colokan sobat bisa sesuaikan ada yang tiga, empat sampai 6 colokkan.

terminal kuningan dengan beberapa colokan

  • Colokkan

Colokkan kuningan untuk menghubungkan ke arus listrik, Sobat bisa membeli yang ada saklarnya jika mau rapi tak perlu dicabut-cabut. Atau jika mau yang lebih murah beli saja colokan biasa, menurut pengalaman yang bagus biasanya yang berbentuk bulat.
Obeng bunga atau pipih
Alat yang digunakan dalam membuat kabel terminal adalah obeng. Jadi siapkan obeng untuk membuka colokkan dan terminal kuningan.


  • Pisau Cutter
  • Obeng Plus dan Minus


CARA MEMBUAT KABEL TERMINAL ROLL LISTRIK  DENGAN COLOKKAN


terminal kuningan paralel

colokan / streker /stop kontak listrik


  1. Hal pertama adalah membuka Terminal Kuningan, buka baut-bautnya maka kita bisa membuka bagian tutup dari terminal kuningan.
  2. Kedua, belah kabel dengan panjang 5-6 cm sampai kabel berwarna terlihat biasanya kabel berwarna hitam dan biru atau kombinasi warna yang lain.
  3. Kemudian kupas kedua ujung kabel sekitar sekitar 1 cm, 
  4. Buka/ renggangkan baut untuk memasangkan kabel diterminal kuningan, lilitkan kabel atau masukkan kabel ke lubang pengunci sampai menjangkau skrup dan kuatkan  bautnya. 
  5. Diujung satunya pasangkan kabel ke colokan/steker.
  6. Setelah kabel terpasang semua tutup kembali terminal kuningan dan colokan seperti semula.
Oh ya sebelum menutup Terminal Kuningan dan Colokkan pastikan tidak ada serat kabel yang penyatu, pastikan sudah terpasang dengan rapi.

CARA MENAMBAH  TERMINAL  LISTRIK

Sobat, jika kebutuhan kita hanya untuk menambahkan jumlah colokkan agar lebih banyak maka tidak perlu kabel yang panjang, kita hanya butuh terminal kuningan dan sedikit kabel untuk menyambungkan ke sumber listrik.

Caranya pasangkan dahulu kabel ke terminal kuningan seperti cara diatas. Kemudian hal yang paling penting adalah mematikan arus dirumah Sobat, kalau tidak mau keriting he he. Balikan saklar dimeteran atau lepas skring lampu rumah.

Pastikan arus listrik sudah  mati dengan tes pen atau nyalakan saja salah satu rumah, Jika sudah aman baru buka colokkan yang ada dirumah untuk menyambungkan kabel terminal yang sudah kita buat.
Setelah dibuka sambungkan saja kabel ke ke kabel colokkan.

 kemudian buat jalur kabel di sebelah atau dibawah colokkan. Setelah selesai tutup lagi colokkan maka terminal kuningan sobat sudah di aliri arus. Yang pati ya harus di balikkan dulu saklar atau memasang skring yang sudah dibuka tadi J

Cara ini memang agak repot harus mematikan arus segala, jika mau yang praktis dan mudah pakai cara pertama saja.  terimakasih

4 Responses to "Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri"

Kharisma Ananda said...

gan kalo stekernya meleleh itu kenapa ya? ada 4 lubang terminal, kalo saya cuma colokin 1 perangkat elektronik sih gak kepanasan steker terminalnya, tapi kalo saya masukin charger laptop + setrika + kipas angin, steker terminalnya panas dan meleleh

Shikamaru Nara said...

nice information min
solder uap

Shikamaru Nara said...

nice information min
solder uap

Shikamaru Nara said...

mantull nih gan
alat pemisah lcd