Microsoft Excel adalah salah satu software yang paling sering digunakan dalam dunia kerja. Tidak sedikit perusahaan saat mencari para pegawai mencantumkan syarat menguasai Excel.
Microsoft excel dapat digunakan untuk mengelola data sederhana hingga yang komplek, mengelola tekx dan membuat diagram sampai grafik.
Jadi bagi teman-teman yang baru lulus dan akan mencari kerja sebaiknya memahami rumus-rumus excel, meskipun tidak harus semua minimal rumus-rumus yang sering digunakan untuk bekerja.
Rumus excel biasanya di awali dengan menuliskan tanda sama dengan (=), pada dasarnya rumus excel dibagi menjadi dua yaitu rumus Formula dan Rumus Function.
Rumus formula : Rumus excel yang di ketik manual, misalnya kamu mau menjumlahkan =B1+B2+B3
Rumus function : Rumus ini biasanya sudah di sediakan oleh microsoft excel, contohnya rumus penjumlahan =SUM(B1:B3)
sudah tahu kan bedanya rumu formula dan rumus function, dalam dunia kerja yang paling sering digunakan adalah rumus function.
berikut ini rumus-rumus excel yang sering digunakan di dunia kerja. apa saja ayo disimak di bawah ini..
1. IF
Fungsi IF adalah untuk mengambil nilai berdasarkan logika,
contoh :
Ada nilai siswa jika nilai siswa mulai dari 70 akan lulus, tetapi jika dibawah 70 tidak lulus, maka rumusnya adalah sebagai berikut :
=IF(A1>=70,"LULUS", "TIDAK LULUS")
Untuk lebih jelasnya baca cara Menggunakan Rumus IF Bertingkat pada MS Excel
2. SUM
SUM adalah rumus untuk menjumlahkan data di excel,
contoh SUM
=SUM(A2:B2)
3. Count
Fungsi rumus Excel Count adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka. jika data berisi selain angka tidak di hitung
Rumus Count
count(value1,[value2],..]
Contoh Count
=count(A2:C2)
4. CountA
Fungsi rumus Excel CountA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya. bedanya dengan count hanya menghitung data angka sendangkan CountA menghitung seluruh data yang ada di cell
Rumus CountA
counta(value1,[value2],..]
Contoh CountA
=countA(A2:C2)
5. VLookUp
Rumus VLookUp
vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh VLookUp sudah saya buat tutorialnya secara khusus di link berikut
Cara Menggunakan Rumus Vlookup Pada Microsoft Excel
6. Trim
Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.
Rumus Trim
trim(text)
Contoh Trim
=trim("Ini adalah rumus excel yang mudah dipelajari ")
Berikut cara penggunaan rumus trim dan conthonya Cara Menghilangkan Spasi di Mirosoft Excel
7. Proper
Rumus Proper
=PROPER(TEXT)
Contoh Proper
=PROPER("saya sangat suka belajar excel") hasilnya akan menjadi "Saya Sangat Suka Belajar Excel"
8. Upper
Fungsi Upper pada excel untuk mengubah teks ke bentuk upper case (huruf besar semua)
Rumus Upper
=UPPER(TEXT)
Contoh Upper
=UPPER("Rumus Excel Yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja") hasilnya akan menjadi "RUMUS EXCEL YANG SERING DIGUNAKAN DALAM DUNIA KERJA"
9. Lower
Fungsi rumus Excel Lower adalah untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).
Rumus Lower
=LOWER(TEXT)
Contoh Lower
=LOWER("Rumus Excel Yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja") hasilnya akan menjadi
"rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja"10. Round
Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.
Rumus Round
=ROUND(number,num_digit)
Contoh Round
=ROUND(B1;2) Misal kita memliki angka desimal 12,4567 kita akan membulatkan menjadi 2 digit dibelakang koma, hasilnya adalah 12,46.
Comments
Post a Comment