Skip to main content

Rumus Excel Yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja



Microsoft Excel adalah salah satu software yang paling sering digunakan dalam dunia kerja. Tidak  sedikit perusahaan saat mencari para pegawai mencantumkan syarat menguasai Excel. 


Microsoft excel dapat digunakan untuk mengelola data sederhana hingga yang komplek, mengelola tekx dan membuat diagram sampai grafik.


Jadi bagi teman-teman yang baru lulus dan akan mencari kerja sebaiknya memahami rumus-rumus excel, meskipun tidak harus semua minimal rumus-rumus yang sering digunakan untuk bekerja.


Rumus excel biasanya di awali dengan menuliskan tanda sama dengan (=), pada dasarnya rumus excel dibagi menjadi dua yaitu rumus Formula dan Rumus Function. 


Rumus formula : Rumus excel yang di ketik manual, misalnya kamu mau menjumlahkan =B1+B2+B3


Rumus function : Rumus ini biasanya sudah di sediakan oleh microsoft excel, contohnya rumus penjumlahan =SUM(B1:B3)


sudah tahu kan bedanya rumu formula dan rumus function, dalam dunia kerja yang paling sering digunakan adalah rumus function.


berikut ini rumus-rumus excel yang sering digunakan di dunia kerja. apa saja ayo disimak di bawah ini..


1. IF

Fungsi IF adalah untuk mengambil nilai berdasarkan logika, 

contoh :

Ada nilai siswa jika nilai siswa mulai dari 70 akan lulus, tetapi jika dibawah 70 tidak lulus, maka rumusnya adalah sebagai berikut :

=IF(A1>=70,"LULUS", "TIDAK LULUS")


Untuk lebih jelasnya baca cara 
Menggunakan Rumus IF Bertingkat pada MS Excel

2. SUM

SUM adalah rumus untuk menjumlahkan data di excel,

contoh SUM

=SUM(A2:B2)



3. Count

Fungsi rumus Excel Count adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka. jika data berisi selain angka tidak di hitung

 

Rumus Count

count(value1,[value2],..]

 

Contoh Count

=count(A2:C2)






4. CountA

Fungsi rumus Excel CountA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya. bedanya dengan count hanya menghitung data angka sendangkan CountA menghitung seluruh data yang ada di cell

 

Rumus CountA

counta(value1,[value2],..]

 

Contoh CountA

=countA(A2:C2)




5. VLookUp

Rumus Vlookup digunakan untuk menampilkan data secara vertikal menggunakan table bantu. Fungsi rumus Excel VLookUp adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel.

Rumus VLookUp

vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])

 

Contoh VLookUp sudah saya buat tutorialnya secara khusus di link berikut

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Pada Microsoft Excel


6. Trim

Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.

 

Rumus Trim

trim(text)

 

Contoh Trim

=trim("Ini adalah rumus excel yang mudah dipelajari ")


Berikut cara penggunaan rumus trim dan conthonya Cara Menghilangkan Spasi di Mirosoft Excel


7. Proper

Fungsi Proper dalam excel adalah untuk mengubah huruf pertama pada text menjadi Kapital (huruf besar)

 

Rumus Proper

=PROPER(TEXT)

 

Contoh Proper

=PROPER("saya sangat suka belajar excel") hasilnya akan menjadi "Saya Sangat Suka Belajar Excel"

 

8. Upper

Fungsi Upper pada excel untuk  mengubah teks ke bentuk upper case (huruf besar semua)

 

Rumus Upper

=UPPER(TEXT)

 

Contoh Upper

=UPPER("Rumus Excel Yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja") hasilnya akan menjadi "RUMUS EXCEL YANG SERING DIGUNAKAN DALAM DUNIA KERJA"

 

9. Lower

Fungsi rumus Excel Lower adalah untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).

 

Rumus Lower

=LOWER(TEXT)

 

Contoh Lower

=LOWER("Rumus Excel Yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja") hasilnya akan menjadi 

"rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja"

10. Round

Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.

 

Rumus Round

=ROUND(number,num_digit)

 

Contoh Round


=ROUND(B1;2) Misal kita memliki angka desimal 12,4567 kita akan membulatkan menjadi 2 digit dibelakang koma, hasilnya adalah 12,46.



rumus excel yang sering digunakan


Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba. sekali lagi keterampilan menggunakan microsoft excel dalam dunia kerja memang sangat penting jadi jangan ragu untuk mempelajarinya.


Baca Juga : Rumus-Rumus Excel Yang Paling Sering Digunakan Bekerja Sebagai Administrasi



Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara