Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Pada Microsoft Excel



Microsof excel memang sangat identik dengan pengolahan data, sehingga banyak sekali rumus yang  dilakukan untuk mengolah data, salah satunya Rumus Vlookup.

Rumus Vlookup digunakan untuk menampilkan data secara vertikal menggunakan table bantu. Table bantu dalam excel dapat dibuat dalam satu sheet atau berbeda sheet. Biar gak bingung kita langsung ke TKP aja.
Langkah pertama buat tabel bantu yang akan kita tampilkan, misalnya tabel data barang beserta kodenya.


menggunakan rumus vlookup

Langkah Kedua, membuat nama tabel bantu, caranya blok tabel dari mulai A2 s.d C5 dan beri nama “namabarang” tampa spasi
menggunakan rumus vlookup


Langkah ketiga kita buat lagi tabel di sheet yang baru, kita beri nama sheetnya dengan tabel tujuan, namun kita kosongkan kolom nama barang dan kolom harga. Dan kita akan gunakan rumus vlookup untuk menampilkan nama barang dan harga berdasarkan kode barang.

RUMUS VLOOKUP

menggunakan rumus vlookup


Keterangan :
Vlookup : Kita akan menampilkan data secara vertical
Lookup_value : kode unik yang bisa dibuat acuan, bisa angka atau huruf
Table_array : table bantu dalam hal ini nama tabelnya “namabarang”

menggunakan rumus vlookup

Setelah kita tahu rumusnya maka kita bisa langsung mempraktekkan rumus vlookup yang sangat mudah sekali. Letakkan kursor di kolom kosong nama barang, Jangan lupa menggunakan tanda sama dengan “=”. Rumus lengkapnya adalah sebagai berikut :

menggunakan rumus vlookup


Keterangan :
A3 : lookup_value
Namabarang : table_array
2 : col_index_num
0 : Range_lookup
Maka Hasilnya akan seperti table dibawah ini


menggunakan rumus vlookup

 Untuk kolom harga cara dan rumusnya Sama hanya mengganti col_index_num nya saja, dikolom berapa dia berada, dalam kasus diatas colom harga berada di kolom ke 3, maka akan tampil Sebagai beikut :

menggunakan rumus vlookup



Untuk HLOOKUP akan saya tulis di post berikutnya. :-)

Post a Comment

0 Comments