Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Rumus-Rumus Excel Yang Paling Sering Digunakan Bekerja Sebagai Administrasi

 Bisa mengoprasikan komputer minimal microsoft office adalah salah satu syarat mutlak yang harus dikuasai oleh pegawai administrasi perkantoran. Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi atau software untuk mengolah data dengan mudah dan cepat. makanya aplikasi ini merupakan spreadsheet bisa dibilang nomor satu bagi dunia perkantoran.

Banyak sekali rumus-rumus dan fungsi yang ada di microsoft excel ini yang dapat membantu pekerjaan dan memudahkan pekerjaan, tentu membutuhkan banyak waktu dan terus belajar untuk bisa terus menguasainya, hal itu bisa kita lakukan sambil berjalan sambil langsung bekerja dikantor, hal yang paling penting adalah menguasai rumus-rumus dasar, hal itu sudah cukup untuk mengolah data dikantor anda.

Berikut ini rumus-rumus dasar pada excel yang paling sering digunakan di kantor:

1. SUM (Penjumlahan)

Fungsi SUM adalah untuk menjumlahkan data baik bari maupun coloum.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, tekan angka sama dengan dan kemudian ketikkan rumus SUM buka kurung colom awal data dan colom akhir data yang akan dijumlahkan.

                                    =SUM(Colom1,Colom2)



2. COUNT

Fungsi ini sebenarnya hampir sama dengan sum, yang membedakan ialah sum menjumlahkan sedangkan count menjumlahkan angka dalam satu range atau colom, ingat bukan dijumlahkan tapi dihitung berapa kolom atau baris yang terisi.

=COUNT(Colom1,Colom...)



3. COUNTA

Fungsi ini hanya menghitung sel yang memiliki data, tetapi ingatlah bahwa "data" bisa termasuk spasi, yang tidak bisa Kita lihat. 
Dan ya, Anda mungkin bisa menghitung sendiri bagian yang kosong di contoh ini, tapi bayangkan melakukannya di buku kerja yang besar. Jadi, gunakan rumus counta :


Seperti pada tabel diatas data yang terlihat hanya ada 3 yaitu, 90,76,87 tetapi sebenarnya didalamnya ada spasi yang dihitung sebgai data. 


4. LEN

Fungsi LEN gunanya untuk menghitung jumlah karakter dalam satu sel. Spasi juga masuk dalam hitungan.



5. TRIM

Fungsi trim ini digunakan untuk menghilangkan spasi yang berlebihan, sehingga kita tidak perlu mengubah satu-persatu data yang kelebihan spasi

Untuk fungsi trim saya sudah buat artikel khusus bagaimana cara menghapus spasi di microsoft excel,

Cara Menghilangkan Spasi di Mirosoft Excel

6. IF

Fungsi IF ini sering sekali digunakan, misalnya dalam mencari nilai yang menggunakan penalaran, misalnya mahasiswa memiliki nilai >85 adalah A, Nilai diatas 75 adalah B dan selain itu nilainya adalah C, maka cara yang paling tepat untuk mencarinya adalah menggunakan rumus IF.

Contoh Cara penulisan Fungsi IF : =IF(A3>85;"A";IF(A3>75;"B";"C"))



7. AVERAGE

Rumus ini digunakan untuk mencari rata-rata dari data. caranyapun mudah sekali kalian bisa menuliskan rumusnya 

=AVERAGE(A3:A5)



8. MIN & MAX

MIN yaitu rumus untuk mencari nilai paling kecil sedangkan MAX untuk mencari nilai yang paling besar.



9. VLOOKUP, HLOOKUP

Rumus ini untuk memanggil data yang sama atau menggabungkan data dari referensi yang sama, misalnya dalam stok barang, maka kita hanya perlu memanggil kode  barang. 

Sebagai contoh kita memiliki nama-nama barang dan akan menampilkan ke tabel lain karena akan ditambahi jumlah stok, maka kita bisa menggunakan rumus VLOOKUP, caranya sebagai berikut:



Buat tabel I dengan kolom  Kode barang dan Nama Barang, setelah itu buat lagi tabel 2 dengan Kode barang, nama barang, dan stok.

Ditabel 2 kita akan menampilkan nama barang menggunakan vlookup dengan mereferensi tabel I, berdasarkan kode barang.

kita buat dulu nama tabel referensinya, dengan blok dari 1K sampai dengan HANPHONE, kemudian beri nama BARANG.

Kemudian kita ke tabel 2, pada colom Nama Barang kita tuliskan rumus Vlookup
=VLOOKUP(G13;BARANG;2;0)

Untuk selanjutnya tinggal kita tarik saja kebawah, yang ada tanda plus nya
untuk lebih jelasnya saya telah membuat cara menggunakan vlookup secara khusus

Baca Juga : Cara Menggunakan Rumus Vlookup Pada Microsoft Excel

10. LEFT, MID, RIGHT

LEFT gunanya untuk memisahkan karakter dalam satu sel yang diawali dari karakter yang paling kiri. MID berguna untuk memisahkan karakter dalam satu sel yang bisa dimulai dengan karakter di tengah. Sementara RIGHT gunanya untuk memisahkan karakter dalam satu sel yang diawali dari karakter yang paling kanan.

 

 

 

 

 


Post a Comment

0 Comments