Skip to main content

Ini Yang Harus Kamu Tahu di Microsoft Word Untuk Skripsi

 Setiap mahasiswa terutama di indonesia wajib membuat skripsi sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana. Skripsi adalah tugas akhir yang harus dikerjakan oleh seorang mahasiswa dengan tingkat strata satu. Skripsi merupakan sebuah karya tulis ilmiah dari seorang mahasiswa. Skripsi dibuat dari adanya permasalahan/fenomena yang terjadi, sesuai dengan bidang ilmu tertentu. Dalam pembuatan skripsi, tentunya ada langkah-langkah atau tips memulai penyusunan skripsi. Berikut tips dan langkah awal dalam penyusunan skripsi.

Biasanya skripsi di tulis menggunakan microsoft word, dengan pedoman yang telah di tetapkan oleh universitas masing-masing.

Selain topik yang wajib kamu pilih dengan sesuai bidang yang kamu kuasai, kamu juga wajib tahu tentang  microsoft word. agar kamu tidak kebingungan mengikuti pedoman untuk penulisan skripsi.

Tapi,, jia kamu masih bingung denga hal teknis penulisan skripsi jangan takut dan jangan kwatirm karena banyak banget tutorial-tutorial yang telah di buat oleh kreator-kreator untuk membantu kalian, baik itu di youtube, blog dan lain sebagainya. dan kali ini saya akan mengingatkan kalian hal-hal sepele yang sering di lupakan tapi penting dalam menulis skripsi. apa itu ayo simak baik-baik.

Ukuran Kertas

Hal yang pertama saat kamu menulis skripsi jangan lupa mengatur ukuran kertas, bisanya skripsi ditulis menggunakan size A4, Untuk mengatur kertas letaknya ada di Layout ==> Size ==> A4

Microsoft Word Untuk Skripsi


Mengatur Margin

Selanjutnya jangan lupa mengatur margin di halaman kerja word, biasanya margin yang di pakai yaitu 

Left : 4 Cm, dan Top, Right dan Bottom : 3 Cm. 

Microsoft Word Untuk Skripsi

cara mengaturnya pergi ke menu Layout --> Size --> More Paper Size --> margin dan sesuaikan isian seperti gambar di atas.

Membuat Tempalate Penulisan

Selanjutnya untuk memudahkan kamu dalam hal teknis penulisan skripsi, kamu membutuhkan template agar tulisan kamu cepat dan rapi. 
Buat template mulai dari BAB, Abstrak Indonesia, Abstrak Inggris, Sub BAB, Paragraf, Keterangan Gambar, Keterangan Tabel, Daftar Pustaka
Cara membuat tempaltenya sangat mudah, misal kita akan membuat template untuk judul BAB, caranya sebagai berikut.
Tapi sebelum itu jangan lupa kita baca pedoman skripsi bagaimana penulisan Judul BAB, misalnya aturannya.

Buku Pedoman : Tulisan angka bab MENGGUNAKAN ANGKA ROMAWI. Berlaku untuk semua BAB, dari BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV dan BAB V. ditulis dengan Rata Tengah


Microsoft Word Untuk Skripsi

Mari kita ikuti aturannya, kita buat BAB I Pendahulian di word dengan mengikuti buku pedoman, dan BAB I akan kita jadi kan template untuk menulis Bab-bab yang lain. 


Setelah kita ikuti aturan dari buku pedoman, kita akan jadikan template untuk penulisan bab yang lainnya, caranya blog teks BAB I PENDAHULUAN kemudian pergi ke Style dan Create Style.

Microsoft Word Untuk Skripsi

Kemudian berinama style nya BAB dan klik OK

Microsoft Word Untuk Skripsi

Maka nanti, saat kita akan membuat BAB berikutnya, misalnya kita akan buat BAB II,  maka kita tinggal pilih style BAB

Microsoft Word Untuk Skripsi
Maka stylenya akan mengikuti BAB I, begitu juga dengan bab-bab yang lain gunakan style ini. 

Selanjutnya buat juga Styele yang lainnya, Seperti Sub BAB, Abstrak, dan Paragraf serta style lainnya yang di perlukan.

Membuat Daftar Isi Otomatis

Selain membuat style kamu juga pelajari untuk membuat daftar isi secara otomatis, dan caranya kamu bisa lihat disini cara membuat daftar isi otomatis.

Membuat penomoran halaman

Selain daftar isi kamu juga wajib tahu cara membuat penomoran halaman pada skripsi, pada skripsi biasanya penomoran pada halaman BAB berbeda pada halaman selanjutnya. Cara membuat halaman yang berbeda dapat di lihat di postingan saya sebelumnya yaitu : Membuat Nomor Halaman berbeda dalam satu file

Membuat Daftar Pustaka

Selanjutnya kamu juga musti paham cara membuat kutipan dan daftar pustaka yang benar agar skripsi kamu langsung di acc oleh dosen pembimbing, untuk membuat daftar pustaka kamu bisa lihat di sini, Cara Membuat Daftar Pustaka.
Baik itu dia sedikit ulasan Microsoft Word Untuk Skripsi, semoga bermanfaat dan hal paling penting dalam mengerjakan skripsi adalah ketekunan dan jangan sungkan untuk bertanya kepada pembimbing.








Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara