Skip to main content

Cara Menggunakan Mail Merge Membuat Surat Tugas Kelompok Mahasiswa

cara menggunakan mail merge

Selamat siang teman-teman semuanya, semoga sehat selalu dan bahagia, kali ini saya akan membahas sesuai dengan judul Cara Menggunakan Mail Merge Membuat Surat tugas Berkelompok.

 

Sebelumnya saya akan menceritakan studi kasus membuat permohonan izin wawancara mahasiswa ke beberapa instansi yang di tentukan oleh dosen mereka.

 

Pertama kita akan membuat satu surat berisi nama-nama kelompok  berjumlah 5 orang. Kedua data mahasiswa telah ada dan di simpan di file excel.


Pertanyaannya bagaimana membuat surat masal tugas ini, yang cepat, efisien.

 

Karena data telah tersimpan di microsoft excel, Saya pikir ini bisa dilakukan dengan menggunakan MAIL MERGE. yang menjadi pertanyaan saya waktu itu adalah bagaimana menampilkan data berurut kebawah secara berkelompok dari excel dengan mail merge.

 

Setelah bertanya dan mencari ke beberapa sumber dari google akhirnya saya menemukan cara ini.

 

Pertama kita siapkan dulu data EXCEL dan kita sesuaikan dengan kebutuhan surat, disini saya akan membuat 6 kolom untuk menyimpan NO, NAMA, NIM, ALAMAT RISET, JUDUL RISET, MATA KULIAH.

 

Contoh data yang saya buat adalah sebagai berikut :

 


 

Cara Menggunakan mail merge


Setelah membuat data di EXCEl, kalian lanjutkan membuat format suratnya di microsoft WORD, kalau punya saya kira-kira suratnya kayak gini. tentu kalian sesuaikan dengan format yang ada di instansi kalian


 
Datanya sudah selesai, formatnya juga sudah selesai, kita tinggal connect kan data Excel ke Microsoft Word. dengan MAIL MERGE kalau kamu lupa caranya sebagai berikut :
 
 
1. Pastikan microsoft EXCEL sudah di buka,
2. Buka Microsoft Word format surat, klik menu MAILING, Select Recipients, Use Existing List
 

 
3. Kemudian pilih di folder mana data EXCEL kalian simpan.

4. Kemudian pilih sheet keberapa kalian simpan datanya dan kemudian klik OK , saran sheet nya di ubah namanya untuk memudahkan kita.
membuat mail merge

5. Setelah microsoft word dan EXCEL konek, langkah selanjutnya mengatur agar data-data kita tampil seperti yang kita inginkan di microsoft Wordnya. caranya

Misalkan yang pertama kita akan menampilkan data NOMOR SURAT maka caranya adalah :

Letakkan kursor di samping nomor (yang saya lingkari merah pada gambar dibawah) buka MAILING--INSERT MERGE FIELD--NOMOR SURAT.

Ulangi langkah di atas setiap data yang akan di mailingkan, seperti tujuan surat, alamat riset dan lain-lain



Selanjutnya adalah bagaimana kita membuat data mahasiswa berurut menurut kelompok masing - masing, Caranya masih sama letakkan kursor di tabel di bawah baris NO kemudian MAILING  -- INSERT MERGE FIELD -- NO.

Ulangi untuk NAMA, NIM, dan PRODI

 yang menjadi catatan adalah mulai baris kedua di belakang «NO» kita tambahkan «Next Record» maka mulai baris ke dua di tabel NO akan berisi «Next Record»«NO», cara membuatnya adalah MAILING kemudian pilih Rules--Next Record.


Kemudian copy code baris ke dua ke baris selanjutnya, seperti gambar berikut ini.

selanjutnya kita akan melihat hasilnya dengan cara klik Preview Results


 

Seharusnya data sudah nampil sesuai dengan yang ada di file EXCEL, untuk melihat data selanjutnya kalian bisa menggeser panah atau ganti angka di urutan keberapa yang akan kalian tampilkan.



Demikian cara membuat surat tugas berkelompok menggunakan mail merge degnan menambahkan next record, mudah-mudahan bisa di fahami dan bermanfaat.

menurut kalian metode ini efisien tidak? kalau tidak atau ada metode yang lebih efisien boleh bagi dikolom komentar ya...

Baca Juga

Cara Membuat Halaman berbeda dalam satu file

Cara Freeze di Excel Untuk Mengunci Baris Atau Kolom

 


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara