Skip to main content

TIPS CHAT KE DOSEN YANG BAIK & SOPAN

  

chat ke dosen


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat datang kembali di blog bangno.my.id, kali ini saya ingin berbagi tips chat ke dosen yang baik dan sopan.

kalian pernah gak si merasa bingung bagaimana caranya chat dengan dosen dan akhirnya kalian berkali-kali mengetik dan hapus lagi karena takut dianggap tidak sopan atau yang paling menangkutkan malah di baca doang tapi tidak di tanggapi.

Dibaca.. tapi gak ditanggapi... kan sakit

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah mengapa dosen tidak mau menanggapi, apa karena sibuk atau memang chat kita yang tidak efektif atau malah mengganggu waktu istirahat dosen. 

Coba lihat lagi chat kamu dengan dosen, apakah bahasa yang digunakan sudah benar, atau waktu saat kamu chat di waktu-waktu yang tidak tepat, nah untuk itu ayo simak tips chat ke dosen yang baik dan sopan.

1. Awali Chat Dengan Ucapan Salam

Hal pertama yang diucapkan untuk mengawali sebuah percakapan sebaiknya di buka dengan salam sembari menyebutkan gelar lawan bicara,

 ‘  Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pak/Ibu/Kak/Bang’

 2. Perkenalkan Diri Kamu

Jangan lupa untuk menyebutkan siapa Kamu kepada Dosen, karena Dosen tidak hanya mengajar di kelas Kamu saja. 

Misalnya, Saya Nisa Mahasiswi UNA prodi Manajemen Semester 3 kelas A

3. Utarakan Tujuan Dengan Jelas

Utarakan tujuan kamu dengan jelas dan jangan bertele-tele sehingga dosen kamu bisa langsung memberikan jawaban atas masalah kamu,  

Misalnya : Saya Nisa Mahasiswi UNA prodi Manajemen Semester 6 kelas A, Sesuai dengan Sk proposal, Bapak adalah pembimbing ke 2 saya, kapan bapak ada waktu untuk saya bimbingan pak?

 4. Gunakan Bahasa Yang Umum Dimengerti

Hindari menggunakan singkatan dan bahasa non formal sebaiknya gunakan bahasa formal atau umum untuk menghindari kesalahpahaman. Jadi intinya penggunakan bahasa menjadi hal yang wajib diperhatikan, meskipun mungkin dosen mengerti dengan menggunakan singkatan seperti : yg, dmn, ok, btw, dll, sebaiknya di hindari saja.

  5.Perhatikan Waktu

Disini juga wajib diperhatikan  yaitu masalah waktu kapan waktu yang tepat menghubungi dosen, Pilihlah waktu pada jam Kerja misalnya Senin - Sabtu, mulai pukul 08.00-16.00 WIB, meskipun sangat mendesak jangan hubungi dosen di atas pukul 20.00 WIB. dan hindari juga menghubungi dosen waktu-waktu istirahat dan waktu sholat.

Dan juga hindari menghubungi dosen waktu hari libur, tanggal merah, atau hari besar lainnya.

6. Ucapkan Kata Maaf dan Terima Kasih

 Selanjutnya Ucapkan kata maaf dan terimakasih untuk menunjukkan sopan santun,

‘ Mohon maaf menganggu waktu Pak/Bu dan terima kasih atas waktu dan solusi yang telah diberikan’

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Coba Bandingkan Chat Dibawah ini

 

Mahasiswa : Assalamualaikum pak, Saya mahasiswi ap reg b. Saya mau bertanya email pribadi kampus dan surat rekomendasi dari universitas untuk magang kampus merdeka apakah saya bisa buat dari bapak email dan suratnya?

Dosen : nama kamu siapa?

Mahasiswa : Alya fachira lubis pak

Dosen : jurusan apa?

Mahasiswa : Administrasi publik pak

Dosen : kampus mana?

Mahasiswa : Kampus 2 pak

Dosen : bukan nama kampusnya?, fakultanysa?

Mahasiswa : Fisip pak

Dosen : fisip UGM?

Mahasiswa : Fisip uma pak

 

Dan seterusnya, chat diatas kurang efektif dan bertele-tele, ngabisin waktu tapi dosen tidak bisa cepat memberikan solusi atau jawaban atas apa yang kalian inginkan, coba bandingkan dengan Chat ke dosen berikut ini.

Mahasiswa : Assalamu'alaikum pak, Saya Sonia Pilia mahasiswa UMA prodi administrasi publik stambuk 2018, pak saya izin bertanya pak..
SK seminar saya sudah keluar pak, pembimbing 1 pak Indra muda dan pembimbing 2 ibu Evi Yunita, kalau saya boleh tahu, hari dan tanggal berapa jadwal yang kosong ya pak?
Terimakasih pak

Dosen : Tanggal 20, Jam 09.00

Mahasiswa : Baik pak ..terimakasih

Gimana kan lebih efektif, cepat, tidak bertele-tele dan dosenpun cepat memberikan solusi atas apa yang kalian tanyakan.

 Untuk tambahan ada beberapa hal yang harus di hindari ketika chat dengan dosen misalnya mengawali percakapan dengan "P", Hindari kata-kata yang terkesan memerintah, memaksa atau membuat dosen kurang nyaman.

Bagaimana setelah membaca tips chat dosen yang baik dan sopan? Sudah faham atau malah bingung he he

atau sudah melakukan hal seperti itu tapi tetep belum tidak dibalas-balas ? kalau sudah seperti itu kita positif thinkking aja, mungkin dosennya lagi sibuk sekali berikan dia waktu dan hubungi lagi di lain waktu dan jangan lupa berdo'a agar urusan kamu dimudahkan oleh Allah. SWT.

Baca Juga : 5 Situs Yang Sangat Berguna Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara