tipe mahasiswa


Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi, banyak sekali cerita dari dunia kampus ini, salah satunya kita bisa melihat tipe mahasiswa mulai yang serius banget, santai, gaul, sibuk organisasi, bahkan ada yang tidak memiliki kesibukan sama sekali.

Mengetahui tipe-tipe mahasiswa dapat bermanfaat. Kebiasaan yang melekat pada tiap mahasiswa kurang lebih akan menggambarkan bagaimana kehidupan mereka dan kira-kira seperti apa mereka ke depannya. Memang tidak akan tepat 100% karena selalu ada perbedaan hidup beberapa mahasiswa saat kuliah dan setelah lulus nantinya.

 Setidaknya Kamu dapat membantu memposisikan diri saat bergaul dengan mereka. Dan mengambil hal-hal yang baik dari mereka untuk menunjang kesuksesan kuliah seperti yang kamu inginkan. Berikut 5 tipe mahasiswa, Kamu termasuk yang mana?

1. Mahasiswa Super Serius

Tipe mahasiswa ini memang terkesan serius biasanya suka baca buku makanya sering dijuluki dengan "Kutu Buku". dia sangat konsen dengan belajar sehingga sering sendiri meskipun berkumpul maka akan bersama dengan orang-orang yang satu circle dengannya. 

Merekapun akan konsen membahas pelajaran, membahas soal, dan  praktikum jarang sekali mereka membahas hal yang lainnya, kalau pun ada hanya sekedarnya saja dan akan kembali membicarakan perkuliahan.

Mungkin bagi kita mereka terasa membosankan, tapi sebenarnya mereka itu adalah tempat yang tepat bagi kita yang ingin belajar pelajaran yang tidak/belum kita mengerti, biasanya mereka sangat senang untuk membantu, karena itulah "kesukaan" mereka, belajar, belajar dan belajar..

Selain itu mereka juga sangat menonjol di kelas, aktif bertanya, bahkan langsung angkat tangan saat ada pertanyaan yang diajukan dosen. kemudian tempat yang tepat juga untuk meminjam catatan saat menjelang ujian karena biasanya mereka memiliki catatan yang sangat rapi, sehingga biasanya menjadi referensi tersendiri bagi teman-teman lain.

Karena memang hobinya belajar, jika mahasiswa lain mengeluh banyak tugas maka baginya adalah surganya, makanya prestasi kuliahnya selalu di atas rata-rata.

Meski demikian, hal yang harus diperhatikan oleh Mahasiswa Tipe Serius adalah menjaga agar soft skill tetap tajam terasah. Hal ini karena kebutuhan di dunia kerja ataupun usaha tidak hanya ditentukan oleh nilai semata. Kemampuan personal dalam hal komunikasi, kerja sama, negosiasi, mengambil keputusan dan masih banyak lagi juga akan sangat menentukan.

 2. Santai dan Gaul

Tipe ini pasti yang di inginkan oleh semua orang. Biasanya tipe mahasiswa ini memang terlihat santai, belajarnya tidak ngoyo, memiliki teman yang banyak alias gaul karena biasanya orangnya suka mengobrol sebelum masuk ke ruang kuliah.

Begitu juga dengan tugas yang diberikan oleh dosen, dia pun santai menghadapinya. seperti tampa beban, bahkan sering menggunakan sistem kebut semalam untuk mengerjakan tugas-tugas.

Meskipun terlihat begitu santai, mereka ini bukan berarti memiliki nilai yang biasa-biasa atau bukan berarti mereka tidak faham dengan materi perkuliahan. menurut saya orang-orang ini adalah mahasiswa yang diberikan ke jeniusan di atas rata-rata. karena mereka bisa memahami materi dengan cepat dan memiliki ingatan yang sangat luar biasa.

Saya jadi teringat ada teman yang bawaannya santai, bahkan dia hampir tak pernah mencatat materi perkuliahan, tetapi nilainya selalu tinggi.

Tipe ini memang tidak bisa di contoh oleh semua orang termasuk saya. karena gaya belajar orang pasti berbeda-beda, ada yang harus belajar keras bahkan harus diulang-ulang dibaca, bahkan harus di tulis ulang baru masuk ke otak, jika demikian berarti anda bukan tipe mahasiswa yang santai. dan jangan anda ikuti ke santaiannya. bisa berabe....

Tetapi mahasiswa tipe santai dapat kamu jadikan contoh bagaimana Ia dapat lebih rileks menghadapi perkuliahan yang ketat. Bagaimana ketenangan berpikir dan bertindak akan sangat membantu menjalani perkuliahan yang terkadang terasa menjadi beban bagi sebagian mahasiswa.

Yang harus diperhatikan oleh Mahasiswa Santai adalah bagaimana Ia dapat menyesuaikan diri dengan kedisiplinan. Ini akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja nantinya.

3. Wirausahawan

 Tipe mahasiswa selanjutnya adalah seorang wirausaha/pengusaha. Mahasiswa ini biasanya akan di pandang "keren" bagi mahasiswa lain, karena sudah memiliki sumber penghasilan sendiri, dan masih sangat jarang sekali mahasiswa sekaligus pengusaha di belahan indonesia, semoga kamu termasuk dalam tipe ini ya. Ammin.

Untuk saat ini memang bukan mustahil dilakukan seorang mahasiswa sekaligus menjadi pengusaha, karena pesatnya perkembangan teknologi saat ini sangat bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegigihan menjalankan usaha. 

Tentunya menjalankan usaha saja sudah berat apalagi sambil kuliah, pasti godaan untuk meninggalkan kuliah sangat tinggi, jangan karena sibuk mengurus bisnis, uang pun ada sehingga kuliahpun jadi lupa, oleh karena itu mahasiswa itpe ini  harus memiliki kegigihan yang kuat, motivasi dan keberanian yang di atas rata-rata.

Meskipun sudah menjadi pengusaha tetapi masih memiliki status mahasiswa. Harus bisa memprioritaskan pencapaian yang ingin kamu capai. Pasti semua ada pilihan yang harus diambil, Kuliah sambil berbisnis memang berat, tetapi setelah  lulus mungkin kamu lebih bisa mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar karena ilmu yang didapatkan sudah lebih matang.

4. Aktivis

Aktivis adalah salah satu julukan yang keren menurut saya, tapi sebagian orang jika mendengar kata "aktivis" ia juga akan di labeli sebagai tukang kritik suka demo.

Sayangnya itulah lebel yang tertanam di kebanyakan orang, meskipun sebenarnya tidak sepenuhnya demikian. Alasan itu juga yang menyebabkan tipe mahasiswa ini jarang di minati.

Padahal jika kita lihat mereka ini lah calon-calon pemimpin bangsa dimasa depan. calon politikus, calon anggota DPR, dan lain-lain.

Tipe mahasiswa ini biasanya selain kuliah juga sibuk berorganisasi, disini biasanya akan di tempa banyak keterampilan yang tidak di ajarkan di bangku kuliah. Misalnya menganalisa, belajar negosiasi, dan berani bicara di depan umum.

selain itu,  Kamu akan belajar untuk memandang segala sesuatu dari sudut pandang berbeda. Pola pikir dan daya analisis akan dilatih menjadi lebih tajam. Kepedulian sosial Kamu akan bertambah seiring meluasnya wawasan dan pengetahuan.

Tapi kamu juga jangan sampai kebablasan ya, maksudnya begini karena sibuk berorganisasi jadi lupa dengan kuliah kamu, kalau telat lulus biasalah aktivis he he, asal jangan benar-benar lupa skripsi sudah sampai mana. sebagai mahasiswa sebisa mungkin menyeimbangkan antara kebutuhan organisasi dan akademik.

 5. Mahasiswa Ideal

Tipe selanjutnya adalah  mahasiswa yang paling ideal. Mahasiswa yang mampu menyeimbangkan antara kebutuhan organisasi dan akademik. Mahasiswa ini biasanya sukses dalam pencapai karir di organisasi dan juga mendapatkan IPK sangat-sangat memuaskan.

Mahasiswa tipe ini biasanya juga aktif di berbagai kegiatan, memiliki hoby tertentu yang juga dijalankannya. Sampai mahasiswa yang lain bertanya-tanya bagaimana membagi waktunya...

Misterius memang jenis mahasiswa ini dan jumlahnyapun cukup langka dari 2000 mahasiswa hanya ada 1 yang seperti ini, mudah-mudahan salah satunya adalah kamu yang sedang membaca artikel ini.

Demikian, postingan saya kali ini tentang 5 tipe mahasiswa. tidak ada yang salah kamu termasuk tipe yang mana karena banyak jalan menuju roma, banyak jalan menuju sukses, tidak harus selalu dalam waktu yang sama, karena semua memiliki waktunya masing-masing dan dengan caranya masing-masing, tetap berusaha hasilnya serahkan kepadaNya.

Baca Juga :TIPS CHAT KE DOSEN YANG BAIK & SOPAN



 



 

 


 

 

0 Comments