Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tips Cepat Bekerja Di Excel Yang Kamu Harus Tahu

 Sebelum kita membahas Tips Cepat Bekerja Di Excel Yang Kamu Harus Tahu, saya do'akan yang membaca artikel ini selalu bahagia dan diberikan kesehatan.

Bekerja itu biasanya kita diberikan waktu deadline atau target kapan bisa selesai, oleh karena itu kita harus bisa memanajemen waktu agar pekerjaan kita selesai tepat waktu. Sebagian kita pasti banyak yang sudah tahu bagaimana cara bekerja di excel agar tidak mengulang secara manual, jika kalian sudah tahu maka jangan lanjutkan membaca artikel ini. 

namun bagi kalian yang belum mengetahuinya atau sekedar menyegarkan ingatan tentang excel ayo kita lanjutkan.

Nah untuk menghemat waktu ada beberapa tips bekerja di Excel yang bisa menghemat waktu.

1. Menhapus Baris yang kosong sekaligus

Ada kalanya kita membutuhkan data namun saat kita akan mengcopy nya ada jeda satu bari dari data yang kita perlukan. contohnya seperti gambar dibawah ini


Jika kalian juga pernah mengalami hal seperti itu apa yang kalian lakukan, apakah akan dihapus satu-satu, jika dihapus satu persatu tentunya akan memakan waktu yang sangat banyak. Caranya cepatnya adalah klik HOME>Fine To Special


Kemudian akan muncul Form sperti berikut, dan pilih Blanks


maka baris yang kosong akan terseleksi semua, kita tinggal klik kanan dan tekan DELETE
Hasilnya semua baris yang kosong akan terhapus

2. Menghapus Spasi

Pernah dapat data yang seperti ini, dia tidak dapat diolah karena mengandung spasi di awal data, saya pun waktu itu sempet bingung bagaimana cara menghapusnya, jika dihapus satu persatu banyak sekali memakan waktu, untuk excel sudah tahu akan ada data seperti ini, jadi kita bisa menggunakan rumus untuk menghilangkannya.

Caranya adalah menggunakan Fungsi/Rumus TRIM
berikut rumusnya =TRIM(B8) Setelah itu drag dan tarik kebawah

Jika cara itu belum berhasil silahkan ikuti caranya disini 

Cara Menghilangkan Spasi di Mirosoft Excel

3. Menghilangkan Tanda Koma Atau Tanda Hijau


Untuk menghilangkan tanda koma didepan data caranya sangat mudah yaitu Blog kolom/baris yang akan dihilangkan, kemudian klik panah sperti tanda seru kemudian klik Convert to Number, atau Ignore Error.


Maka hasilnya akan seperti dibawah ini



4. Mencari Data Duplikat/Doubel

Mencari data yang double terkadang melelahkan apalagi kalau nyarinya satu persatu, tapi tenang 
Kalau kalian dapat tugas untuk mencari data yang sama caranya adalah blog datanya kemudian pergi ke HOME>Conditional Formatting>Hightlight Cells Rules>Duplicate Values

Maka data yang sama akan memiliki warna



Untuk lebih jelasnya saya sudah pernah membuat cara mencari dan menghapus data duplikat disini

5. Mengetahui Jalan Pintas Dalam Keyboard


Selanjutnya untuk mempercepat kita dalam bekerja di excel sebaiknya kita tahu fungsi-fungsi di keyboard untuk menjalankan fungsi di excel, ada banyak sekali jalan pintas yang bisa kita lakukan dalam bekerja di excel, 

1. CTRL+O = Open Workbook
2. CTRL+S = Save Workbook
3. CTRL+N = New Workbook
4. CTRL+P = Print Workbook
5. F12 = Save as
6. CTRL+F2 = Print Preview
7. ALT+F4 = Close Excel
8. CTRL+Page Up (PG UP) = Jump to previous sheet
9. CRTL+Panah ke Bawah = Beralih ke barisan terakhir
10. ALT+H+A+C = Meratakan tulisan di tengah
11. ALT+H+A+L = Meratakan tulisan di kiri
12. ALT+H+A+R = Meratakan tulisan di kanan
13. CRTL+Shift+Ikon Dollar $ = Untuk format mata uang
14. CRTL+Shift+Ikon Persen % = Untuk format persentase
15. CRTL+Shift+B = Untuk format sains
16. CRTL+Shift+Ikon pagar # = Untuk format tanggal
17. CRTL+Shift+Ikon awalan alamat email @ = Untuk format waktu
18. CRTL+Shift+1 = Untuk format angka
19. CRTL+R = Memenuhi sel dari sel kanan
20. CRTL+K = Menambahkan hyperlink
21. ALT+F1 = Menciptakan bagan yang disisipkan
22. CRTL+garis miring ke kanan / = Memilih baris saat ini
23. CRTL+Shift+Ikon bintang * = Memilih sel di sekitar sel saat ini
24. CRTL+K = Memilih jajaran saat ini
25. CRTL+Shift+Tanda panah ke kanan = Memilih satu kata di sebelah kanan
26. CRTL+Shift+Tanda panah ke kiri = Memilih satu kata di sebelah kiri
27. CRTL+Tanda panah ke atas = Memindahkan rangkaian sel ke baris pertama
28. CRTL+Tanda panah ke kanan = Memindahkan satu kata di sebelah kanan
29. CRTL+Tanda panah ke kiri = Memindahkan satu kata di sebelah kiri
30. CRTL+1 = Membuka jendela format
31. CRTL+5 = Menggaris kata
32. CRTL+B = Menebalkan huruf, kata, atau kalimat
33. CRTL+I = Memiringkan huruf, kata, atau kalimat
34. CRTL+U = Menggarisbawahi huruf, kata, atau kalimat
35. CRTL+C = Menyalin huruf, kata, atau kalimat
36. CRTL+V = Menyematkan hasil salinan dari huruf, kata, atau kalimat
37. CRTL+Z = Mengulangi langkah sebelum tindakan
38. CRTL+Y = Mengulangi langkah setelah tindakan
39. CRTL+F4 = Menutup Workbook
40. Shift+End = Memilih hingga akhir sel
41. Shift+Home = Memilih hingga sel awal
42. ESC = Menghentikan pilihan
43. ALT+Enter = Garis baru di sel yang sama
44. Shift+Spasi = Garis baru di sel yang sama
45. CRTL+Spasi = Pilih kolom tabel
46. CRTL+A = Pilih semua

Demikianlah postingan saya kali ini, jika postingan ini bermanfaat bagi kalian tolong tinggalkan jejak kalian di kolom komentar, terimakasih

Post a Comment

0 Comments