Skip to main content

Dasar-Dasar Microsoft Excel Yang Wajib Kamu Tahu



Sebelum kita belajar tentang Dasar Microsoft Excel yang Wajib diketahui, sebaiknya kita tahu dulu Apa itu Microsoft Office Excel ? Apa pengertian Microsoft Excel?
Sebagian besar kita sebenarnya sudah tahu apa itu microsoft excel yaitu salah satu program aplikasi untuk mengerjakan data di komputer windows atau Mac OS, atau 


Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Biasanya Excel ini satu paket dalam yaitu microsoft Office, yang didalamnya ada Excel, Microsoft Word, dan PowerPoint, kemungkinan program-program ini memang khusus dibuat untuk aplikasi perkantoran, sesuai dengan namanya, Office.

Jika anda ingin bekerja sebagai orang kantoran yang akan mengolah data-data angka maka program ini harus anda kuasai, tentu saja tidak harus semua, minimal pengoprasian dasar-dasarnya wajib diketahui.

Karena banyaknya Fungsi dan Formula di Excel ini, akan menyusun hal yang paling dasar untuk kita ketahui tentang microsoft Excel.

Sebelum kita mulai sebaiknya kita mengetahui lembar kerja (Spreadsheet) pada excel





  1. Dari kiri ke kanan layar atau sebaliknya (Horizontal), hal tersebut dinamakan Baris. Baris di Excel diwakilkan dengan angka yang berurutan dari 1 dan seterusnya.
  2. Dari atas ke bawah layar atau sebaliknya (Vertikal), hal tersebut dinamakan Kolom. Kolom di Excel diwakilkan dengan huruf yang berurutan dari huruf A dan seterusnya.
  3. Jika anda mengklik ruang kosong di halamannya, hal tersebut dinamakan Sel. Sel di Excel diwakilkan dengan kombinasi kolom dan baris seperti A1, B2, D10, dan lain-lain. Jika D10, maka sel tersebut berada di kolom D dan pada baris 10.
Setelah kita mengetahui lembar kerja kita mulai hal yang paling dasar,

1. Perhitungan Dasar Di Excel

Hal pertama yang akan kita pelajari adalah bagaimana perhitungan dasar di excel, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

di excel dalam mengolah data menggunkan fungsi, Fungsi atau yang lebih dikenal dengan Rumus ini digunakan untuk memanipulasi data atau menghitung data, penulisan Rumus pada excel harus di awali dengan "=".

Sebagai contoh yang sederhana misalnya kita akan menjumlahkan 100+100=..? maka di excel kita harus menuliskan dengan rumus =100+100 kemudian tekan Entermaka akan muncul hasilnya 200.
Dasar-Dasar Microsoft Excel Yang Wajib Kamu Tahu


Berikut tanda/operator yang bisa anda gunakan untuk perhitungan dasar di Excel:

  • “+” Untuk melakukan operasi pertambahan.
  • “-” Untuk melakukan operasi pengurangan.
  • “*” (Tanda bintang/SHIFT + 8) Untuk melakukan operasi perkalian.
  • “/” (Garis miring) Untuk melakukan pembagian

Setelah mengetahui perhitungan dasar pada excel hal yang harus dilanjutkan adalah melakukan latihan-latihan agar lebih lancar dalam penggunaannya, kemudian kita bisa mengembangkan ke perhitungan yang lebih komplek lagi.

2. Perhitungan Otomatis (AutoSum)

Setelah kita memahami perhitungan dasar di excel, selanjutnya kita akan belajar bagaimana menghitung otomatis yang telah disediakan oleh Excel. Kalau ada yang otomatis kenapa harus pakai yang manual he he

Disini kita tidak perlu memikirkan fungsi/rumus untuk menghitungnya, akan tetapi langsung saja klik Formulas>Autusum, 



Misalkan kita akan menjumlahkan data pada kolom B, maka caranya cukup di blog pada kolom tersebut kemudian klik Autosum>Sum, maka akan terjumlah secara otomatis.

berikut ini keterangan dari fungsi Autosum :

  • SUM: Penjumlahan
  • Average: Mencari nilai rata-rata.
  • Count Numbers: Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.
  • Max: Mencari nilai paling besar.
  • Min: Mencari nilai paling kecil.

3. Otomatisasi Data

Otomatisasi data maksud saya adalah dalam Excel kita tidak perlu membuat rumus/fungsi disetiap baris atau kolom, contoh sederhananya misalnya kita memiliki data yang harus dijumlahkan dan data itu memiliki lebih dari 100 baris, maka kita cukup menuliskan rumusnya di awal saja selanjutnya kita tinggal tarik kebawah, maka Excel akan membuat fungsi yang sama meskipun dengan data yang berbeda.

Hal ini sangat membantu bukan? jika kita memiliki data yang jumlahnya ribuan, dengan cara ini kita bisa menghemat waktu dan tenaga dalam bekerja.

4. Memformat Angka

Selanjutnya yang harus kita ketahui di Excel adalah memformat angka, misalnya penulisan 100%, Rp, 5000, penulisan tanggal dan lainnya. 
Di Excel sudah disediakan format angka sesuai dengan kebutuhan kita, untuk lebih jelasnya kalian bisa coba satu-satu format angka ini.

5. Membuat Tabel

Membuat tabel ini adalah hal yang wajib diketahui di Excel karena hampir setiap data menggunakan tabel-tabel, meskipun lembar kerjanya sudah seperti tabel, tetapi nanti ketika di cetak akan polos.

Oleh karena itu kita harus membuat tabel, caranya blok data kemudian klik Insert>Table atau tekan Ctrl + T



maka tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah ini 

Disini kita bisa mensortir data mulai dari yang kecil ke yang besar atau sebaliknya. dan yang paling penting tampilannya pun akan semakin menarik.

Namun dalam membuat tabel adakalanya kita memerlukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan, misalnya membuat tabel penjulan buku


Gambar di atas tidaklah rapi, maka dari itu kita bisa menggabungkan 2 baris menjadi satu agar menjadi lebih rapi. caranya blok baris atau kolom yang akan kita gabungkan kemudian klik Merge & Center


Maka hasilnya adalah sebagai berikut :





6. Membuat Grafik

Dalam membuat laporan adakalanya atasan kalian meminta bentuk grafik agar lebih mudah difahami, oleh karena itu kita juga harus siap bisa membuat grafik, caranyapun sangat mudah sekali, blok data yang akan kalian buat grafik kemudian Klik Insert>Column dan pilih bentuk grafik yang kalian inginkan.


7. Menggunakan Format Cell

ada kalanya kita membutuhkan format tabel yang harus di modifikasi sesuai kebutuhan sehingga data di dala shel harus dimiringkan atau di buat Horizontal, seperti dibawah ini tabel mata kuliah;


Hal itu memang sudah di siapkan di excel dan caranya sangat mudah, misalnya kita akan membuat kata "Buku" menjadi horizontal maka caranya yaitu blok  buku, kemudian klik kanan> Format Cell


Kemudian klik Aligment kemudian drag geser pada bagian orentation kearah mana kalian akan miringkan, atau bisa juga dangan mengisi angka sesuai keinginan kalian, jika ingin horizontal maka isi dengan angka 90.


Maka hasilnya akan seperti berikut ini : 




8. Mencetak Lembar Kerja (Print)


Sebenarnya untuk mencetak lembar kerja di Excel tidak ada bedanya dengan mencetak di program lainnya. yaitu tinggal klik tanda printer atau tekan Ctrl -P.

Namun ada kalanya ketika data yang kita tampilkan sangat banyak dan lebar sehingga mengharuskan kita untuk menyeting bagaimana agar data tersebut tidak terpotong. 

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa ukuran kertas, apakah sudah sesuai dengan format yang kita inginkan, caranya adalah klik Page Layout > Size > dan pilih ukuran kertas kalian


Kedua, perhatikan apakah kita akan mencetak secara Potrait atau Landscape tentu saja kita sesuaikan dengan kebutuhan. 


Ketiga, pilih mode Page Break Preview maka akan ada garis bantu berupa garis biru, pastikan halaman yang akan kita print tidak keluar garis biru tersebut,


Keempat, Jika data yang akan kita cetak masih keluar dari garis biru, untuk mengatasinya kecilkan Scala, sesuaikan dengan data yang kita miliki sampai tidak keluar dari garis biru.



Demikian postingan saya kali ini, Dasar-dasar Microsoft Excel yang wajib kamu Tahu, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Rumus-Rumus Excel Yang Paling Sering Digunakan Bekerja Sebagai Administrasi




Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara