Skip to main content

Cara Membuat Penomoran Otomatis di Excel

 Ketika kita memiliki tabel data biasanya pasti memiliki penomoran, banyak membuat Penomoran Otomatis di Excel. cara paling awam adalah mengetikkan angka satu persatu disetiap baris atau kolom pada data yang kita miliki.

Tutorial kali ini saya akan membahas beberapa Cara untuk Membuat Penomoran Otomatis di Excel, tentu dari beberapa cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, sobat bisa pilih mana yang paling sesuai untuk keperluan data yang sedang kalian kerjakan.

Membuat Penomoran Otomatis di Excel

 

1. Membuat Nomor Urut Secara Manual

Tidak ada yang salah ketika kita membuat nomor urut secara manual, dengan mengetikkan satu persatu angka di data kita, asalkan data kita tidak lebih dari 20 ya... kalau lebih dari itu apalagi data yang kita olah mencapai ribuan sebaiknya tinggalkan cara ini ya sob...

2. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Autofill Excel

Penomoran Otomatis Dengan Autofill Excel sangat mudah, yaitu dengan cara mengetikkan angka awal dan angka kedua lalu tinggal di drag kebawah  maka nomor akan secara otomatis sesuai dengan nomor yang di inginkan.

Tapi jika nomor urut masih puluhan atau ratusan cara  ini masih efektif, namun ketika data yang kita miliki mencapai ribuan... saya rasa cara ini juga kurang efektif,...

3. Membuat Penomoran dengan Menu Fill Excel

Selanjutnya cara membuat penomoran dengan memanfaatkan menu fill yang ada di excel, caranyapun cukup mudah.

Dengan cara ini membuat penomoran yang datanya ribuan pun jadi sangat mudah, kita tinggal tentukan jumlah berapa yang kita inginkan.

Untuk membuat penomoran dengan cara ini berikut ini langkah-langkahnya :

Pertama buat nomor secara manual misalnya di cell A2 ketikkan angka 1. 

penomoran otomatis di excel

Kedua,  klik angka 1 di cell A2, seperti pada gambar di bawah ini.



 kemudian pilih tab home pilih fill kemudian Series

Membuat penomoran pada excel

 

Kemudian akan tampil option Series, seperti gambar berikut ini

Keterangan Series  

Series in : Coloumns : untuk membuat penomoran dari atas kebawah dan Rows membuat penomoran dari kiri kekanan.

Kemudian pada Type pilih  Linear, dan terakhir pilih Stop Value yang di inginkan misalnya 1000.

kemudian klik OK

 Setelah mengikuti langkah di atas membuat penomoran ribuan pun semenit aja sudah selesai, sangat mudah bukan?

Tapi masih ada lagi cara yang lebih efektif, jika menggunakan fill series kita harus tahu berapa jumlah datanya, namun bagaimana jika kita akan selalu mengupdate data tersebut setiap hari, sehingga kita tidak tahu berapa jumlah yang akan di tampilkan.

maka masih ada cara lain untuk membuat penomoran yaitu dengan menggunakan rumus 

Membuat Penomoran dengan Rumus

Cara membuat penomoran menggunakan rumus pun sangat mudah, ada beberapa rumus yang bisa di gabungkan untuk membuat penomoran yaitu : ROW, IF, COUNT, COUNTA.

IF dan ROW (Jika Kolom B Terisi data Kolom Nomor akan terisi otomatis)

Membuat penomoran dengan rumus  ini sangat cocok untuk membuat list data, misalnya list data mahasiswa, yaitu dengan asumsi jika kolom NAMA ditambah maka penomoran akan bertambah secara otomatis.



 jika Kolom B di tambah maka nomor di kolom A akan tampil, rumusnya bisa di tulis sebagai berikut


=IF(B2="";"";ROW()-1)

 tuliskan rumus tersebut pada cell A2, maka setiap kolom b terisi data penomoran akan bertambah secara otomatis.

Penomoran Otomatis DI Excel

 

IF dan COUNTA (Nomor Akan muncul saat data terisi, jika dihapus nomor akan menyesuaikan)

Kita juga bisa menggunakan rumus COUNTA untuk membuat urutan nomor, caranya adalah sebagai berikut :

Kondisinya sama dengan rumus sebelumnya yaitu jika kolom B atau Nama terisi maka nomor urut akan terisi secara otomatis.

=IF(B2="";"";COUNTA($B$2:B2))

Bedanya dengan rumus ini, jika kita hapus datanya di tengah atau barisnya lompat maka penomoran akan menyesuaikan dengan data yang terisi. perhatikan gambar berikut ini

Jika datanya kita hapus maka penomorannya juga akan menyesuaikan, jadi gak repot-repot untuk mengulang membuat penomoran.

Mudah bukan? Namun yang perlu di perhatikan adalah  pada rumus diatas menggunakan tanda dolar $, hal ini bermaksud untuk mengunci cell pada rumus agar tidak berubah saat rumus di copy paste kebawah, untuk menampilkan tanda dolar ini kamu bisa menuliskan secara manual dari keyboard atau bisa dengan cara blok cell yang akan di kunci kemudian menekan fn+F4

 MOD & ROW (Untuk membuat penomoran Berulang)

Ada pada suatu kondisi kita membutuhkan penomoran berulang, misalnya setiap 5 data maka penomoran akan berulang lagi mulai dari 1, contoh kasus misalnya ini kita akan membuat data kelompok mahasiswa yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 mahasiswa, maka kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut :

=MOD(ROW()-2;5)+1


maka hasilnya akan berikut : 

membuat penomoran otomatis
Gampang banget kan sobat, jadi kalian bisa sesuaikan sesuai kebutuhkan misal kalian mau satu kelompok 7 mahasiswa, maka angka 5 tinggal di ganti dengan angka 7.


IF (Untuk membuat penomoran berulang dengan acuan yang berbeda)

Jika kita memiliki data yang berkelompok, saya misalkan ada data ilmu komunikasi, pemerintahan, admin publik, maka kita akan membuat penomoran yang berulang setiap data acuannyanya berbeda. maka kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

=IF(B2=B1;A1+1;1)

maka hasilnya adalah :


 Dengan catatan data yang sama harus diurutkan, jika di pisah maka penomoran akan berulang dari 1.

Jika kalian menghendaki penomoran berdasarkan acuan yang sama berlanjut, bisa menggunakan rumus sebagai berikut


=COUNTIF($B$2:B2;B2)

perhatikan gambar sebagai berikut : 

Meskipun datanya berselang nomor urutnya akan menyesuaikan data pada kolom B.

Baiklah sobat semua, itu dia penomoran otomatis pada excel yang bisa kita buat, kalian tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan saat ini. semoga bermanfaat



Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara