Skip to main content

Membuat Postingan Di Blog Wordpress

 Assalamualaukum, kembali lagi di blog ini, kali ini saya akan membahas yang ringan-ringan saja yaitu Cara Membuat Postingan di Blog Wordpress.


Postingan ini saya buat karena ada beberapa Dosen di tempat saya kerja bertanya bagai mana cara membuat post/tulisan di blog. Setiap dosen di wajibkan untuk membuat tulisan atau mengupload materi di blog dosen. 


Kebetulan CMS yang di gunakan untuk blog dosen ini menggunakan wordpress, 


Ngomong-ngomong soal wordpress ini adalah CMS yang sangat fenomenal di dunia blog. Salah satu alasan mengapa memilih memakai wordpress adalah open source, ramah dengan SEO, mudah di kelola, dan Banyak Plugin sesuai kebutuhan pengguna.


Wes... kebanyakan mukadimahnya, sekarang langsung saja 


LOGIN DI WORDPRESS

Pertama buka alamat Blog misalnya alamat blognya http://blogsaya.id/, kemudian klik Log in atau cara cepatnya adalah http://blogsaya.id/wp-admin, Kita akan di hadapkan dengan tampilan sebagai berikut :

Mebuat Postingan blog wordpress

 Kemudian masukan username  dan password  klik Log In


Jika ada pesan seperti dibawah ini, klik Remind Me Leter


Kita akan berhadapan dengan tampilan Dasboard wordpress dan banyak menu-menu yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan di blog kita. Dihalaman ini lah kita akan mengekspresikan karya-karya tulisan kita.


Postingan di Blog Wordpress


MEMBUAT POSTINGAN/TULISAN BARU


Setalah kita berhasil Log In, untuk membuat postingan/tulisan baru caranya sangat mudah, mari kita ikuti langkah-langkahnya.


Pertama klik Post --> Add New pada menu bagian Kiri, seperti pada gambar berikut

Postingan di Blog Wordpress



Selanjutnya akan tampil lembar kerja baru untuk membuat tulisan/postingan terbaru. Di lembar ini kita bisa mengisikan JUDUL dan isi tulisan seperti halnya di microsoft word.



wesss gampang banget kan,,, tingal isi judul sesuai dengan apa yang kita pikirkan, dan selanjutnya silahkan mengarang isinya....dan kalau perlu pilih jenis tulisan dan impropisasi lainnya.


Jika telah selesai menulis,,, apalagi yang perlu di tambahkan agar isi blog kita semakin menarik perhatian pembaca.


Menambahkan gambar....


MENAMBAHKAN GAMBAR

Gambar atau ilustrasi akan menarik perhatian pembaca sekaligus sebagai penghias tulisan kita di blog, agar tidak monoton 100% tulisan, Kata pepatah tulisan tampa gambar seperti masakan tampa garam. hambar...


langsung saja Cara menambahkan gambar adalah sebagai berikut  :


Pastikan kita masih membuka lembar kerja di wordpress kemudian Klik Add Media 



Maka akan terbuka tambilan yang akan mengintruksikan kita untuk memilih tempat penyimpanan gambar yang kita miliki, jika kita sudah pernah upload gambar ke wordpress kita tinggal memilihnya di Media Library




Namun Jika belum kita bisa klik Upload dan memilihnya dari penyimpanan komputer kita.



Selanjutnya setelah kita menemukan gambar yang cocok dan sesuai selara klik Insert into Post disebelah kanan bawah




Maka gambar akan tampil di tengah tulisan kita, seperti dibawah ini


Jadi tambah keren kan blognya kalau ada gambarnya....


Selanjutnya biasanya juga kita akan menampilkan File seperti Power Point, PDF, atau materi lain...untuk menampilkan File di blog wordpress ayo kita ikuti terus langkah sebagai berikut;


MENAMBAH DOKUMEN ATAU FILE


Biasanya dosen perlu menambahkan file seperti RPS, materi Ajar power point atau file dalam bentuk PDF, caranya adalah sebagai berikut :


Masih di lembar kerja yang tadi, kemudian kita klik Add Document



Kemudian pilih UPLOAD Document






Kemudian pilih Upload files dan pilih file dari penyimpanan komputer






Kemudian klik Select


Kemudian akan tampililan sebagai berikut : dan klik insert.


Tampilan di lembar kerja akan tampil sebagai berikut, yaitu berupa kode untuk menampilkan file.


Selanjutnya jika tulisan sudah selesai di tulis, gambar sudah di tambahkan dan file sudah di upload kita tinggal klik PUBLISH di sebelah kanan lembar kerja.

Selesailah sudah kita membuat postingan di blog wordpress, meskipun masih banyak yang bisa kita lakukan di lembar kerja wordpress ini, misalnya kita tambahkan video jika ada. Namun secara umum kita telah berhasil membuat postingan di blog kita.

oh ya... jadi nya seperti apa yang setelah di Publish, kita bisa langsung cek di halaman depan blog kita atau kalau dari dashboard kita bisa klik View Post.



maka tampilan akhir nya adalah :



Setelah selesai sebaiknya baca ulang tulisan kita untuk menghindari kesalahan, jika ada yang salah silahkan kembali ke lembar kerja, perbaiki dan jangan lupa Klik UPDATE.


Demikian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat...




Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara