Selamat pagi Gaes, pagi-pagi gini enaknya beraktivitas sambil ditemani segelas teh atau kopi ya gaes. apalagi seneng banget pasti kalau denger berita bahagia seperti ada temen saudara yang mau nikah.
Jadi gaes, ngomong-ngomong tentang nikah pasti gak terlepas dari namanya undangan, sudah wajib kayaknya ya ada undangan.
Nah untuk itu gaes, untuk postingan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat label undangan yaitu label form 103 (isi 12 lembar).
Jadi kalau ada saudara atau malah kamu sendiri yang akan menikah bisa baca tutorial ini gaes, mudah-mudahan bisa membantu,
langsung aja udah banyak kali basa basinya,...
Pertama, kita buat dulu gaes data/nama-nama yang akan kita undang di Microsoft Excel, isi kolomnya dengan, No. Nama, Pasangan, dan Alamat.
Kemudian isilah nama-nama yang mau kita undang, jangan sampai keluapaan ada besti yang tidak di undang, nanti salah paham pula dia... kalau mantan tak perlu lah di undang.
Demikian, semoga bermanfaat
Setelah itu simpan dan beri nama misalnya "Daftar Nama Undangan" Klik Save untuk menyimpan.
Data nama yang di undang telah siap, selanjutnya kita buka Microsoft Word, disini sebenarnya sudah tersedia label namun sepertinya tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
Jadi solusinya kita buat saja sendiri agar ukurannya pas dengan label 103. setelah terbuka langsung buka menu MAILING kemudian Start Mail Marge, dan Klik Label.
Kemudian akan terbuka form sebagai berikut
Klik New Label, dan beri nama misalnya label 103, selain diberi nama, atur ukuran-ukuran seperti top margin 0,2 cm, Side Margin 0,2 cm, Vertical Pitch 3,3 cm, Horizontal pitch 6,5 cm, label height 3,2 cm, label width 6,4 cm, number across 3, number down 4, page width 20 cm dan page height 13,7.
Setelah ukuran fix, klik OK dan akan tampil tampilan Microsoft Word sebagai berikut,
Sekarang, kita tinggal hubungkan data MS. Word dan Excel menggunakan Mail Marge, caranya letakkan kursor di kotak pertama, Klik MAILINGS, Select Recipient, pilih USE EXISTING LIST
Cari file Excel "Daftar Nama Undangan" yang telah kita buat tadi, dan klik Open
Kemudian plih di sheet mana data nya kita simpan
lalu Klik Ok. dan data kita sudah sinkron antara MS.Excel dan Word.
Selanjutnaya, kursor masih di kotak pertama ,pilih MAILINGS lagi dan INSERT MARGE FIELD, pilih Nama, Pasangan dan alamat.
Sehingga tampilannya sebagai berikut, telah ada kode «NAMA» «PASANGAN»«ALAMAT»
Untuk melihat hasilnya klik Priveuw Result
maka hasilnya sebagai berikut,
untuk menampilkan data di tabel selanjutnya letakkan kursor di kolom ke dua dari kiri, kemudian klik update Labels.
opphh... sepertinya saya tadi ada yang lupa, tinggal di tambahkan kata "&" diantara kata Nama & Keluarga. Selanjutnya tinggal atur supaya mempercantik tampilan seperti font dan tata letaknya. kemudian siapkan printer dan kertas label 103 nya.
untuk lebih jelasnya saya juga sudah buat tutorial videonya, bisa di lihat di channel Bangno Id
Demikian, semoga bermanfaat
Ini yang saya cari ... terima kasih sudah berbagi info mas.
ReplyDelete