Skip to main content

6 Kerja Part Time yang Cocok Untuk Mahasiswa

6 Kerja Part Time yang Cocok Untuk Mahasiswa

Kuliah tentu tidak sama dengan sekolah yang waktunya telah di tentukan dari pagi sampai siang atau malah sampai sore. Kuliah memiliki waktu yang lebih fleksibel dibandingkan waktu sekolah, sehingga banyak mahasiswa yang memanfaatkan waktu senggangnya untuk kerja Part Time untuk menambah uang saku.


Kerja part time berarti tidak harus bekerja seharian seperti orang kantoran, yang harus stay 8 jam sehari, kamu bisa menyesuaikan waktu dengan jadwal kuliah dan tempat kamu bekerja.

Kunci utama yang harus diperhatikan jika kamu niat untuk bekerja adalah pandai-pandailah mengatur waktu, agar kamu dapat bekerja dan tidak melupakan tugas utama, yaitu kuliah.

Berniat untuk bekerja sambil kuliah? berikut ini kami rangkumkan untuk kamu 6 kerja Part Time yang Cocok untuk mahasiswa.

Tapi sebelum kesana, ada baiknya  kita lihat apa manfaat kamu kuliah sambil bekerja selain mendapatkan tambahan uang saku.


Berlatih dan mendapat pengalaman dunia kerja


Tentu ini akan menjadi tempat untuk berlatih buat kamu, kamu akan mendapatkan ilmu yang mungkin tidak akan pernah di ajarkan di kampus.

Mengasah keterampilan sangat penting dan merupakan modal tambahan saat kamu mencari kerja saat sudah lulus nanti,,, kamu jadi kaya pengalaman saat di tanya saat interview, kamu bisa dengan mudah menceritakan pengalamanmu saat bekerja part time.


Menambah Networking


Kemudian manfaat bekerja saat kuliah adalah kamu bisa menambah jaringan yang lebih luas, karena pasti kamu akan mengenal orang-orang baru saat kamu menjalani kerja part time.

Tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjalin kerja sama atau minimal bertukar informasi tentang karir kamu di masa depan.


1. Desainer


Bagi kalian yang hobby atau malah kuliah di bidang desain, tidak ada salahnya untuk menjadi desainer part time.

Karena tidak semua orang dapat membuat desain, maka peluang untuk membuka jasa ini cukup terbuka lebar, misalnya kamu mulai dahulu dari orang - orang terdekat yang akan memulai usaha, misalnya membuat logo usahanya, membuat spanduk, kartu nama, bahkan untuk website juga memerlukan desainer.

Kamu bisa mulai dengan buat sendiri logo dan profil diri sendiri sebagai portofolio, supaya mereka semakin yakin untuk pakai jasamu.

2. Penulis lepas


Saat ini peran media sosial sangat penting baik itu untuk promosi, banyak sekali pembisnis yang membuka lowongan penulis paruh waktu baik itu di website ataupun media sosial.
Jadi ini bisa menjadi kesempatan kalian untuk bekerja part time sebagai penulis lepas atau yang dikenal sebagai freelance writer.



3. Tutor atau guru les


Pekerjaan ini adalah salah satu kerja part time yang banyak diambil oleh mahasiswa, utamanya bagi yang mengenyam kuliah berlatar studi pendidikan.

Terutama di kota-kota besar banyak orang tua murid yang mencari guru les private untuk memberikan belajar tambahan kepada anak-anak mereka. Mulai dari SD - SMA...

Kamu biasanya diminta untuk mengajari pelajaran - pelajaran sekolah dan yang lebih menguntukan lagi jika kamu bisa bahasa asing, maka kamu akan mendapat nilai plus dalam pekerjaan ini.

Selain menjadi guru les, jika kamu cukup menguasai pelajaran kuliah kamu bisa mencoba mendaftar menjadi tutor, sebagian kampus ada yang membuaka lowongan menjadi tutor untuk mengajari para junior di semester awal, biasanya di matakuliah praktikum.

4. Barista


Perkembangan coffee shop sangat pesat seperti jamur di berbagai sudut kota, bahkan biasanya di sekitaran kampus banyak yang membuka coffee shop.

Jadi kalian memiliki kesempatan untuk bekerja part time sebagai barista, kamu bisa langsung tanya kepada pegawai yang disana terkait lowongan menjadi barista.

Atau kamu bisa mencari lowongan di media sosial...

Kamu belum bisa menjadi barista, tenang aja,... mungkin kamu bisa mulai dari bantu-bantu untuk antar minuman dan membersihkan coffee shop, dengan berjalannya waktu pelajari bagaimana menjadi barista.

Bagi penikmat kopi, belajar barista tidak terlalu sulit, bahkan kamu disini bisa "curi" ilmu bagaimana mengelola sebuah coffee shoop, tidak menutup kemungkinan kamu bisa buka kedai sendiri kan....

5. Virtual assistant


Jika kamu mahasiswa yang cenderung tertarik kerja part time secara online, tidak ada salahnya untuk mencoba jadi virtual assistant.

Secara garis besar, virtual assistant hampir sama dengan personal assistant. Hanya saja, untuk pekerjaan ini dapat dilakukan secara online, tanpa perlu ke kantor.

Menurut Fairy God Boss, biasanya pekerjaan online ini akan melakukan tugas yang bervariasi, seperti membuat schedule, mengelola email, menjadi admin media sosial, dan lain-lain.

Nah, jika kamu mempunyai waktu luang, pekerjaan ini sangat cocok untuk diambil. Selain karena dapat dikerjakan secara online, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berharga sebelum terjun ke dalam dunia kerja

6. Fotografer


Jika kamu hobby mengambil foto, tidak ada salahnya kamu tekuni profesi ini, karena setiap momen spesial tentunya ingin di abadikan untuk menjadi kenang-kenangan di masa yang akan datang.

Nah, dengan alasan itu banyak orang yang mencari jasa fotografer untuk mengabadikan momen spesial mereka dibanding hanya foto seadanya.

Jadi kamu bisa memulai kerja part time menjadi seorang fotografer. Biasanya orang membuat hajatan di hari sabtu atau minggu, jadi waktu kamu lebih mudah untuk mengatur waktu agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah.

Untuk memulainya kamu bisa tawarkan fotomu melalui media sosial yang kamu miliki, jika hasil jepretanmu bagus pasti ada yang melirik dan mejadikan jasa sebagai fotografer.

Jika ada komunitas fotografer di daerahmu, jangan sungkan untuk ikut bergabung. Siapa tahu di sana ada informasi seputar pekerjaan fotografer yang bisa kamu ambil.

Itu dia Saran 6 Kerja Part Time yang Cocok Untuk Mahasiswa, jika kamu memiliki keinginan untuk menjalani kuliah sambil bekerja, jangan lupa untuk mengatur waktu dengan baik.

Jangan sampai kerja lancar tapi malah kuliah diabaikan, tetap fokus dengan tujuan awal yaitu kuliah di utamakan.

Baca Juga :

 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

12 Tips Presentasi yang Baik dan Benar

 

 


Sumber : 31 High Paying Jobs For College Students

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara