8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Secara Online

Sudah dua tahun ini kita melaksanakan proses belajar mengajar secara online, begitu juga dengan pelaksanaan seminar, dan sidang skripsi dilaksanakan secara online.

Sejak pandemi covid - 19 memang kita dipaksa untuk merubah yang semula sidang dilaksanakan secara tatap muka menjadi sidang online.

Nah, untuk persiapan mengahadapi ujian sidang skripsi tentu ada yang harus dipersiapkan agar ujian berjalan lancar dan kamu pun siap menyandang gelar sarjana...

Tugas Akhir atau skripsi merupakan sebagian persyaratan guna memperoleh gelar akademik dalam jenjang perkuliahan. Dalam mempertanggungjawabkan penelitian yang dilakukan, mahasiswa diminta mempresentasikan hasil penelitian di hadapan dosen penguji atau yang biasa disebut sidang skripsi.

Ngomongin sidang online kendala yang paling ditakuti adalah jaringan internet dan mati listrik saat sidang berlangsung. Jika  jaringan internet terputus....ya sudahlah, kita tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan jika tidak cepat di atasi bisa-bisa sidang kamu di tunda alias mencari jadwal baru untuk pelaksanaan sidang kamu. Jika itu terjadi sangat-sangat disayangkan....

Untuk itu sebelum kamu menghadapi ujian skripsi secara online, berikut 8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Secara Online?

1. Siapkan Materi 

Pastikan kamu sudah menyiapkan materi seperti powerpoint, powerpoint sebaiknya dibuat dengan singkat dan tidak berat, 

Kemudian yang paling penting siapkan draf skripsi, baik berupa file softcopy maupun hardcopy, untuk jangan lupa juga untuk mengirimkan draf skripsi kamu kepada dosen pembimbing terlebih dahulu. 

sekedar saran jika file kalian ingin mengirimkan draf skripsi kepada dosen berupa softcopy sebaiknya dibuat dalam format pdf, alasannya karena untuk menghindari kerusakan file saat dibuka terlebih pada gambar dan tabel. alasan lain yaitu karena bisa saja office yang beda versi.

2. Pastikan Perangkat Kalian Berjalan Lancar (Laptop)

Usahakan menggunakan laptop yang memiliki daya baterai yang penuh, hal ini untuk mengantisipasi listrik yang tiba-tiba padam, jadi sebaiknya kamu mengisi daya baterai sebelum ujian skripsi berlangsung. 

Selain itu sediakan backup perangkat misalnya menggunakan smarthphone kamu, hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi error atau kendala jaringan di laptop. 

3. Pastikan koneksi internet aman

Point ini yang sering menjadi kendala saat sidang berlangsung, kendala internet yang tiba-tiba putus, sehingga sidangpun tak dapat berlangsung.

Karena kunci utama dalam sidang online adalah memiliki koneksi internet. oleh karena itu kamu wajib mengecek kondisi jaringan yang dapat menunjang keberlangsungan ujian skripsi.

Jika kamu menggunakan jaringan yang ada di handphone, pastikan paketnya cukup selama sidang berlangsung.

sebaiknya kamu juga menyiapkan jaringan lain untuk mengantisipasi jaringan kamu tiba-tiba mati...

Setidaknya ada dua atau tiga yang kamu siapkan...

4. Kuasai penggunaan platform media

Selanjutnya penguasaan media yang digunakan saat sidang sangat penting untuk di kuasai sehingga tidak terjadi kepanikan saat terjadi error. Terlebih pada saat akan melakukan presentasi, misalnya kamu harus tahu bagaimana share screen materi ke layar. 

Baca Juga :Cara Sharing Materi dan Ganti Background Menggunakan CloudX

Coba juga audio dan kamera laptop kamu apakah bisa berjalan dengan baik, karena selain jaringan hal yang paling penting adalah audio agar kamu bisa berkomunikasi dengan lancar. 

Untuk itu silahkan lakukan uji coba sebelum melaksanakan sidang skripsi, sampai kamu benar-benar bisa menguasai media yang di gunakan.

Masuklah ke room selambat-lambatnya 10 menit sebelum sidang dimulai, jangan sampai ke duluan dosen pembimbing yang masuk ke room ya...

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan saat pembimbing masuk ke room adalah menyapanya dengan kondisi kamera sudah "on".

5. Berlatih Untuk Presentasi

Selain melatih kecakapan berbicara di depan kamera, tidak ada saahnya kamu berlatih presentasi sebelum sidang skripsi berlangsung. Biasanya, waktu yang diberikan untuk presentasi kurang lebih 10-15 menit. 

Dengan latihan kamu bisa mengetahui materi mana yang masih belum kamu kuasai, kamu bisa evaluasi dan belajar lagi.

Usahakan kamu harus menguasai materi yang akan dibawakan. Mulai dari masalah yang diteliti, metode yang digunakan, teori untuk menganalisis data, hingga temuan dan kesimpulan.

Pada saat latihan presentasi kamu dapat meminta teman untuk berperan sebagai dosen penguji dan dosen pembimbing. Simulasi inilah yang nantinya dapat melatih kamu menghadapi situasi saat pelaksanaan sidang. Termasuk pertanyaan yang kemungkinan dilontarkan.

6. Pilih tempat dengan cahaya  yang terang dan ruangan tertutup

Memilih ruangan juga menjadi hal yang sangat penting saat berlangsungnya sidang, jangan sampai saat kamu melaksanakan sidang disekitar kamu sedang ada yang berisik, atau sekedar lewat kesana kemari, oleh karena itu carilah tempat yang tenang dan tertutup.

Selain itu kondisikan pencahayaan, usahakan yang terang dan posisi kamera harus juga di perhatikan, sebaiknya arahkan ke dinding yang berwarna polos, jangan menghadap jendela atau pintu, karena akan menggangu pencahaayaan dan mempengaruhi kualitas gambar

7. Gunakan headset untuk mendukung kualitas audio

Seperti yang saya sebutkan tadi, Hal yang tidak kalah penting adalah output audio. Agar suara dapat tersampaikan dengan jelas dan input suara dari dosen juga terdengar jelas, kamu dapat menggunakan bantuan headset selama sidang berlangsung. Dengan demikian, komunikasi antara mahasiswa dan dosen dapat berjalan lancar terlepas dari kondisi jaringan internet yang ada.

8. Tetap Gunakan Pakaian yang Rapi

Meskipun sidang dilaksanakan secara online, jangan sepelekan masalah penampilan, kamu tetap harus menjaga penampilan dengan rapi.

Karena penilaian sidang biasanya juga terkait dengan penampilan, selain itu jika penampilan kamu rapi akan menambah kepercayaan diri.

Demikian postingan kali ini 8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Secara Online, semoga bermanfat dan silahkan share artikel ini ke teman kamu yang akan melaksanakan sidang meja hijau.. terimakasih

Baca Juga : 

12 Tips dan Cara Cepat Selesai Menulis Skripsi

Tips Memeriksa Plagiat Menggunakan Turnitin

 

 











0 Comments