Skip to main content

8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Secara Online

 

8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Secara Online

Sudah dua tahun ini kita melaksanakan proses belajar mengajar secara online, begitu juga dengan pelaksanaan seminar, dan sidang skripsi dilaksanakan secara online.

Sejak pandemi covid - 19 memang kita dipaksa untuk merubah yang semula sidang dilaksanakan secara tatap muka menjadi sidang online.

Nah, untuk persiapan mengahadapi ujian sidang skripsi tentu ada yang harus dipersiapkan agar ujian berjalan lancar dan kamu pun siap menyandang gelar sarjana...

Tugas Akhir atau skripsi merupakan sebagian persyaratan guna memperoleh gelar akademik dalam jenjang perkuliahan. Dalam mempertanggungjawabkan penelitian yang dilakukan, mahasiswa diminta mempresentasikan hasil penelitian di hadapan dosen penguji atau yang biasa disebut sidang skripsi.

Ngomongin sidang online kendala yang paling ditakuti adalah jaringan internet dan mati listrik saat sidang berlangsung. Jika  jaringan internet terputus....ya sudahlah, kita tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan jika tidak cepat di atasi bisa-bisa sidang kamu di tunda alias mencari jadwal baru untuk pelaksanaan sidang kamu. Jika itu terjadi sangat-sangat disayangkan....

Untuk itu sebelum kamu menghadapi ujian skripsi secara online, berikut 8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Secara Online?

1. Siapkan Materi 

Pastikan kamu sudah menyiapkan materi seperti powerpoint, powerpoint sebaiknya dibuat dengan singkat dan tidak berat, 

Kemudian yang paling penting siapkan draf skripsi, baik berupa file softcopy maupun hardcopy, untuk jangan lupa juga untuk mengirimkan draf skripsi kamu kepada dosen pembimbing terlebih dahulu. 

sekedar saran jika file kalian ingin mengirimkan draf skripsi kepada dosen berupa softcopy sebaiknya dibuat dalam format pdf, alasannya karena untuk menghindari kerusakan file saat dibuka terlebih pada gambar dan tabel. alasan lain yaitu karena bisa saja office yang beda versi.

2. Pastikan Perangkat Kalian Berjalan Lancar (Laptop)

Usahakan menggunakan laptop yang memiliki daya baterai yang penuh, hal ini untuk mengantisipasi listrik yang tiba-tiba padam, jadi sebaiknya kamu mengisi daya baterai sebelum ujian skripsi berlangsung. 

Selain itu sediakan backup perangkat misalnya menggunakan smarthphone kamu, hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi error atau kendala jaringan di laptop. 

3. Pastikan koneksi internet aman

Point ini yang sering menjadi kendala saat sidang berlangsung, kendala internet yang tiba-tiba putus, sehingga sidangpun tak dapat berlangsung.

Karena kunci utama dalam sidang online adalah memiliki koneksi internet. oleh karena itu kamu wajib mengecek kondisi jaringan yang dapat menunjang keberlangsungan ujian skripsi.

Jika kamu menggunakan jaringan yang ada di handphone, pastikan paketnya cukup selama sidang berlangsung.

sebaiknya kamu juga menyiapkan jaringan lain untuk mengantisipasi jaringan kamu tiba-tiba mati...

Setidaknya ada dua atau tiga yang kamu siapkan...

4. Kuasai penggunaan platform media

Selanjutnya penguasaan media yang digunakan saat sidang sangat penting untuk di kuasai sehingga tidak terjadi kepanikan saat terjadi error. Terlebih pada saat akan melakukan presentasi, misalnya kamu harus tahu bagaimana share screen materi ke layar. 

Baca Juga :Cara Sharing Materi dan Ganti Background Menggunakan CloudX

Coba juga audio dan kamera laptop kamu apakah bisa berjalan dengan baik, karena selain jaringan hal yang paling penting adalah audio agar kamu bisa berkomunikasi dengan lancar. 

Untuk itu silahkan lakukan uji coba sebelum melaksanakan sidang skripsi, sampai kamu benar-benar bisa menguasai media yang di gunakan.

Masuklah ke room selambat-lambatnya 10 menit sebelum sidang dimulai, jangan sampai ke duluan dosen pembimbing yang masuk ke room ya...

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan saat pembimbing masuk ke room adalah menyapanya dengan kondisi kamera sudah "on".

5. Berlatih Untuk Presentasi

Selain melatih kecakapan berbicara di depan kamera, tidak ada saahnya kamu berlatih presentasi sebelum sidang skripsi berlangsung. Biasanya, waktu yang diberikan untuk presentasi kurang lebih 10-15 menit. 

Dengan latihan kamu bisa mengetahui materi mana yang masih belum kamu kuasai, kamu bisa evaluasi dan belajar lagi.

Usahakan kamu harus menguasai materi yang akan dibawakan. Mulai dari masalah yang diteliti, metode yang digunakan, teori untuk menganalisis data, hingga temuan dan kesimpulan.

Pada saat latihan presentasi kamu dapat meminta teman untuk berperan sebagai dosen penguji dan dosen pembimbing. Simulasi inilah yang nantinya dapat melatih kamu menghadapi situasi saat pelaksanaan sidang. Termasuk pertanyaan yang kemungkinan dilontarkan.

6. Pilih tempat dengan cahaya  yang terang dan ruangan tertutup

Memilih ruangan juga menjadi hal yang sangat penting saat berlangsungnya sidang, jangan sampai saat kamu melaksanakan sidang disekitar kamu sedang ada yang berisik, atau sekedar lewat kesana kemari, oleh karena itu carilah tempat yang tenang dan tertutup.

Selain itu kondisikan pencahayaan, usahakan yang terang dan posisi kamera harus juga di perhatikan, sebaiknya arahkan ke dinding yang berwarna polos, jangan menghadap jendela atau pintu, karena akan menggangu pencahaayaan dan mempengaruhi kualitas gambar

7. Gunakan headset untuk mendukung kualitas audio

Seperti yang saya sebutkan tadi, Hal yang tidak kalah penting adalah output audio. Agar suara dapat tersampaikan dengan jelas dan input suara dari dosen juga terdengar jelas, kamu dapat menggunakan bantuan headset selama sidang berlangsung. Dengan demikian, komunikasi antara mahasiswa dan dosen dapat berjalan lancar terlepas dari kondisi jaringan internet yang ada.

8. Tetap Gunakan Pakaian yang Rapi

Meskipun sidang dilaksanakan secara online, jangan sepelekan masalah penampilan, kamu tetap harus menjaga penampilan dengan rapi.

Karena penilaian sidang biasanya juga terkait dengan penampilan, selain itu jika penampilan kamu rapi akan menambah kepercayaan diri.

Demikian postingan kali ini 8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Secara Online, semoga bermanfat dan silahkan share artikel ini ke teman kamu yang akan melaksanakan sidang meja hijau.. terimakasih

Baca Juga : 

12 Tips dan Cara Cepat Selesai Menulis Skripsi

Tips Memeriksa Plagiat Menggunakan Turnitin

 

 











Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara