Skip to main content

Cara Memeriksa plagiarisme similarity menggunakan turnitin

Assalamualaikum...
Sebelum saya jabarkan tentang Cara Memeriksa plagiarisme similarity menggunakan turnitin Untuk Admin, saya do'akan yang membaca artikel ini dalam keadaan sehat dan bahagia. sehingga kita bisa beraktivitas seperti biasanya, karena salah satu nikmat yang paling besar itu adalah nikmat kesehatan.

Baik, beberapa bulan yang lalu saya ditugaskan menjadi admin untuk memeriksa plagiarime Skripsi dan jurnal mahasiswa menggunakan turnitin, sempet bertanya-tanya apa saya mampu karena kan saya sudah lama sekali tidak berkutik dengan karya ilmiah dan lainnya.

Setelah dipelajari ya memang seharusnya yang memeriksa adalah orang yang berkompeten di bidangnya, seperti dosen, atau ya minimal faham tentang karya ilmiah...

Tapi.... karena sudah ditugaskan ya kita terima saja, hitung-hitung untuk nambah-nambah pahala.

Sebelumnya, sebenarnya turnitin adalah sebuah program yang memiliki algoritma pencarian yang didesain oleh developernya untuk membandingkan kemiripan karya tulis.

Turnitin sendiri memiliki 3 sumber utama dalam melakukan pembandingan. yaitu sumber internet (website, blog dan lain sebagainya), referensi akademik (jurnal, buku, publikasi ilimah, artikel) dan database lokal yang dimiliki masing masing institusi.
cara memeriksa plagiarisme similarity turnitin


Cara Memeriksa plagiarisme similarity menggunakan turnitin Untuk Admin

Untuk memeriksa plagiarisme dengan turnitin sebenarnya sangat mudah, Caranya adalah sebagai berikut :

Pertama, Login ke akun turnitin.com atau jika institusi kalian berlangganan maka turnitin akan membuatkan link khusus menggunakan nama institusi. kemudian kalian bisa login dengan username dan password yang telah disediakan.

memeriksa plagiat dengan turnitin
Kedua, setelah login kalian akan melihat halaman dasboard, Klik Launch untuk memulai pemeriksaan,

similarity dengan turnitin
Ketiga, untuk memudahkan kita sebaiknya kita membuat folder dengan cara klik Add Folder, dan beri nama foldernya sesuai keinginan kalian. Misalnya Skripsi, Jurnal atau yang lainnya. setelah di beri nama jangan lupa klik Add







Keempat, klik Setting untuk menentukan sumber apa saja yang akan digunakan dalam pengecekan plagiarisme, biasanya ini ditentukan oleh kebijakan masing-maisng instansi.





Kelima, klik Upload untuk mulai memeriksa skripsi/jurnal mahasiswa, kemudian klik select File atau drag and drop file skripsi mahasiswa


Keenam, input nama penulisnya, nama depan dan nama belakang, kemudian klik Confirm, dan tunggu proses upload sampai selesai.


Ketujuh, Setelah selesai upload biasanya turnitin akan memulai proses plagiarime dengan membandingkan beberapa sumber seperti yang telah saya sebutkan diatas.

setelah selesai biasanya akan muncul presentase dari 0-100% hasilnya.


lalu apakah tugas kita sudah selesai??

Secara umum sudah, namun diturnitin admin diberikan wewenang untuk bisa memberikan pendapatnya, sehingga dapat sedikit merubah hasil plagiarismenya, tentu saja dengan aturan yang berlaku. 

Apa yang harus dilakukan admin?

1. Memeriksa Bendera Merah

ya di turnitin ada bendera merah yang menandakan baik dan buruknya plagiarisme skripsi/jurnal, Bendera merah ini akan bernilai 1 apabila ada tanda-tanda yang janggal dalam skripsi, misalnya hiden text. 

Manusia yang diberikan akal pasti ada saja yang akan "mengakali"  agar tidak terdeteksi plagiarisme yang sering terjadi adalah memberikan huruf di bagian spasi dan warnanya di putihkan sehingga tidak terlihat.

Untuk memeriksanya bisa melihat nilai flag bernilai 1 atau 0, jika bernilai 1 klik dibagian flag maka akan muncul dibagian mana hiden text di letakkan.





Nah, kalau ada yang begini, biasanya langsung saya kembalikan kepada penulisnya untuk diperbaiki, karena sudah ada peringatan keras. meskipun persentasenya kecil dibawah standar yang telah ditentukan. disini bisa kita ambil kesimpulan bahwa kecilnya angka persen plagiat bukan berarti benar-benar bebas dari plagiat.

Karena teknologi dibuat oleh manusia dengan aturan tertentu, jika aturan itu tidak dipenuhi maka teknologi tidak bisa membaca. jadi tetep harus diperiksa oleh manusia yang faham karya ilmiah jika ingin akurat bebas plagiat.



Menurut turnitin jika bendera merah sudah bernilai 0, maka pemeriksaan bisa dilanjutkan.

2. Menghilangkan Kata-Kata Umum

Hal ini yang sering dikeluhkan oleh mahasiswa atau penulis adalah hal-hal yang umumpun terdeteksi sebagai plagiat, misalnya nama tempat, nama prodi, nama sekolah dan nama umum lainnya.

Untuk itu peran admin sangat diperlukan dalam hal ini untuk membantu menghilangkannya, caranya buka  klik file yang di upload tadi, klik overall similarity (diangka persennya).





Disini kita akan menghilangkan plagiat nama prodi dan fakultas karena itu adalah kata-kata umum, klik diangka yang tulisannya akan kita hilangkan, kemudian klik di EXCLUDE THIS TEXT, kemudian klik COMMOM WORDING, maka nama prodi dan fakultas tidak dianggap plagiat lagi.

Selain itu, ada juga untuk yang bisa di hilangkan seperti kutipan dengan cara klik CITED OR QUOTED MATERIAL dan yang lainnya.


Kemudian jika kita salah klik, dan ternyata itu adalah plagiat cara mengembalikannya, klik Similarity Exclusions, ini adalah kata-kata yang telah kita eksekusi.


Kemudian klik tanda mata, maka akan kembali seperti semula.


Setelah dihilangkan kata-kata umum biasanya bisa turun 3-4 %, lumayan membantu mahasiswa.

Cara membuat link agar mahasiswa bisa upload sendiri

Jika kalian adalah admin yang super sibuk, karena bukan ini saja tugas yang diberikan atasan, maka turnitin sudah menyediakan upload mandiri untuk para penulis, sehingga ini sangat efisien, dan membantu pada admin.

Agar mahasiswa bisa upload mandiri, admin harus menyiapkan link upload untuk mahasiswa, caranya adalah :

Sebelumnya kita telah membuat Folder, klik tanda kota untuk menandai  folder yang akan kita buat link dan klik menu Edit


Kemudian, atur tanggal sampai kapan link akan aktif, mau seminggu, sebulan, setahun atau bertahun-tahun terserah anda. kemudian kopy linknya, dan klik Save.



Bagikan link ke penulis atau mahasiswa yang akan memeriksa plagiarisme. berikut cara mahasiswa upload mandiri ke turnitin

Cara Upload Mandiri Ke Turnitin

  1. Siapkan skripsi kalian dalam bentuk word atau pdf
  2. Ubah kata kata “Daftar Pustaka” Menjadi References untuk sementara (agar daftar pustaka tidak dibaca plagiat oleh turnitin)
  3. Minta link turnitin ke admin, berikut ini merupakan tampilan untuk mengupload skripsi atau Jurnal mahasiswa
    4. Lengkapi data diatas dengan Nama Depan, nama Belakang dan email kamu, kemudian pilih File Upload untuk meng Upload Skripsi kamu, Jangan lupa centang persetujuan dan yang menyatakan kamu bukan robot.
    5. Setelah selesai upload konfirmasi ke admin  untuk diperiksa melihat hasil plagiat skripsi kamu,

Baca Juga : Cara Print Label CD Di Microsoft Word


Tips dan cara mengatasi plagiat di turnitin


Beberapa hal ini wajib kamu lakukan sebelum memeriksa plagiat kamu ke turnitin

Jangan Copy Paste Tulisan Penelitian Orang


Jangan lakukan ini, sekali lagi jangan lakukan! Hal ini pasti 100 persen akan terkena plagiat, ditulis sendiri pun masih bisa terdeteksi apalagi copy paste

Cantumkan Sumber


Jika kamu mengutip tulisan dari orang lain, pastikan kamu tuliskan sumbernya, jangan menuliskan tampa sumber ya! dan seperti saya katakan diatas tadi untuk kata “Daftar Pustaka” di ubah ke “References”.

Gunakan Kata-Kata Sendiri


Untuk membuat kata-kata sendiri kamu bisa mencari cara parafrases di internet, banyak sekali contoh-contohnya.

Jangan Lakukan Hiden Text

Turnitin memang hanya sebuah program pasti memiliki kelemahan, tapi sebagai akademisi sejati jangan pernah melakukan dengan cara yang tidak wajar, misalnya dengan memberikan huruf di antara spasi kemudian di samarkan dengan warna kertas, karena saat ini turnitin sudah bisa mendeteksi hiden text dengan memberikan tanda bendera merah dengan angka 1.

Translate Ke Bahasa Asing

Salah satu tips adalah dengan cara mentranslit ke bahasa lain kemudian translit lagi kebahasa indonesia.

Baik-baiklah sama Adminnya 

Baiklah untuk lebih jelasnya berikut ini kami buatkan juga video tutorial Cara Memeriksa plagiarisme similarity menggunakan turnitin, jangan lupa like dan subscribe ya...

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara