Skip to main content

11 Prospek Kerja Yang Menyenangkan Jurusan Administrasi Publik

prospek Kerja Administrasi Publik 


Jurusan Administrasi Publik merupakan salah satu ilmu yang tidak memiliki jalur karir secara khusus seperti dokter atau pengacara, apa yang harus dilakukan oleh lulusan sarjana Administrasi Publik setelah wisuda, berikut ini kami sajikan prospek kerja program studi Administrasi Publik.

Sebelum kita memasuki jenjang karir sebaiknya kita mengetahui dahulu apa itu Administrasi publik?

Administrasi Publik (dalam bahasa Inggris : Public Administration) atau Administrasi Negara merupakan suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari sebanyak 3 elemen penting mengenai kehidupan dalam bernegara, yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif, serta dengan berbagai macam hal yang memiliki kaitan dengan publik yang mana meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Untuk membantu memperjelas berikut ini kami mengumpulkan jenjang karir untuk lulusan administrasi publik,

1. Konsultan Pemerintah

Konsultan pemerintah sangat dibutuhkan saat ini untuk mengurai permasalahan-permasalahan yang muncul di pemeritnahan, Konsultan pemerintah diharapkan bisa memberikan solusi, menjadi konsultan pemerintah bisa mendapatkan gaji belasan juta rupiah perbulannya.

2. Staf Legislatif

Mengatur kebijakan dan bagaimana menerapkan kebijakan kepada masyararakat merupakan salah satu bidang yang dipelajari di jurusan administrasi publik.

Maka dari itu salah satu prospek kerja yang tepat untuk Administrasi Publik adalah menjadi staf legislatif

3. Aparat Pemerintah

Tidak diragukan lagi, jurusan administrasi publik banyak dibutuhkan untuk dijadikan aparat pemerintah diberbagai posisi, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat

4. Aktivits organisasi maysarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan lembaga yang secara sukarela mau memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, tanpa harus mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang dilakukan olehnya.
 
Kegiatan atau aktivitas yang biasanya dilakukan ialah membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat tertinggal, yang mana pada intinya membantu untuk membangun masyarakat sehingga bisa hidup dengan ideal, sesuai dengan hukum yang berlaku.
 
Sama halnya dengan organisasi masyarakat atau yang biasa disebut dengan nama ormas. Organisasi masyarakat merupakan organisasi yang dibentuk dan dijalankan dengan memiliki basis terhadap masyarakat, yang mana tak memiliki tujuan politis dan dibentuk atas dasar dari beberapa kesamaan kepentingan di dalam suatu bidang, seperti contohnya pada bidang agama, pendidikan atau sosial masyarakat.
 
Dengan adanya LSM, dana organisasi kemasyarakatan yang perlu dijalankan dengan suatu struktur organisasi yang baik, mampu menjadi prospek kerja yang bagus untuk lulusan Administrasi Negara.
 
Lulusan dari Administrasi Negara ini banyak dibekali oleh bagaimana yang mampu menjadikan masyarakat lebih ideal dengan suatu bentuk kebijakan yang efektif, yang mana tepat untuk mengisi LSM atau suatu organisasi masyarakat yang jauh lebih aktif dan produktif. Keproduktifan dari lulusan jurusan inilah yang mana mampu membawa lulusan tersebut menjadi seorang aktivis.

5. Anggota Partai Politik

Salah satu cara agar ilmu administrasi publik tersalurkan, menjadi anggota partai politik tentu harus bisa paham betul dan mengerti bagaimana pola pemerintahan yang digeluti di negara Indonesia ini.

Dengan cara terlibat aktif di dalam mewujudkan visi dan misi kebangsaan melalui partai politik, tentu menjadi salah satu prospek kerja untuk lulusan administrasi negara dengan menjadi anggota ataupun aktivis di dalam suatu partai politik.

6. Jurnalis

Jurusan administrasi publik dalam perkuiahan juga dituntut untuk dapat menganalisis suatu masalah kemudian melaporkannya, tentu sebagai lulusan administrasi publik harus lebih peka terhadap isu-isu terkini yang dihadapi pemerintah.

oleh karena itu lulusan administrasi publik juga dapat menjadi seorang jurnalis yang handal karena sudah dibekali dengan berbagai ilmu ditambah mengerti tentang bagaimana menganalisis data yang akurat dan tepat.

7. Dosen

Dengan menguasai Ilmu Pemerintahan, salah satu prospek karir di prodi administrasi publik adalah sebagai pentransfer ilmu kepada orang lain, dengan tujuan yang sangat mulia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan merupakan salah satu prospek yang sangat menjanjikan.

8. Pegawai BUMN

Tidak hanya di sektor pemerintahan saja, lulusan Administrasi Publik ini juga bisa bekerja di perusahaan yang mana banyak diantaranya terpakai di BUMN.
 
Karena memang BUMN itu perusahaan milik pemerintah, di mana akan begitu banyak hubungan bersama dengan pemerintah seperti halnya pajak dan lain sebagainya, maka kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Administrasi Negara ini bisa bekerja di sektor keuangan dan perpajakan perusahaan BUMN.

9. Direktur Eksekutif

Karier administrasi publik ini adalah jenis CEO dari grup nirlaba. Mereka mengepalai advokasi, penggalangan dana, dan tugas sipil lainnya yang terkait dengan peran tersebut. Biasanya dipilih oleh dewan organisasi nirlaba, mereka ditugaskan untuk menjalankan seluruh organisasi.

10. Peneliti

 
Dalam pemerintah tentu timbul berbagai macam permasalahan yang dihadapi. khususnya permasalahan-permasalahan sosial sebagai salah satu sasaran inti dari sistem pemerintahan. untuk mengasi permaslahan-permasalahan tersebut staff ahli pemerintah tentu membutuhkan bentuk riset atau penelitian yang berguna untuk memecahkan masalah atau untuk mengevaluasi kinerja.
data dari penelitian bisa dijadikan dasar perbaikan yang sangat akurat demi kemajuan suatu pemerintahan.
 
Dikarenakan cakupan pemerintah itu memang sangat luas, baik mencakup suatu kecamatan, kelurahan, daerah, kabupaten, provinsi, hingga negara, maka penelitian yang dilakukan tersebut biasanya berjalan atau berlangsung dengan besar-besaran. Semua itu dilakukan agar roda pemerintahan bisa berjalan secara berkesinambungan di dalam setiap lapisnya.
 
Tentu ia akan membutuhkan asisten peneliti untuk melakukan berbagai macam riset tersebut. Lulusan Administrasi Publik yang sudah dibekali teori pemerintahan yang baik, akan sangat tepat untuk bisa mengisi posisi yang satu ini.

11. Bekerja di Lembaga Keuangan

Lulusan Administrasi Publik juga memiliki prospek yang cukup bagus untuk bisa bekerja di lembaga keuangan, contohnya di Bank. Saat ini, Bank di negara Indonesia terus berkembang dan banyak sekali membutuhkan karyawan yang kompeten untuk bisa mengisi sektor keuangan.
 
Pada dasarnya, apa yang sudah dipelajari di program studi Administrasi Negara juga mempelajari keuangan, sehingga akan tak jauh berbeda dalam masalah penanganannya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara