Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tips Memilih Kampus dan Jurusan Kuliah Yang Tepat!! Awas! Jika Salah Pilih bisa Berakibat Fatal!

Artikel saya kali ini akan membahas tentang Tips Memilih Kampus dan Jurusan Kuliah Yang Tepat!! Awas! Jika Salah Pilih bisa Berakibat Fatal!.

Para siswa yang sedang duduk di kelas XII pasti sedang heboh untuk menentukan dimana mereka akan kuliah dan jurusan apa yang akan mereka ambil.

Banyak pilihan tentunya. Dan passion masing-mereka tentu beragam.

Saya yakin, ada sebagian yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri, namun banyak pula yang sedang memburu kampus-kampus negeri favorit mereka.

Tentu, ada juga sebagian lagi yang berencana melanjutkan kuliahnya di universitas swasta.

Jika kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, maka pastikan kamu mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan dan juga tulisan dengan melapirkan sertifikat TOEFL dengan skor yang ditentukan masing-masing kampus tujuan kamu.

Jika kamu ingin melanjutkan ke universitas negeri seperti UI, ITB, IPB, UGM dan yang lainnya, tentu kamu harus sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk bertempur dan menaklukakkan soal-soal ujian masuk universitas negeri tersebut.

Selain itu, kamu harus mengenali dirimu, dan tentu saja kamu harus mengenali lawanmu.

Apa maksudnya sih?

Kamu harus paham betul dengan kemampuan dirimu dalam menyelesaikan sola-soal yang biasa diujikan ketika ujian masuk universitas.

Bagaimana caranya?

Biasanya, kamu akan mengetahuinya dengan mengikuti try out ataupun dengan mengerjakan sendiri soal-soal tersebut, kemudian kamu melihat dan menjumlahkan hasil benar dan salah dari soal-soal yang telah kamu jawab.

Apakah jawaban benar kamu melampaui passing grade yang ditetapkan oleh jurusan di kampus idaman kamu itu?

Jika ya, maka saya sarankan kamu terus belajar dan semakin giat berlatih soal-soal yang beragam agar pada saat mengikuti ujian masuk universitas negeri yang sesungguhnya, kamu benar-benar menaklukkannya.

Namun jika hasilnya sangat jauh dari passing grade yang ditetapkan oleh jurusan kampus idaman kamu itu, maka menurut saya sebaiknya kamu berpikir ulang untuk mengambil jurusan di kampus tersebut.

Kamu dapat tetap mengambil jurusan kuliah idaman kamu, namun dengan mencari alternatif kampus lain yang passing grade nya lebih rendah dibanding sebelumnya.

Tujuannya apa?

Agar peluang lulusnya kamu terbuka lebih lebar.

Lalu, bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat?

1. Tanya hatimu dengan kepala dingin, apa hobi, bakat dan passion kamu.

Jika kamu sangat menyukai dunia masak memasak, maka kamu bisa ambil kuliah tata boga. Namun, jika kamu sangan mencintai coding ataupun programming, kamu dapat mengambil jurusan ilmu komputer.

2. Jangan ikut-ikutan teman atau sekedar gaya-gayaan dan karena ego dan gengsi

Jangan sesekali kamu mengambil jurusan dan kampus dimana kamu akan kuliah karena ikut-ikutan oleh teman atau sekedar untuk gaya-gayaan dan mengikuti ego dan gengsi semata. 

Karena, jika itu terjadi dan kamu sebenarnya tidak menyukainya, maka akan berakibat fatal ditengah jalan proses belajar kamu di bangku kuliah.

Kemungkinan kamu akan merasa bosan dan tidak bergairah dalam menjalankan hari-harimu di dunia kampus tersebut. Dan tentu itu akan berakibat fatal dan kurang baik untuk dirimu.

3. Jangan memilih jurusan karena paksaan orang tua

Segala yang dipaksa dan terpaksa tentu tidak baik. Bagaimana jika orang tua kamu ingin kamu kuliah di jurusan kedokteran sementara kamu menyukai jurusan seni musik?

Tentu pelan-pelan kamu harus menjelaskan kepada mereka dengan cara yang baik dan santun.

Bagaimana jika tidak berhasil?

Jika orang tua kamu belum luluh ketika kamu menyampaikan isi hati kamu tentang jurusan dan kamupus mana yang kamu sukai sesuai minat dan bakat kamu, maka mintalah seseorang yang dapat menjadi penengah untuk menyampaikannya kembali kepada orang tua kamu.

Penengah itu dapat berupa kakak, abang, om, pak de, bu de, kakek, nenek, ataupun yang lainnya.

Tentu, kamu harus benar-benar bertanggungjawab penuh dengan pilihan dimana kamu akan kuliah kelak.


Jangahn sampai mengecewakan orang tua kamu, ya!

Nah, sahabat!

Itulah tadi Tips Memilih Kampus dan Jurusan Kuliah Yang Tepat!! Awas! Jika Salah Pilih bisa Berakibat Fatal!.

Semoga bermanfaat ya!




Post a Comment

0 Comments