Skip to main content

Resep Nasi Uduk/Nasi Lemak (Rice cooker) dan Ceritanya! Just Try & Taste yah Guys!

resep nasi uduk
foto : kumparan

Kali ini, saya akan berbagi Resep Nasi Uduk/Nasi Lemak (Rice cooker) dan Ceritanya! Just Try & Taste yah Guys!.

Sudah beberapa hari ini aku pengen banget makan nasi uduk, atau di Medan biasa orang menyebutnya nasi lemak. Biasanya, setiap pagi ada banyak warung lontong yang juga menjual nasi uduk atau nasi lemak.

Entah kenapa, aku merasa nasi uduk atau nasi lemak yang aku beli tadi pagi rasanya kurang nendang, alias kurang enak menurut lidahku.

Hingga akhirnya, aku memutuskan untu membuat sendiri nasi uduk atau nasi lemak sesuai dengan seleraku. 

Yummy sekali, enak jiwaaaa!

Jadi di hari jumat, aku sudah mempersiapkan semua bahan yang kubutuhkan untuk memasak nasi uduk di hari sabtu pagi.

Kali ini, aku ingin memasak nasi uduk yang nikmat tetapi simpel alias gak repot-repot amat.

Maka, aku putuskan untu memasak nasi uduknya di rice cooker aja.

Ternyata rasanya sesuai dengan ekspektasiku, mantap jiwa banget!

Kalian boleh coba sendiri di rumah, tetapi memang, untuk memasak nasi uduk, kalian harus memberi santan yang sedikit kental. 

Jika kamu memasaknya dengan santan encer, maka nasi uduk kamu tidak akan terasa lemak dan gurih, hingga dikhawatirkan kamu akan kurang puas dengan hasilnya.

Untuk lebih gampangnya, kamu dapat memasukkan santan dengan takaran sama seperti ketika kamu biasa memasak nasi dengan menggunakan air.

Selain itu, toping yang beragam juga mendukung kenikmatan nasi uduk buatan kamu loh. 

Aku suka banget makan nasi uduk dengan sambal teri medan yang dicampur kacang tanah, kemudian juga kerupuk udang, dan juga mi goreng dan juga bawang goreng.

Terkadang aku juga menyediakan ayam goreng dan sambal terasi untuk menemani sang nasi uduk hingga akhirnya mendarat sempurna hingga ke mulut.

Baiklah temans, kali ini aku akan berbagi resep nasi uduk andalan keluarga kami, namun kali ini masaknya di rice cooker yah!


Pokoknya, just try & taste yah guys! you must try!


Bahan-Bahan yang digunakan:

500 gram beras putih

500 gram santan yang agak kental

5 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

2 batang serai yang sudah dimemarkan

3 lembar daun pandan yang sudah disimpul

5 cm lengkuas yang sudah dimemarkan

1/2 sendok makan garam

penyedap rasa jika suka (optional)

bawang goreng 


Cara memasak:

1. cuci bersih beras 
2. cuci bersih semua bahan 
3. masukkan beras kedalam wadah rice cooker
4. masukkan santan
5. masukkan semua bahan yang diperlukan kecuali bawang goreng
6. masukkan panci ke dalam rice cooker, lalu pilih atau tekan tombol cook atau masak
7. Aduklah nasi sesekali dan tunggu hingga matang

8. Hidangkan dengan taburan bawang goreng ataupun topping lainnya sesuai selera.

Saran saya, sebaiknya kamu makan nasi uduk dengan teri medan yah guys, karena emang sambal teri medan yang dicampur kacang tanah itu rasanya juara banget loh!

Intinya, proses dan cara memasak nasi uduk atau nasi lemak di rice cooker sebenarnya sama dengan memasak nasi biasa pada umumnya.

Hanya saja, ketika kita memasak nasi uduk, kita tidak menggunakan air, melainkan santan.

Selain itu, untuk membuat nasi uduk, kita juga membutuhkan beberapa bahan-bahan lainnya.

Sementara untu memasak nasi putih biasa, kita hanya membutuhkan air saja ya kan guys!

Bagaimana?


Cara memasak nasi uduknya cukup mudah dan simpel kan!


Selamat mencoba, semoga bermanfaat!






Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara