Resep dan Cara Membuat/Memasak Sambal Teri Medan Renyah Kriuk

resep sambel teri

Siapa sih yang tidak suka dengan masakan yang satu ini? Yah, benar sekali, sambal teri medan. Kali ini saya akan berbagi Resep dan Cara Membuat/Memasak Sambal Teri Medan Renyah Kriuk.

Ikan teri atau biasa dikenal dengan sebutan teri medan merupakan salah satu jenis ikan yang berukuran kecil namun memiliki rasa asin gurih yang nikmat.

Ikan teri favoritku adalah ikan teri nasi dan ikan teri belah.

Ukuran ikan teri belah biasanya lebih besar dari pada teri nasi. Tetapi untuk rasanya, tetap juara dong!

Biasanya, teri belah saya masak dengan menggunakan irisan bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai rawit ataupun cabai merah.

Sementara untuk memasak teri nasi sendiri, saya biasanya memasaknya dengan bumbu yang telah dihaluskan.

Tetapi, tidak jarang juga saya memasak ikan teri nasi dengan nama masakan ikan teri jos.

Ikan teri jos akan terasa lebih nikmat jika kita memasaknya dengan memberikan cabai yang banyak, sehingga terasa sangat pedasnya.

Selain itu, saya memasak teri jos biasanya dengan perpaduan bumbu halus dan juga bumbu iris yang kemudian ditambahkan air dan juga bahan lainnya.

Nah, membayangkannya saja sudah mampu membuat perut keroncongan yah sahabat!

Baiklah, kali ini saya akan membagikan resep cara membuat atau memasak sambal teri medan yang renyah dan kriuk.

Ikan teri yang saya gunakakan untuk resep ini adalah ikan teri nasi yah sahabat.

Biasanya, kami menyebutnya denga istilah sartika, yaitu sambal teri kacang.

Sambal teri kacang sangat cocok sekali menjadi bekal anak-anak ketika ingin pergi camping yah, sahabat.

Kenapa?

Karena sambal teri medan atau sambal teri kacang bisa awet dan tahan sampai beberapa hari.

Sebaiknya, jangan gunakan tomat jika tetap ingin sambal terinya tetap renyah kriuk alias tidak melempem atau amam yah sahabat!

Oh iyah, bagi yang masih bingung dengan istilah ikan teri nasi, akan saya beri gambarannya sedikit deh.

Ikan teri nasi biasanya berwarna putih dan berukuran kecil yah sahabat.

Well, ini dia resep dan cara membuat/memasak sambal teri medan renyah kriuk.


Bahan-bahan yang digunakan:

1/4 kg ikan teri nasi

1 ons kacang tanah (boleh ditambah, dikurangi, atau di skip sesuai selera)

1 ons cabai merah

3 siung bawang putih

1/2 sendok teh gula putih

5 sendok makan minyak goreng untuk menghaluskan cabai dan bawang dalam blender

minyak goreng 


Cara memasak:

1. Cuci ikan teri, lalu goreng hingga matang

2. Cuci kacang tanah, kemudian goreng hingga matang

3. Haluskan cabai dan bawang. Jika menggunakan blender, sebaiknya kamu gunakan minyak goreng untuk menghaluskannya dalam blender. Jangan gunakan air, ya!

4. Tumis bumbu halus yang terdiri dari cabai dan bawang merah hingga matang

5. Masukkan gula putih

6. Masukkan teri dan kacang tanah yang sudah digoreng

7. Koreksi rasa

8. Sambal teri kacang sudah siap disajikan


Gimana? Mudahkan?

Kalau kamu anak Medan, pasti tahu banget pasangan emas sambal teri kacang ini apa dong ya!

Yupz, benar sekali sahabat!

Sambal teri kacang sangat cocok dipadukan dengan sayur daun ubi tumbuk sebagai lauk makan kita.

Masyarakat Medan dan sekitarnya biasa menyebut daun singkong dengan nama daun ubi.

Duh, rasanya udah gak tahan banget ngebayangin nikmatnya perpaduan anatara sambal teri kacang dengan daun ubi tumbuk yah sahabat. 

Apalagi jika dilengkapi lagi dengan sambal terasi yah, pasti makin mantabh jiwa dong!

Selamat mencoba, ya!


Semoga bermanfaat!






0 Response to "Resep dan Cara Membuat/Memasak Sambal Teri Medan Renyah Kriuk"