Skip to main content

7 Cara Meningkatkan Kosa Kata (Vocabulary) Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Kosa kata bahasa inggris

Pada artikel kali ini, saya akan menulis tentang 7 Cara Meningkatkan Kosa Kata (Vocabulary) Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing di negara kita, Indonesia tercinta. Lain halnya di Malaysia dan India. 

Di kedua negara tersebut, Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa asing, melainkan bahasa kedua yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari selain menggunakan bahasa utama mereka (first language).

Banyak orang beranggapan bahwa mempelajari bahasa inggris itu sulit. Maka dari itu, saya mencari informasi tentang kesulitan apa saja yang biasanya mereka temui ketika belajar bahasa inggris.

Beberapa dari mereka menyatakan kesulitan untuk mengucapkan kata dalam bahasa inggris dengan baik dan benar, sebahagian lain menyatakan bahwa mempelajari grammar atau tata bahasa dalam bahasa inggris itu sangat membingungkan.

Namun, hampir semua sepakat bahwa kurangnya penguasaan kosa kata bahasa inggris adalah masalah utama yang membuat mereka sulit untuk mengungkapkan atau menyatakan sesuatu dalam bahasa inggris.

Berdasarkan alasan tersebut, maka saya menulis artikel ini. Sebuah artikel yang diharap dapat membantu orang-orang yang mengalami masalah kurangnya kosa kata bahasa inggris ketika mereka sedang berbicara atau menulis dengan menggunakan bahasa tersebut.

Inilah 7 Cara Meningkatkan Kosa Kata (Vocabulary) Bahasa Inggris.


1.      Bangun Kebiasaan Membaca

Sebaiknya, kamu harus membiasakan diri untuk membaca sesuatu yang ditulis dengan menggunakan bahasa inggris.

Saya rasa, membaca artikel, novel, atau majalah bahasa inggris merupakan ide yang bagus untuk membantu kamu meningkatkan perbendaharaan kosa kata (vocabulary) bahasa inggris kamu.

 

2.     Jadikan Kamus Sebagai Sahabat

Jangan membayangkan bahwa kamu harus membawa kamus yang berukuran besar dan tebal kemanapun kamu pergi atau dimanapun kamu berada. Karena itu sangat merepotkan.

Tetapi, jika itu adalah sebuah kamus pocket, atau kamus saku yang biasanya berukuran lebih kecil, saya rasa itu masih lebih memungkinkan.

Namun, saya rasa akan lebih baik jika kamu mengunduh aplikasi kamus bahasa inggris di handphone kamu.

Itu sangat membantu kamu untuk segera mencari dan mendapatkan arti dari kosa kata (vocabulary) baru yang kamu temukan.

Tentu lebih praktis dan tidak bikin ribet kan!.


3.       Biasakan Nonton Sesuatu yang Menggunakan Bahasa Inggris

Banyak acara berita apalagi film yang menggunakan bahasa inggris. Hobi nonton kamu bisa membantumu untuk belajar bahasa inggris dengan lebih menyenangkan, salah satunya ketika kamu sedang berusaha meningkatkan kosa kata bahasa inggris kamu.

Biasanya, kamu akan mendapatkan beberapa kosa kata baru ketika menonton film atau menonton berita. Sebaiknya, kamu mencatat kata-kata baru tersebut, dan kemudian carilah artinya di kamus.

Keuntungan lainnya adalah, dengan menonton film, berita ataupun lainnya, kamu dapat mendengar dan melihat langsung sang native speaker berbicara dengan bahasa inggris.

Tentu mereka berbicara dengan menggunakan bahasa imnggris yang fasih karena itu merupakan bahasa utama mereka (first language).

4.       Mendengarkan Musik

Jika kamu adalah seorang yang suka music, hal ini adalah sesuatu yang sangat baik. 

Kenapa? 

Karena, kamu dpat memilih lagu-lagu yang menggunakan bahasa inggris sebagai salah satu media untuk kamu meningkatkan kosa kata bahasa inggris kamu.

Jika kamu kamu menemukan kosa kata (vocabulary) yang baru, segeralaha cari artinya di kamus dan usahakanlah untuk terus mengingatnya.

Bagaimana caranya?

Ayo kita lanjut pada poin ke 5 untuk mengetahuinya!


5.      Gunakan Kosa Kata Baru tersebut ketika berbicara dalam Bahasa Inggris

Dengan melakukan praktek langsung, maka lama kelamaan kamu akan terbiasa dengan kosa kata baru tersebut, hingga akhirnya kamu akan mengingatnya terus.

Jangan malu berbicara bahasa inggris, mulailah sedini mungkin untuk hasil yang lebih baik.

Ajaklah teman, guru, bahkan orang tuamu untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris untuk mendukung keberhasilanmu belajar bahasa inggris, khususnya dalam hal meningkatkan kosa kata bahasa inggris.

6.      Carilah Sinonim dan Antonym Kata

Carilah sinonim (persamaan kata) dan juga antonym (lawan kata) dari kosa kata yang telah kamu kuasai.

Dengan mencari persamaan dan lawan kata, maka perbendaharaan atau kosa kata bahasa inggris kamu akan bertambah.

Karena, dalam satu kata, bisa saja memiliki sebuah sinonim dan antonym, bahkan bisa lebih.

7.      Bermain Games

Umumnya, anak-anak akan suka dengan sesuatu yang berkaitan dengan games atau permainan. Games merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kosa kata bahasa inggris, khususnya untuk anak-anak.

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara