Tips Cara Kiat Dan Resep Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Asi

Meningkatkan Kualitas Asi
Foto : https://dinkes.bulelengkab.go.id/


Saya yakin semua orang pasti setuju bahwa ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan dan minuman terbaik bagi bayi. Terutama bagi bayi yang berusia 0 hingga 6 bulan. Karena, kandungan ASI yang lengkap dan paling sesuai untuk system pencernaan dan tumbuh kembang bayi. Apalagi, jika sang bayi memiliki riwayat alergi susu, terutama pada susu sapi

Kalau tidak percaya, boleh kita cek di beberapa merk susu formula yang ada di jual di beberapa apotek atau super market, pasti terlampir keterangan bahwa ASI adalah makan dan minuman yang terbaik bagi bayi.

Namun, memberi ASI tidaklah semudah yang dibayangkan orang-orang, terutama para suami. Memberi ASI memiliki banyak tantangannya sendiri. Ketika sang ibu memberi ASI, sudah pasti akan berkurang waktu tidur dan istirahat, karena biasanya sang bayi akan terus berulang-ulang ingin diberi ASI. 

Kabar baiknya, ketika memberi ASI, bonding antara sang bayi dengan ibunya akan terbentuk dengan sendirinya. Dan sang bayi tentu akan semakin nyaman dan merasa aman dalam pelukan sang ibu ketika sedang diberi ASI.

Namun, banyak ibu yang gagal memberi ASI bagi anaknya selama 2 tahun penuh. Tetapi yang paling membuat saya sedih adalah, ketika sang bayi tidak mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan pertamanya hadir di dunia ini. Mengapa? Karena memang ASI lah yang sangat dibutuhkan bayi untuk makan dan minumnya terutama selama usia 0 hingga 6 bulan.

Ada berbagai alasan seorang wanita gagal memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama usia bayinya, salah satunya ialah kuantitas atau jumlah ASI yang sedikit.

So, disini saya akan berbagi pengalaman kiat sukses mendapatkan ASI melimpah dan berkualitas.

 1)      Istirahat yang cukup

Mintalah suami anda untuk memijat punggung anda dengan ringan dan lemah lembut. Tentu ini sangat efektif karena dapat membuat sang busui lebih rileks dan bahagia, sehingga ASI dapat keluar dengan baik.

seorang ibu, mertua, terutama suami harus paham bahwa seseorang pasca melahirkan telah mengeluarkan banyak energy dan cairan (darah). Kondisi mereka masih sangat lemah, ditambah lagi harus bergadang dan memberi ASI bagi sang bayi yang baru lahir. Sehingga, mereka butuh ketenangan dan kenyamanan, dan tentu saja butuh istirahat. Jangan sampai membuat emosinya naik hingga menyebabkan baby-blues, karena akibatnya sangat tidak baik bagi psikologis sang ibu dan itu akan berdampak kurang baik bagi bayi dan keluarga anda.

2)      Makan makanan yang bergizi 

       Dengan memakan makanan yang bergizi akan membantu menambah kualitas ASI tentu saja makanan seimbang yang memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna

3)      Perbanyak minum air putih dan juga jus

Mminum air putih dan jus juga dapat membantu memproduksi ASI lebih banyak, jadi seringlah minum air putih 

4)      Minumlah susu khusus untuk ibu menyusui

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI adalah dengan mengkonsumsi susu, di pasaran sangat banyak susu khusus untuk ibu menyusui

5)      Konsumsi kacang-kacangan

6)      Jadikan kurma sebagai cemilan wajib

7)      Habbatussauda juga dapat meningkatkan kuantitas ASI

8)      Buah papaya, daun dan juga bunga papaya juga sangat efektif untuk menambah jumlah ASI

9)      Tentu saja daun katuk. Sayur yang satu ini sudah dipercaya dari zaman dulu dapat meningkatkan jumlah ASI

10)  Hindari stress.

Stress akan berdampak buruk bagi busui, karena dapat menghambat kuantitas ASI, hingga ASI menjadi sedikit. Akibatnya, sang bayi akan rewel.

11)  Memijat punggung


0 Response to "Tips Cara Kiat Dan Resep Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Asi"