Skip to main content

Kesulitan yang dihadapi ketika belajar bahasa inggris, dan tips memilih kamus Bahasa Inggris yang Baik


Zaman Now gini, siapa sih yang tidak ingin dapat berbicara menggunakan bahasa inggris dengan baik, lancar bagai air mengalir? Tentu, semua itu tidak didapat dengan cara instan.

Namun, pada umumnya, siswa siswi di sekolah sering merasa bahwa belajar bahasa inggris itu sangat membosankan dan sebagian lainnya merasa kesulitan untuk memahami berbagai rumus-rumus berbentuk present atau past tense juga yang lainnya.

Jadi, apa saja yah sebenarnya alasan atau faktor yang membuat para siswa ini sering merasa bosan ketika berada di kelas bahasa inggris?

Berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya ada beberapa hal yang membuat saya merasa bosan di kelas bahasa inggris. Dan bisa saja, beberapa siswa lainnya juga pernah merasakannya.

1.      Bosan karena harus selalu mengerjakan soal grammar yang itu-itu saja

2.      Tidak mengerti arti kalimat yang sedang dibaca

3.      Kesulitan menjawab soal yang diberikan oleh guru karena tidak memahami penjelasan gurunya

Hmm menurut saya, penggunaan grammar atau tata bahasa dalam setiap kalimat yang diucapkan sangatlah penting, namun, yang tak kalah penting juga adalah penguasaan kosa kata bahasa inggris yang baik.

Menurut saya, belajar grammar itu harus real dan menyenangkan, sehingga para siswa dapat lebih mudah memahami dan mengaplikasikannya dalam mengucapkan kalimat bahasa inggris. Karena berdasarkan pengalaman saya, guru lebih mengutamakan agar siswa dapat mengerti rumus-rumus tenses dari pada siswa dapat memahami bagaimana dan kapan menggunakan tenses dalam bahasa inggris itu dengan baik dan benar.

Dan itu sering kali dirasa mebingungkan dan membosankan, karena melihat begitu bnyaknya rumus tenses.

Nah disini, saran saya agar para pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan media untuk mengajar. Sehingga para siswa dapat lebih mudah dalam memahami dan mengaplikasikan apa yang guru jelaskan.

Selain itu, sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang harus kita perhatikan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kita, seperti bagaimana cara mengucapkan kata dalam bahasa inggris yang baik dan benar, dan juga cara mengatasi jika kita lupa atau tidak ingat dengan kata bahasa inggris yang kita ingin kita gunakan dalam pembicaraan.

Namun, pada kenyataannya, ketika berada di dalam kelas, para siswa lebih banyak mendengarkan (listening), dari pada berbicara (speaking). Karena, mendengarkan dirasa lebih aman dari pada harus berbicara (dalam bahasa inggris).

Mungkin saja itu dikarenakan oleh ketidak percayaan diri siswa tersebut. Atau ia merasa takut salah dan terbata-bata ketika sedang berbicara dalam bahasa inggris. Sehingga, disini sangat diperlukan untuk guru, agar memberikan pelajaran yang seimbang antara listening, speaking, reading dan writing.

Berdasarkan pengalaman saya, lack of vocabulary atau kurangnya penguasaan vocabulary sangat menyulitkan saya untuk memahami tulisan-tulian dalam bahasa inggris. Tidak hanya itu, terlebih lagi saya juga kesulitan dalam memahami ucapan seseorang dalam bahasa inggris.

Sehingga, jika kita ingin master in vocabulary, rajin-rajinlah membuka kamus, baik dari kamus beneran, atau kamus yang ada di smart phone kita.

Disini, saya sangat menganjurkan untuk menggunakan kamus Cambridge Advanced Learner’s Dictionary atau bias juga menggunakan kamus Oxford Dictionary.

Kenapa?

Karena pada kedua kamus tersebut, kita dapat menemukan cara pengucapan dalam bahasa inggris yang baik (pronunciation), tapi, tentunya pada kedua kamus ini kamu tidak akan menemukan bahasa Indonesia sama sekali. Hal ini dikarenakan kamus-kamus ini menggunakan bahasa inggris yang penjelasannya juga dalam bahasa inggris juga.

Namun, jika kamu masih benar- benar pemula, dan membutuhkan kamus terjemahan Indonesia-Inggris atau Inggris-Indonesia, saya sangat merekomendasikan kamus dari John M. Echols dan Hassan Shadily. Namun, tentu saja untuk cara pengucapan, kalian harus tetap kembali pada kedua kamus diatas, yaitu kamus Oxford dictionary dan juga kamus Cambridge Advanced Learner’s Dictionary.

 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara