Kesulitan yang dihadapi ketika belajar bahasa inggris, dan tips memilih kamus Bahasa Inggris yang Baik


Zaman Now gini, siapa sih yang tidak ingin dapat berbicara menggunakan bahasa inggris dengan baik, lancar bagai air mengalir? Tentu, semua itu tidak didapat dengan cara instan.

Namun, pada umumnya, siswa siswi di sekolah sering merasa bahwa belajar bahasa inggris itu sangat membosankan dan sebagian lainnya merasa kesulitan untuk memahami berbagai rumus-rumus berbentuk present atau past tense juga yang lainnya.

Jadi, apa saja yah sebenarnya alasan atau faktor yang membuat para siswa ini sering merasa bosan ketika berada di kelas bahasa inggris?

Berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya ada beberapa hal yang membuat saya merasa bosan di kelas bahasa inggris. Dan bisa saja, beberapa siswa lainnya juga pernah merasakannya.

1.      Bosan karena harus selalu mengerjakan soal grammar yang itu-itu saja

2.      Tidak mengerti arti kalimat yang sedang dibaca

3.      Kesulitan menjawab soal yang diberikan oleh guru karena tidak memahami penjelasan gurunya

Hmm menurut saya, penggunaan grammar atau tata bahasa dalam setiap kalimat yang diucapkan sangatlah penting, namun, yang tak kalah penting juga adalah penguasaan kosa kata bahasa inggris yang baik.

Menurut saya, belajar grammar itu harus real dan menyenangkan, sehingga para siswa dapat lebih mudah memahami dan mengaplikasikannya dalam mengucapkan kalimat bahasa inggris. Karena berdasarkan pengalaman saya, guru lebih mengutamakan agar siswa dapat mengerti rumus-rumus tenses dari pada siswa dapat memahami bagaimana dan kapan menggunakan tenses dalam bahasa inggris itu dengan baik dan benar.

Dan itu sering kali dirasa mebingungkan dan membosankan, karena melihat begitu bnyaknya rumus tenses.

Nah disini, saran saya agar para pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan media untuk mengajar. Sehingga para siswa dapat lebih mudah dalam memahami dan mengaplikasikan apa yang guru jelaskan.

Selain itu, sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang harus kita perhatikan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kita, seperti bagaimana cara mengucapkan kata dalam bahasa inggris yang baik dan benar, dan juga cara mengatasi jika kita lupa atau tidak ingat dengan kata bahasa inggris yang kita ingin kita gunakan dalam pembicaraan.

Namun, pada kenyataannya, ketika berada di dalam kelas, para siswa lebih banyak mendengarkan (listening), dari pada berbicara (speaking). Karena, mendengarkan dirasa lebih aman dari pada harus berbicara (dalam bahasa inggris).

Mungkin saja itu dikarenakan oleh ketidak percayaan diri siswa tersebut. Atau ia merasa takut salah dan terbata-bata ketika sedang berbicara dalam bahasa inggris. Sehingga, disini sangat diperlukan untuk guru, agar memberikan pelajaran yang seimbang antara listening, speaking, reading dan writing.

Berdasarkan pengalaman saya, lack of vocabulary atau kurangnya penguasaan vocabulary sangat menyulitkan saya untuk memahami tulisan-tulian dalam bahasa inggris. Tidak hanya itu, terlebih lagi saya juga kesulitan dalam memahami ucapan seseorang dalam bahasa inggris.

Sehingga, jika kita ingin master in vocabulary, rajin-rajinlah membuka kamus, baik dari kamus beneran, atau kamus yang ada di smart phone kita.

Disini, saya sangat menganjurkan untuk menggunakan kamus Cambridge Advanced Learner’s Dictionary atau bias juga menggunakan kamus Oxford Dictionary.

Kenapa?

Karena pada kedua kamus tersebut, kita dapat menemukan cara pengucapan dalam bahasa inggris yang baik (pronunciation), tapi, tentunya pada kedua kamus ini kamu tidak akan menemukan bahasa Indonesia sama sekali. Hal ini dikarenakan kamus-kamus ini menggunakan bahasa inggris yang penjelasannya juga dalam bahasa inggris juga.

Namun, jika kamu masih benar- benar pemula, dan membutuhkan kamus terjemahan Indonesia-Inggris atau Inggris-Indonesia, saya sangat merekomendasikan kamus dari John M. Echols dan Hassan Shadily. Namun, tentu saja untuk cara pengucapan, kalian harus tetap kembali pada kedua kamus diatas, yaitu kamus Oxford dictionary dan juga kamus Cambridge Advanced Learner’s Dictionary.

 

0 Response to "Kesulitan yang dihadapi ketika belajar bahasa inggris, dan tips memilih kamus Bahasa Inggris yang Baik"