Skip to main content

Penting !! Membangun Kepercayaan Bisnis Menggunakan Email Profesional

Dalam dunia bisnis email adalah suatu kebutuhan mendasar, email merupakan salah satu alat untuk berkomunikasi, mengirim file, transfer file baik sesama karyawan maupun mitra bisnis. Meskipun saat ini banyak sekali media yang dapat digunakan untuk sharing data seperti whatapp, telegram dan lain-lain. Namun untuk instansi atau perusahaan mengirim melalui email lebih terlihat profesional.
Membangun kepercaan  bisnis dengan email profesional


Secara umum kita mengetahui banyak sekali yang telah menyediakan email seperti gmail, yahoo , dan lain-lain. Bahkan mereka memberikan dengan Cuma-Cuma hanya dengan mendaftar kan diri secara untuk membuat sebuah email.
Namun dalam bisnis email bukan hanya sebagai alat untuk berkomunikasi dan transfer file, namun email juga dapat dijadikan untuk membangun reputasi/Branding suatu instansi.

Oleh karena itu suatu instansi wajib memiliki email bisnis profesional yang dapat mewakili dan memberikan kepercayaan kepada penerimanya, Misal, ada suatu kampus yang kita namakan dengan kampus UNZ, kampus ini akan mengirim permohonan kerjasama dengan kampus lain dengan mengirim email menggunakan email dengan unz@gmail.com, kira-kira apa yang akan terjadi?
Sudah menjadi rahasia umum kampus yang akan kita jadikan mitra tidak mempercayai, mungkin pesan kita akan dibaca tetapi mungkin akan diabaikan begitu saja, bahkan mungkin akan langsung di blacklist dan masuk daftar spam, disini kita telah gagal untuk membangun kerjasama karena tidak ada kepercyaan.
Beda halnya jika kampus UNZ tadi menggunakan akun email profesional dengan nama domain sendiri dibelakang email. Misal UNZ memiliki domain unz.ac.id maka setiap email UNZ dibelakangnya akan menjadi universitas@unz.ac.id.
Dengan email tersebut akan menambah kepercayaan masyarakat serta mitra bisnis, dengan meningkatnya kepercayaan maka Brand kampus akan terus meningkat.
Selain branding, menggunakan email profesional juga memiliki banyak kelebihan, misalnya :

Kapasitas Lebih Besar
kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan email gratisan. Email gratisan diberi kapasitas penyimpanan lebih kurang 15 GB, sedangkan email dengan domain sendiri kapasitas penyimpanan sampai dengan I Tera. Kita dapat leluasa menyimpan file seperti foto, video yang memiliki kapasitas file yang cukup besar. Sehingga ketika kita membutuhkan file, kita dapat mengambilnya kapanpun dan dimanapun kita berada, asal terhubung dengan jaringan internet.

Privasi Tingkat Tinggi
File atau dokumen setiap instansi adalah dokumen penting sehingga harus dijaga kerahasiaannya, dengan menggunakan email domain profesional dapat dipastikan Privasi kampus/instansi dapat dijaga dengan kualitas tingkat tinggi, sehingga data yang dikirim dipastikan aman untuk bocor kepada orang lain yang tidak memiliki kepentingan.

Fleksibel dalam mengelola Email
Dengan email profesional Pengaturan akun sangat fleksibel, misalnya jika kita menggunakan email gratis sering sekali nama atau username sudah digunakan, karena email gratis akan menyocokkan dengan username yang telah pernah dibuat diseluruh dunia. tetapi hal itu tidak akan terjadi jika menggunakan email profesional, kesamaan nama dapat diperkecil karena hanya dalam lingkup instansi tersebut, sehingga penamaan email akan lebih fleksibel dan mudah.

Bahkan untuk memudahkan kita untuk mengelola email kita dapat membagi beberapa bagian dalam mengelola email, misalnya kita akan membuat email mahasiswa, pegawai dan dosen.

Maka untuk email dosen dan pegawai kita dapat menggunakan domain nama_dosen@staff.unz.ac.id dan untuk email mahasiswa dapat kita buat menggunakan NIM mahasiswa nim@students.unz.ac.id.

Jadi setiap dosen atau mahasiswa yang mengirim email, penerima otomatis mengetahui identitas bahwa pengirim merupakan pegawai atau mahasiswa UNZ.
Artinya disini kita mendapat control penuh dalam mengelola email, jadi ketika ada karyawan/staff yang keluar kita dapat menonaktifkan akunnya, sekalipun password telah diganti. Tentu saja menonaktifkan akun dengan ketentuan yang berlaku yang telah diatur oleh setiap instansi.

Mudah digunakan
Selanjutnya menggunakan email profesional itu sangat mudah, bahkan tidak ada bedanya  dengan menggunakan email gratisan.

Demikianlah ulasan saya mengenai email profesional, semoga bermanfaat gaes...




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara