Penting !! Membangun Kepercayaan Bisnis Menggunakan Email Profesional

Dalam dunia bisnis email adalah suatu kebutuhan mendasar, email merupakan salah satu alat untuk berkomunikasi, mengirim file, transfer file baik sesama karyawan maupun mitra bisnis. Meskipun saat ini banyak sekali media yang dapat digunakan untuk sharing data seperti whatapp, telegram dan lain-lain. Namun untuk instansi atau perusahaan mengirim melalui email lebih terlihat profesional.
Membangun kepercaan  bisnis dengan email profesional


Secara umum kita mengetahui banyak sekali yang telah menyediakan email seperti gmail, yahoo , dan lain-lain. Bahkan mereka memberikan dengan Cuma-Cuma hanya dengan mendaftar kan diri secara untuk membuat sebuah email.
Namun dalam bisnis email bukan hanya sebagai alat untuk berkomunikasi dan transfer file, namun email juga dapat dijadikan untuk membangun reputasi/Branding suatu instansi.

Oleh karena itu suatu instansi wajib memiliki email bisnis profesional yang dapat mewakili dan memberikan kepercayaan kepada penerimanya, Misal, ada suatu kampus yang kita namakan dengan kampus UNZ, kampus ini akan mengirim permohonan kerjasama dengan kampus lain dengan mengirim email menggunakan email dengan unz@gmail.com, kira-kira apa yang akan terjadi?
Sudah menjadi rahasia umum kampus yang akan kita jadikan mitra tidak mempercayai, mungkin pesan kita akan dibaca tetapi mungkin akan diabaikan begitu saja, bahkan mungkin akan langsung di blacklist dan masuk daftar spam, disini kita telah gagal untuk membangun kerjasama karena tidak ada kepercyaan.
Beda halnya jika kampus UNZ tadi menggunakan akun email profesional dengan nama domain sendiri dibelakang email. Misal UNZ memiliki domain unz.ac.id maka setiap email UNZ dibelakangnya akan menjadi universitas@unz.ac.id.
Dengan email tersebut akan menambah kepercayaan masyarakat serta mitra bisnis, dengan meningkatnya kepercayaan maka Brand kampus akan terus meningkat.
Selain branding, menggunakan email profesional juga memiliki banyak kelebihan, misalnya :

Kapasitas Lebih Besar
kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan email gratisan. Email gratisan diberi kapasitas penyimpanan lebih kurang 15 GB, sedangkan email dengan domain sendiri kapasitas penyimpanan sampai dengan I Tera. Kita dapat leluasa menyimpan file seperti foto, video yang memiliki kapasitas file yang cukup besar. Sehingga ketika kita membutuhkan file, kita dapat mengambilnya kapanpun dan dimanapun kita berada, asal terhubung dengan jaringan internet.

Privasi Tingkat Tinggi
File atau dokumen setiap instansi adalah dokumen penting sehingga harus dijaga kerahasiaannya, dengan menggunakan email domain profesional dapat dipastikan Privasi kampus/instansi dapat dijaga dengan kualitas tingkat tinggi, sehingga data yang dikirim dipastikan aman untuk bocor kepada orang lain yang tidak memiliki kepentingan.

Fleksibel dalam mengelola Email
Dengan email profesional Pengaturan akun sangat fleksibel, misalnya jika kita menggunakan email gratis sering sekali nama atau username sudah digunakan, karena email gratis akan menyocokkan dengan username yang telah pernah dibuat diseluruh dunia. tetapi hal itu tidak akan terjadi jika menggunakan email profesional, kesamaan nama dapat diperkecil karena hanya dalam lingkup instansi tersebut, sehingga penamaan email akan lebih fleksibel dan mudah.

Bahkan untuk memudahkan kita untuk mengelola email kita dapat membagi beberapa bagian dalam mengelola email, misalnya kita akan membuat email mahasiswa, pegawai dan dosen.

Maka untuk email dosen dan pegawai kita dapat menggunakan domain nama_dosen@staff.unz.ac.id dan untuk email mahasiswa dapat kita buat menggunakan NIM mahasiswa nim@students.unz.ac.id.

Jadi setiap dosen atau mahasiswa yang mengirim email, penerima otomatis mengetahui identitas bahwa pengirim merupakan pegawai atau mahasiswa UNZ.
Artinya disini kita mendapat control penuh dalam mengelola email, jadi ketika ada karyawan/staff yang keluar kita dapat menonaktifkan akunnya, sekalipun password telah diganti. Tentu saja menonaktifkan akun dengan ketentuan yang berlaku yang telah diatur oleh setiap instansi.

Mudah digunakan
Selanjutnya menggunakan email profesional itu sangat mudah, bahkan tidak ada bedanya  dengan menggunakan email gratisan.

Demikianlah ulasan saya mengenai email profesional, semoga bermanfaat gaes...




1 Response to "Penting !! Membangun Kepercayaan Bisnis Menggunakan Email Profesional"