Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cara Cek Ijazah Di Forlap Ristek Dikti (SIVIL)

Saat ini semua sudah serba online, jadi sangat memudahkan masyarakat dalam menggali informasi. tetapi juga ada dampaknya salah satunya misalnya tentang program yang dibuat oleh Ristek Dikti, yaitu Sistem Verivikasi Ijazah secara elektronik yang disebut dengan  SIVIL.

Dari sistem SIVIL ini bisa didapatkan informasi yang valid tentang nama pemilik ijazah, nomor seri, dan kapan tanggal lulus. Jadi misalnya suatu perusahaan akan merekrut pegawai bisa langsung di verivikasi kebenaran ijazahnya.

Nah yang menjadi permasalahan saat ini adalah adanya perbedaan data antara Ijazah Hardcopy dan yang ada di SIVIL, yang paling sering terjadi data yang berbeda adalah penulisan nama, nomor seri, dan tanggal lulus.

Jadi, sebaiknya bagi kamu yang masih mau melamar kerja, atau yang mau tes CPNS sebaiknya di cek kebenaran data Ijazah yang hardcopy dan yang ada di SIVIL.

Cara verifikasinya pun sangat mudah,

Pertama kamu buka google, dan ketik kata SIVIL di pencaharian, , maka akan muncul hasil pencarian sebagai berikut :

cara verifikasi ijazah di forlap dikti



atau langsung klik link sivil Setelah itu  akan terbuka halaman ijazah.ristekdikti.go.id,
cara verifikasi ijazah di ristekdikti
Selanjutnya kita akan diminta mengisi formulir seperti nama perguruan tinggi, pilih program studi, dan masukkan nomor ijazah. dan isi Captha penjumlahan.


Setelah yakin benar semua data, terutama nomor seri ijazah klik tombol Verifikasi, jika data yang kita isikan benar maka akan muncul hasil verifikasi dengan keterangan data ditemukan,


Silahkan cek data sekali lagi dengan membandingkan data ijazah asli dengan data yang ada di SIVIL, jika semua sama maka prosesnya sudah selesai.

Namun, jika data anda tidak ditemukan atau ada perbedaan penullisan, misalnya nama SUTRISNO menjadi SUTRISNo atau tanggal lulus yang berbeda disarankan untuk segera menghubungi pihak kampus agar operator PDDIKTI segera memperbaiki.

Biasanya untuk perubahan nama, wajib dilampirkan fotocopy ijazah dan kartu keluarga.





Post a Comment

0 Comments