Skip to main content

Syarat -syarat dan Lokasi Layanan SIM Keliling ( SIM C dan A) Di Medan

Salah satu syarat untuk berkendara adalah memiliki surat Izin Mengemudi atau yang kita kenal dengan SIM, saat ini untuk memperpanjang SIM, baik itu SIM C atau SIM A kita tidak perlu datang langsung ke kantor SAMSAT.




Tapi kita bisa memperpanjang SIM yang kita miliki di BUS-BUS atau gerai yang telah tersebar di beberapa titik di kota Medan. (kabarnya juga bisa secara online, tapi belum dicoba)

 Catatan : Bus-bus ini hanya melayani perpanjang masa berlaku SIM, untuk membuat SIM baru, langsung ke SAMSAT.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat memperpanjang SIM C saya di bus SIM keliling Medan,


Pertama, syarat yang harus kita bawa adalah :
1. SIM asli (SIM  di perpanjang 14 hari sebelum masa berlaku berakhir)
2. Fotokopi KTP 1 Lembar
3. Surat kesehatan


Kemudian yang perlu kita ketahui harga untuk memperpanjang SIM C adalah Rp.75.000 dan untuk SIM A adalah Rp.80.000, cukup murah ya kan guys?
Dan Waktu operasi SIM kelililing antara 8.30-15.00 WIB tapi kemarin mereka baru datang pukul 09.00 s.d 10.00 WIB.

Berdasarkan pengalaman saya hal-hal yang perlu diperhatkan adalah sebagai berikut :

1. kita harus cepat datang ke lokasi dimana SIM keliling berada, karena kalau tidak kita akan mengantri panjang, bahkan bisa - bisa berkas kita tidak akan di proses di hari itu, kita harus meluangkan waktu untuk kembali lagi ke esokan harinya.

2. Surat kesehatan bisa langsung dibuat di lokasi SIM keliling, karena disana sudah ada petugasnya dan di kenakan biaya sebesar Rp. 30.000,- (Tetapi boleh juga  bawa dari puskesmas)

3. Sebelum mengantri perhatikan masa berlaku SIM (baca persyaratan pada point 1) ya masa berlakunya 2 minggu sebelum masa berlaku berakhir, jika tidak sudah ngantri tidak bisa diproses, kan sayang waktu terbuang sia-sia.

4. Berdo'alah blangko atau bahan untuk membuat SIM teredia,jika tidak kita akan dapat blanko SIM sementara yang ukurannya tidak bisa masuk ke dompet, dan harus menunggu beberapa lama untuk bisa mengambil SIM asli.

5. Setelah berkas masuk, maka kita akan menunggu giliran, setelah nama kita dipanggi lmaka kita akan di foto dan jika tidak ada kendala SIM kita akan jadi dalam waktu (5-10) menit.

Pengalaman saya kemarin, saya datang menjadi orang pertama antri, jadi berkas saya langsung di proses, namun sayangnya ada masalah teknis, jaringan internetnya tidak nyambung (conect), maka petugas sibuk menghubungi teknisi dan menunggu sekitar 1 jam an dan Alhamdulillah bisa,

Setelah sekitar 10 Menit di proses akhirnya SIM saya sudah di perpanjang sekitar 5 meter, oph maksud saya 5 tahun masaberlakunya, legaaaaaaa....

Ya itu dia pengalaman saya untuk memperpanjang SIM di bus keliling di Medan, semoga kedepannya SIM keliling ini bisa lebih baik lagi pelayanannya agar semakin memudahkan masyarakat.

Dan mudah-mudahan SIM keliling ini tidak menerima calo, atau ada istilah kita "jalur belakang" untuk memotong antrian. Karena ini sering kali terjadi dengan alasan malas mengantri, tapi melangkahi hak orang yang telah mengantri selama berjam-jam. (kan tak sopan)

 dan satu lagi mudah-mudahan tidak ada uang tambahan-tambahan lainnya selain yang tertera di papan/banner sehingga membangun kepercayaan masyarakat.

Bagi kamu saudara yang ingin memperpanjang SIM, kamu bisa mendatangi SIM Keliling yang berlokasi dibawah ini :

1. Komplek MMTC ,Jalan Pancing, Jalan Wiliam Iskandar
2.Asia Mega Mas
3.Jalan Putri Hijau Depan Bank BRI

Atau Bisa Juga Mampir pas jalan-jalan Di Gerai Samsat yang berlokasi sebagai berikut:
SAMSAT CORNER SUN PLAZA
Jl. Zainul Arifin No. 7
10.00 s/d 19.00 WIB
SAMSAT CORNER MEDAN FAIR
Jl. Gatot Subroto No. 30
10.00 s/d 19.00 WIB
SAMSAT GERAI MARELAN
Jl. Marelan Raya Psr II Marelan
SAMSAT GERAI INDRA PURA
Jl. Serdang No. 166 B
SAMSAT GERAI KP. PAJAK
Ds Kp. Pajak Aek Kanopan
SAMSAT GERAI TEMBUNG
Jl. Besar tembung No. 5, Kec. Percut Sei Tuan D/S
SAMSAT GERAI TANJUNG MORAWA
SAMSAT GERAI DELI TUA
Jl. Besar Deli tua No. 8 Medan
SAMSAT GERAI TUNTUNGAN
Jl. Jamin Ginting Km.14 Medan Tuntungan
SAMSAT GERAI LADIES
Jl. Gatot Subroto Km.8 Medan

Atau jika memang ada perubahan kamu bisa langsung cek di sini http://www.ditlantas.sumut.polri.go.id

Sekian, pengalaman saya memperpanjang masa berlakunya SIM, semoga bermanfaat






Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara