Skip to main content

Cara Membuat Mail Marge di Word 2007

Mail merge adalah fitur untuk membantu kita membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak. jadi tidak peru mengetik satu persatu.
Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, amlop dan lainnya.
Ada dua dokumen yang harus kita siapkan untuk membuat mail marge yaitu dokumen master dan data source. 
Dokumen master yaitu dokumen yang isinya sama untuk semua penerima, kita bisa membuatnya di mic. Word.
Data Source adalah dokumen yang berisi data si penerima misalnya dalam hal ini adalah nama, jabatan, dan alamat. Data Source bisa kita buat menggunakan Mic. Excel.
Berikut adalah langkah - langkah membuat Mail Marge
Pertama, kita membuat Data source dengan cara Buka Mic. Excel kemudian buat data yang diperlukan misalnya nama dan alamat seperti yang contoh dibawah ini.

Setelah itu simpan data tersebut terserah dengan nama apa, disini saya buat data pegawai. 

Kedua, buka Mic. Word dan buat master surat seperti contoh pada gambar dibawah ini.  Beri jarak antara kata Kepada Yth, dan kata Di-, Untuk meletakkan nama pegawai yang akan beri surat. kemudian simpan dengan nama dokumen-surat. Jangan ditutup dokumen surat kita akan menggabungkan antara Master Surat dan Data Sorce.

Cara menggabungkan dokumen master dan data source 
1. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge.


  1. Selanjutnya kita akan memilih data source.
  2. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
  3. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Pegawai) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table.
  4. Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. karena kita meletakkan data di sheet 1. Kemudian klik OK.

TIPS :  Jika kita ingin mencetak semua maka centang nama, dan jika kita tidak ingin memasukkan data tersebut, maka hilangkan tanda ceklisnya.

  1. Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya.
  2. Letakkan kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab,  klik Insert Merge Field dan pilih Nama.
  3. Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini. 
  4.  
  1.  
  2. Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua 
9. Untuk melihat hasil penggabungan, klik tombol Preview Results.


Surat akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data.

Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi tombol Preview Results dan lakukan perubahan yang diinginkan. 

Pada tahap ini, klik tombol Finish & Merge dan pilih:
  • Print Documents, untuk mencetak surat. Ada 3 pilihan:
    1. All untuk mencetak semua surat.
    2. Current record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif.
    3. Isi nomor urut data pada kotak From dan To, untuk mencetak surat yang dipilih saja.

  • Edit Individual Documents, untuk menyimpan hasil penggabungan ke dokumen baru.

    Pilihan sama dengan di atas (AllCurrent record dan nomor urut tertentu).

    Pada dokumen baru, setiap surat akan ditampilkan per halaman. Jangan lupa menyimpan dokumen baru tersebut.





Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara