Skip to main content

Wisata Arum Jeram Ancol Bah Bolon Di Medan

Arum jeram Ancol Bahbolon bisa jadi tujuan wisata yang menarik  buat Sobat yang ingin mengisi liburan atau petualangan yang seru bareng keluarga atau teman-teman. Sobat bisa membawa sekitar 5-10 orang untuk mengisi perahu-perahu dan mengalahkan aliran jeram sungai bah bolon.


Sobat tak perlu kuatir jika belum pernah mengikuti arum jeram, karena disini sudah difasilitasi dengan alat yang lengkap seperti baju pelampung, helm pengaman, Alat dayung, tempat makanan yang aman dari air dan yang paling penting intruktur yang sudah sangat berpengalaman.

Di ancol arum jeram menawarkan beberapa paket yang bisa anda ambil, ada paket 4 jam mengarungi sungai, ada juga paket yang 6 jam, khusus untuk paket 6 jam disarankan menginap disana agar bisa pergi lebih pagi antara jam 9  pagi. 

Saya dan kawan-kawan karena megejar dari medan kami mengambil paket yang 4 jam saja he he, karena tiba dilokasi jam sudah menunjukkan pukul 10, belum lagi menyiapkan perahu, dan perlengkapan, dan pengarahan tentunya sebelum kita di ceburkan di sungai. 

Oh ya Arum jeram ancol ini berada di sekitar tebing tinggi sumatera utara jika kita dari medan memakan waktu sekitar 3 jam dengan kecepatan rata-rata 80 Km/jam. Lokasi Arung jeram ini sebenarnya masih termasuk kab. serdang bedagai tetapi saya tahunya masuk ke daerah kota madya tebing tinggi. cari tahu sendiri yah he he.

Kembali ke lokasi, setelah siap menggunakan attribut seperti baju pelampung dan helm. maka rombongan kita akan diantar kelokasi dengan menggunakan truk atau mobile pick up yang melewati perkampungan warga dan kebun-kebun sawit sekitar 45 Menit sampai 1 jam. 

Setelah itu kita akan turun berjalan kaki sekitar 100 meter kebawah sungai, segala sesuatunya harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum siap terjun ke sungai seperti perahu harus di pomba, bahan makanan harus di kemas dengan aman agar tidak basah dengan air.

Hal yang perlu di perhatikan saat mengikuti arum jeram
  • Makanan penting dibawa secukupnya agar sobat tidak kelaparan saat mengarung, sumpah laper banget di tengah jalan. memang si sama panitianya nanti dikasih makan siang tapi itu tidak cukup. jadi bawalah makanan yang cukup seperti jagung rebus roti dan lain-lain yang bisa ganjal perut.
  • Mintalah tempat makanan ke panitia biasanya bentuknya jerigen, tas anti air untuk perlengkapan seperti kamera agar bisa berfoto ria.
  • Pastikan Helm, Baju Pelampung dan perlengkapan lainnya terpasang dengan benar apalagi yang kurang bisa berenang seperti saya hehe
  • Kemudian yang tidak kalah penting adalah siapkan TENAGA atau stamina karena selama 4 - 6 Jam akan disuruh dayung, makanya butuh banget asupan makanan tadi.
  • yang terakhir pesan saya apapun yang terjadi jangan panik, dengarkan pengarahan intrukstur baik-baik. pelajari teknik-teknik dasar arum jeram biasanya dijelaskan sebelum kita mengarung.
Setelah siap semuanya jangan lupa berdoa ya...biar SELAMET dunia akherat. jadi serem gitu mau seneng-seneng. tapi itu wajib yah berdoa dulu dan meluncurlah.

Kembali ke Ancol arum jeram, Sobat kami kemarin punya pengalaman yang menarik dan seru juga berbahaya yang pasti buat jantung berhenti sementara dah.

Pengalaman ane pribadi sempat tenggelam, nah kalau udah tenggelam terus berada di bawah perahu rasanya udah tidak ada harapan lagi buat timbul kedaratan. jadi waktu itu saya udah pasrah deh didalam air. 
Kalau udah kaya gitu tetap berusaha nyari jalan keluar dan jangan panik aja deh, tetap kaki yang harus ada didepan jangan kepala meskipun pakai helm. itu trik dari intsruktur sebelum mengaruh saya praktekkan alhamdulillah saya masih timbul dan mengarung lagi.

Disela-sela perjalanan sobat gak bakalan bosen karena pemandangannya sungguh memanjakan mata. Subhanllah indah banget, dan intruktur bakal akan ngasih saran kalau sobat mau mandi atau nyebur ke sungai. sungai nya juga masih sangat-sangat jernih.

Bahkan ditengah perjalanan para Rombongan mengambil air langsung diminum dari mata air yang ada disekitar lereng-lereng sungai. 

Kalau meurut saya Ancol Arung Jeram memiliki grade atau Level 2-3 jadi masih aman dah buat pemula kaya saya dan sobat-sobat yang memang belum pernah atau tidak berpengalaman mengarung. karena disini juga banyak yang membawa keluarga, bahkan anak-anak juga ada lhoo. tapi tetap saja harus didampingi oleh instruktur yang berpengalaman.

Trus gimana deras gak arusnya gan?

Untuk arus di ancol arum jeram seperti saya bilang tadi masih standar aman buat keluarga dan newbie. tapi tetap asik dan memacu ardenalin kok.

disana panitia akan memberitahu lokasi-lokasi yang jeram yang akan dilewati, bahkan mereka memberikan nama-nama disetiap lokasi. yang saya ingat ada jeram Ngehek belum tahu apa maksudnya, trus da jeram Roller Coaster. 

Dijeram Ngehek inilah saya sempat tenggelam dibawah perahu, dan banyak teman-teman yang mengaami hal yang sama. karena disini instruktur akan sengaja memainkan perahu, bahkan sampai terbalik. 

Setelah 4 jam perjalanan maka kita akan tiba di lokasi kita semula, disini kita akan mendapat pelayanan makan gratis sepuasnya dan Kamar mandi gratis jadi pelayanan dari arum jeram di ancol  ini bisa dikategorikan OK. Untuk lebih jelasnya sobat bisa cek video kami saat bermain disalah satu jeram.
Demikian pengalaman arum jeram, Jika sobat punya pengalaman yang sama silahkan share di komentar...

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara