Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cara ini Bisa Mencegah Banjir

cara mengatasi banjir
Musim hujan telah tiba, masyarakat indonesia bahkan dikota kita ini masyarakat sudah terbiasa dengan ang namanya banjir, ironinya lagi malah jadi fenomena.

Memang tidak mudah untuk bisa mengatasi banjir ini butuh kerjasama dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Karena jika kita telusuri banyak sekali faktor yang menyebabkan banjir adalah karena ulah manusia itu sendiri.

Cobalah sobat perhatikan jika hujan turun sekitar 1-2 jam saja dikota tercinta ini, maka jalanan kota medan akan tergenang air diatas mata kaki bahkan ada yang selutut. Bahkan banyak pengendara yang mogok saat musim hujan karena terendam banjir. Itu baru 1-2 jam hujan bagaimana jika 10 jam, 1 hari?

Sobat kita sebagai masyarakat biasa mungkin tidak bisa berbuat banyak untuk hal ini karena tidak memiliki wewenang atau kekuatan untuk membangun kota ini, tapi kita tidak boleh tinggal diam tampa mencari solusi.

Setelah mencari-cari ternyata sudah banyak yang menulis bagaimana mencegah banjir tetapi sekali lagi itu butuh kerjasama antara masyarakat dan pemerintah.

1.       Membuat Saluran Air yang Baik

Dibutuhkan adanya sistem irigasi sampai pembuangan akhir yang jelas.  Jika saluran air sampai pada akhir seperti sungai dengan lancar maka air tidak akan meluber.

Saluran air bisa saja seperti sungai-sungai yang bebas dari tumpukan sampah seperti parbus (Parit Busuk) jika dirawat dengan baik akan menjadi saluran air yang sehat terbebas dari sampah-sampah.
Atau Membuat terowongan-terowongan saluran air bawah tanah,  yang bisa menjamin semua air hujan akan di salurkan ke laut. Sistem seperti ini bisa kita lihat seperti dinegara-negara yang sudah berkembang seperti jepang.

2.       Membuang Sampah Pada Tempatnya

Seluruh masyarakat wajib bekerja sama dituntut kedisiplinan untuk membuang sampah pada tempatnya  dan berakhir di tempat pembuangan sampah yang benar.  Karena masih banyak masyarakat yang belum sadar membuang sampah secara sembarangan sehingga menyebabkan saluran air tersumbat oleh sampah.

Sampah yang dibuang sembarangan akan dihanyutkan oleh air dan menuju ke sungai, kemudian sungai dipenuhi sampah tentunya ini akan menjadi penyebab banjir. Sebagai masyarakat lakukanlah hal kecil dengan membuang sampah pada tempatnya untuk memberikan dampak yang luar biasa.

3.       Membersihkan Saluran Air Sekitar Rumah

Saluran air tentu sangat penting dibersihkan secara berkala sehingga saluran air akan lancar. Saluran air bisa kita bersihkan secara bergotong royong secara terus menerus. Bukan hanya sampah yang bisa menymbat saluran air tetapi berbagai tumbuhan yang telah mati.

4.       Menanam Pohon Disekitar Rumah

Jika Sobat memiliki pekarangan rumah yang bisa ditanami phon maka tanamlah.  Karena selain bisa memberikan sobat keuntungan mendapat buah-buahan gratis, Sobat juga bisa berkontribusi untuk mencegah banjir. Karena masalah dikota adalah kurangnya permukaan tanah yang bisa menyerap air.

Maka sangat diperlukan menanam pohon yang memiliki daya serap tinggi seperti pacar air, pohon mangga,  pohon duku, pohon kenanga dan pohon –pohon lainnya. Semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak air yang akan diserap sehingga bisa mencegah banjir.

5.       Melestarikan Hutan

      Hutan dapat berfungsi sebagai bunga karang dengan menyerap air hujan dan mengalir dengan berlahan-lahan ke anak sungai. Hutan juga sebagai filter dalam menentukan kebersihan dan kejernihan air.

6.       Membuat Peresapan Biopori

Salah satu yang telah banyak di terapkan dikota-kota indonesia adalah lubang biopori. Lubang resapan biopori adalah teknologi tepat guna dan sangat ramah lingkungan untuk mengatasi banjir dengan cara resapan air, kemudian fungsi lubang biopori bisa mengubah sampah organik menjadi kompos dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Cara membuatnyapun sangat mudah, saya yakin semua bisa membuat lubang biopori ini, jika sobat ingin membuatnya silahkan klik tutorial cara membaut lubang biopori.

7.       Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan adalah sarana untuk penampungan air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah, sehingga membantu penyerapan air hujan kedalam tanah lebih cepat dan tidak menggenang di permukaan tanah.

8.       Proyek Pendalaman Sungai

Sungai yang dangkal karena penumpukkan materi seperti tanah atau sampah akan menyebabkan saluran air yang seharusnya bisa ditampung banyak akan menjadi berkurang.
Solusinya adalah dengan membuat proyek pendalaman sungai sehingga sungai akan menjadi bersih dari materi dan sampah seingga akan mengembalikan fungsi sungai yang sesungguhnya.

9.       Penggunaan Paving Stone Untuk jalan dan halaman rumah

Pembangunan jalan dan halaman rumah toko dengan Paving Stone dapat membuat lebih cepat menyerap air dibanding dicor atau diaspal.

        Kesadaran dan disiplin

Dengan kesadaran dan peduli dengan lingkungan maka bencana seperti banjir akan diminimalisir. Tentunya harus dimulai dari hal yang paling kecil misalnya membuang sampah pada tempatnya merupakan hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Post a Comment

0 Comments