Skip to main content

Cara ini Bisa Mencegah Banjir

cara mengatasi banjir
Musim hujan telah tiba, masyarakat indonesia bahkan dikota kita ini masyarakat sudah terbiasa dengan ang namanya banjir, ironinya lagi malah jadi fenomena.

Memang tidak mudah untuk bisa mengatasi banjir ini butuh kerjasama dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Karena jika kita telusuri banyak sekali faktor yang menyebabkan banjir adalah karena ulah manusia itu sendiri.

Cobalah sobat perhatikan jika hujan turun sekitar 1-2 jam saja dikota tercinta ini, maka jalanan kota medan akan tergenang air diatas mata kaki bahkan ada yang selutut. Bahkan banyak pengendara yang mogok saat musim hujan karena terendam banjir. Itu baru 1-2 jam hujan bagaimana jika 10 jam, 1 hari?

Sobat kita sebagai masyarakat biasa mungkin tidak bisa berbuat banyak untuk hal ini karena tidak memiliki wewenang atau kekuatan untuk membangun kota ini, tapi kita tidak boleh tinggal diam tampa mencari solusi.

Setelah mencari-cari ternyata sudah banyak yang menulis bagaimana mencegah banjir tetapi sekali lagi itu butuh kerjasama antara masyarakat dan pemerintah.

1.       Membuat Saluran Air yang Baik

Dibutuhkan adanya sistem irigasi sampai pembuangan akhir yang jelas.  Jika saluran air sampai pada akhir seperti sungai dengan lancar maka air tidak akan meluber.

Saluran air bisa saja seperti sungai-sungai yang bebas dari tumpukan sampah seperti parbus (Parit Busuk) jika dirawat dengan baik akan menjadi saluran air yang sehat terbebas dari sampah-sampah.
Atau Membuat terowongan-terowongan saluran air bawah tanah,  yang bisa menjamin semua air hujan akan di salurkan ke laut. Sistem seperti ini bisa kita lihat seperti dinegara-negara yang sudah berkembang seperti jepang.

2.       Membuang Sampah Pada Tempatnya

Seluruh masyarakat wajib bekerja sama dituntut kedisiplinan untuk membuang sampah pada tempatnya  dan berakhir di tempat pembuangan sampah yang benar.  Karena masih banyak masyarakat yang belum sadar membuang sampah secara sembarangan sehingga menyebabkan saluran air tersumbat oleh sampah.

Sampah yang dibuang sembarangan akan dihanyutkan oleh air dan menuju ke sungai, kemudian sungai dipenuhi sampah tentunya ini akan menjadi penyebab banjir. Sebagai masyarakat lakukanlah hal kecil dengan membuang sampah pada tempatnya untuk memberikan dampak yang luar biasa.

3.       Membersihkan Saluran Air Sekitar Rumah

Saluran air tentu sangat penting dibersihkan secara berkala sehingga saluran air akan lancar. Saluran air bisa kita bersihkan secara bergotong royong secara terus menerus. Bukan hanya sampah yang bisa menymbat saluran air tetapi berbagai tumbuhan yang telah mati.

4.       Menanam Pohon Disekitar Rumah

Jika Sobat memiliki pekarangan rumah yang bisa ditanami phon maka tanamlah.  Karena selain bisa memberikan sobat keuntungan mendapat buah-buahan gratis, Sobat juga bisa berkontribusi untuk mencegah banjir. Karena masalah dikota adalah kurangnya permukaan tanah yang bisa menyerap air.

Maka sangat diperlukan menanam pohon yang memiliki daya serap tinggi seperti pacar air, pohon mangga,  pohon duku, pohon kenanga dan pohon –pohon lainnya. Semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak air yang akan diserap sehingga bisa mencegah banjir.

5.       Melestarikan Hutan

      Hutan dapat berfungsi sebagai bunga karang dengan menyerap air hujan dan mengalir dengan berlahan-lahan ke anak sungai. Hutan juga sebagai filter dalam menentukan kebersihan dan kejernihan air.

6.       Membuat Peresapan Biopori

Salah satu yang telah banyak di terapkan dikota-kota indonesia adalah lubang biopori. Lubang resapan biopori adalah teknologi tepat guna dan sangat ramah lingkungan untuk mengatasi banjir dengan cara resapan air, kemudian fungsi lubang biopori bisa mengubah sampah organik menjadi kompos dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Cara membuatnyapun sangat mudah, saya yakin semua bisa membuat lubang biopori ini, jika sobat ingin membuatnya silahkan klik tutorial cara membaut lubang biopori.

7.       Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan adalah sarana untuk penampungan air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah, sehingga membantu penyerapan air hujan kedalam tanah lebih cepat dan tidak menggenang di permukaan tanah.

8.       Proyek Pendalaman Sungai

Sungai yang dangkal karena penumpukkan materi seperti tanah atau sampah akan menyebabkan saluran air yang seharusnya bisa ditampung banyak akan menjadi berkurang.
Solusinya adalah dengan membuat proyek pendalaman sungai sehingga sungai akan menjadi bersih dari materi dan sampah seingga akan mengembalikan fungsi sungai yang sesungguhnya.

9.       Penggunaan Paving Stone Untuk jalan dan halaman rumah

Pembangunan jalan dan halaman rumah toko dengan Paving Stone dapat membuat lebih cepat menyerap air dibanding dicor atau diaspal.

        Kesadaran dan disiplin

Dengan kesadaran dan peduli dengan lingkungan maka bencana seperti banjir akan diminimalisir. Tentunya harus dimulai dari hal yang paling kecil misalnya membuang sampah pada tempatnya merupakan hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara