Manfaat Labu Jipang Untuk Kesehatan

Labu siam atau juga populer disebut dengan nama manisa atau labu jipang adalah buah dari tanaman yang merambat dengan cara berpegangan pada media dengan sulur-sulurnya yang ulet. Tanaman ini membutuhkan media tumbuh berupa tanah yang lembab dan basah, dan bisa tumbuh dengan sangat cepat.
Labu jipang ini adalah tanaman yang tergolong sangat aman, karena tanaman ini biasanya tumbuh secara liar dan dipastikan tampa menggunakan pupuk kimia, jadi sudah pasti sangat organik he he

Berikut Kandungan nutrisi dan manfaat labu Jipang bagi kesehatan

Dikutip dari www.carakhasiatmanfaat.com, Sayuran yang sangat mudah dan murah meriah ini banyak memiliki khasiat dan nutrisi untuk kesehatan. diantaranya Kandungan nutrisi labu siam Satu setengah cangkir porsi menyediakan sekitar 17%  dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, buah sayuran ini juga mengandung vitamin B kompleks, seperti folat sejumlah 61 mcg dan sejumlah kecil niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat dan vitamin B6. Vitamin B berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu buah labu ini juga mengandung zat mineral seperti zat besi, mangan, fosfor, seng, dan tembaga

Menjaga kadar koleseterol
Labu jipang adalah sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Dalam sayuran ini hanya menyediakan kalori per 100 gram, tidak mengandung lemak baik lemak jenuh atau kolesterol. Namun sayuran ini sangat kaya akan serat sehingga cocok yang sedang program menurunkan berat badan.

Menurunkan darah tinggi

 Selain memberikan nutrisi, labu siam mungkin juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Purdue University mengatakan teh herbal yang dibuat dengan daun labu siam digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, melarutkan batu ginjal, dan mengobati aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri. Teh yang mengandung daging labu siam memiliki sifat diuretik ringan, dan digunakan untuk mengobati penyakit kembung.
Mengandung tinggi folat dan vitamin B kompleks lainnya

Buah labu siem merupakan sumber cukup baik vitamin B kompleks, seperti asam folat. 100 g buah segar menyediakan sekitar 93 mg atau 23 % dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan. Folat sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan DNA. Mengkonsumsi labu siem dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Mencegah darah tinggi
Seperti halnya dengan sayuran dari keluarga labu lainnya seperti zucchini, labu siem juga mengandung kalium yang cukup baik. 100 g buah labu siem segar mengandung sekitar125 mg kalium atau 2,5 % dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Kalium bermanfaat penting terutama untuk melawan efek sodium, yang jika terlalu banyak dapat menyebabkan darah tinggi.

Anti kanker dan penuaan dini

Labu siam juga mengandung antioksidan flavonoid poli fenolik, seperti apigenin dan luteolin. Senyawa ini bermanfaat untuk mengikat radikal bebas berbahaya dalam tubuh, yang berperan dalam pembentukan kanker, penuaan dini, dan berbagai macam penyakit. Buah labu siem juga merupakan sumber anti oksidan vitamin C yang cukup baik, yaitu sekitar 7,7 mg/100gram atau 13 % dari kebutuhan harian yang disarankan.

0 Response to "Manfaat Labu Jipang Untuk Kesehatan"