Skip to main content

Instalasi Listrik Rumah Sendiri

Sobat, postingan kali ini saya akan membahas tentang instalasi listrik sederhana dirumah. Saya bukan orang listrik tetapi alhamdulillah mengerti sedikit karena pernah punya pengalaman memasang instalasi listrik dirumah.

Memasang instalasi listrik dirumah memang tidak semua orang bisa, tetapi tak ada salahnya jika kita belajar kan? Untuk memasang instalasi listrik memang kita harus memahami dasar-dasarnya. Berikut ini saya akan coba paparkan bagian terpenting yang harus kita pahami dalam memasang instalasi listrik dirumah.

Sobat, Perhatikan Ini dulu sebelum mulai…

  • Saya Asumsikan rangkaian listrik ini masih baru dipasang dan belum disambungkan ke Arus Listrik.
  • Memasang listrik biasanya ada dua Bagian yang harus kita kerjakan. Lokasi yang pertama adalah bagian atas yaitu kabel-kabel saluran sumber dan kabel yang harus kita hubungkan ke bagian bola lampu agar ampu bisa menyala.  Makanya sebelum menyelesaikan rumah sebaiknya instalasi listrik sudah dipasang, terutama sebelum memasang asbes rumah.
  • Bagian yang kedua adalah bagian bawah yaitu kabel-kabel yang harus kita rangkai dan hubungkan ke saklar lampu dan saklar colokan.
  • Biasanya dalam Instalasi listrik ada tiga kabel yang harus kita pasang, pertama kabel body, kabel api, dan kabel arde. 
  • Kemudian yang tak kalah PENTINGNYA yang harus  diperhatikan adalah menandai kabel yang mana sebagai body, arde dan Api, jangan sampai terbalik. Untuk memudahkan sebaiknya menggunakan kabel yang berwarna.

Memasang Colokkan

 Belajar yang pertama adalah memasang colokan, Untuk memasang colokkan adalah hal yang paling mudah, karena tinggal menyambungkan semua kabel ke saklar dari bagian sumber listrik, caranya sebagai berikut.

Perhatikan gambar berikut :
instalasi listrik, memassang instalasi listrik colokkan
                  Bagian Atas
a.       Sambungkan kabel api denngan kabel warna merah.
b.      Sambungkan Kabel body dengan kabel warna hitam.
c.       Sambungkan kabel arde dengan kabel warna hijau
d.   Bungkus semua dengan Isolasi dibagian sambungan dengan rapat dan kuat.

Bagian Bawah
a.       Sambungkan kabel merah ke saklar colokan dan pasang dibaut yang telah disediakan sebelah kiri.
b.      Sambungkan kabel hitam ke bagian kanan di baut saklar colokkan yang satunya.
c.       Sambungkan kabel hijau (arde) biasanya letaknya di baut bagian tengah.

Pasang baut saklar dan penutupnya. Dan selesai…


       Memasang Lampu

Untuk kasus yang kedua juga masih mudah, memasang lampu dengan saklar caranya adalah sebagai berikut.

instalasi listrik memasang bola lampu dan saklar

           Bagian atas
a.       Sambungkan 1 kabel ke lampu dari sumber listrik yaitu kabel api yang berwarna merah.
b.      Sambungkan 1 kabel body dari sumber body ke saklar lampu dengan kabel hitam.
c.       Sambungkan 1 kabel ke lampu dan langsung nantinya ke saklar.
d.   Balut dengan isolasi yang rapat dan jangan sampai ada yang bocor
Bagian Bawah
a.       Pasang kabel yang bersumber dari kabel body ke baut saklar sebelah kanan
b.      Pasang kabel yang terhubung ke lampu  ke baut saklar sebelah kiri, Mudah kan?

Memasang Lampu Digabungkan Dengan Colokkan

Kasus yang ketiga adalah menggabungkan colokan dan saklar lampu disatu tempat. Jadi satu colokan dan satu saklar lampu. Bahkan sudah banyak saklar dan sekaligus ada colokannya. 

instalasi listrik bola lampu dengan satu colokkan


Untuk memasangnya….
           Bagian Atas
a.       Sambungkan kabel dari kabel sumber api ke saklar colokan
b.      Sambungkan Kabel dari kabel sumber body ke saklar colokkan
c.       Sambungkan Kabel dari Kabel sumber arde ke saklar colokan (sama seperti memasang colokan dikasus pertama), bedanya,
d.      Tambahkan, Sambungkan kabel dari sumber api ke bola lampu dibaut sebelah kanan
e.      Sambungkan Kabel dari Bola lampu menuju ke saklar dibaut sebelah kiri
         Bagian bawah
                  (Saklar Colokkan)
a.       Sambungkan kabel api ke baut Saklar colokan sebelah kanan
b.      Sambungkan kabel body ke baut saklar colokkan sebelah kiri
c.       Sambungkan Kabel Arde ke baut paling tengah
(Saklar lampu)
d.      Sambungkan Kabel dari bola lampu ke Saklar lampu dibaut sebelah kanan

               e. Untuk menghemat kabel, Ambil Kabel pendek dan sambungkan kabel dari kabel saklar colokan                           ke baut saklar lampu kebelah kiri. Ambil dari Kabel Body.

Udah Segitu dulu...

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara