Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Mebuat Kompos dengan Resapan Biopori


Sobat membuat pupuk dengan biopori untuk tanaman disekitar rumah seperti sayuran dan lain-lain  yang telah kita tanam agar tumbuh subur dan sehat. Sebenarnya untuk membuat kompos banyak sekali cara dan metode yang bisa kita gunakan dengan  search digoogle maka akan banyak bertebaran artikel tentang pembuatan kompos.

Sobat untuk postingan kali ini saya akan mencoba memaparkan membuat kompos dengan Resapan Biopori. Tentu Sobat sudah pernah dengarkan apa itu biopori kan?  Biopori adalah resapan buatan yang membantu air agar mudah meresap ketanah.

Sobat banyak sekali sebenarnya manfaat Lubang Biopori yang paling terkenal adalah masasalah peresapan air. Jadi jika disekitar rumah Sobat ada air yang menggenang maka bioporilah solusinya, selain itu yang paling saya sukai biopori bisa juga menghasilkan kompos secara alami.

membuat lubang biopori
Diagram Biopori
Sumber Gbr: Biopori.com
Banyak sekali kota-kota yang telah menerapkan biopori ini, saya sendiri dapat pengalaman dari pemerintah yogyakarta yang menerapkan ini waktu saya sedang KKn dulu. berikut adalah langkah-langkah untuk membuat lubang Biopori

  • Langkah pertama Membuat Lubang Biopori

Tentukan titik dimana pada halaman rumah yang paling  strategis untuk membuat lubang biopori. Sebaiknya buat disekitar tanaman atau ditempat-tempat air yang selalu tergenang air pada saat turun hujan.

Selanjutnya buatlah lubang dengan diameter 10-15 cm dan dengan kedalaman sekitar 70 cm-100 cm, Jangan terlalu dalam karena ada sebagian tanah malah akan mengeluarkan air karena melebihi ukuran air tanah.

Sobat bisa membuatnya dengan Bor Tanah , bambu atau pipa besi. Tapi yang paling efektif adalah dengan bor Tanah karena jika menggunakan bambu atau pipa besi jika ada bagian tanah yang kering dan keras maka akan sulit membuat lubangnya. Kemudian buat jarak lubang yang satu dengan yang lainnya sekitar 50-100 cm.
  • Langka kedua Membuat Kompos dengan Biopori

Selanjutnya adalah poin penting dalam artikel ini, yaitu mengisi  sampah organik atau dedaunan. Hal tersebuta akan memancing hewan tanah alias cacing menjadikan sampah atau dedaunan tersebut menjadi kompos. Kemudian fungsinya lagi cacing-cacing tersebut akan membuat pori-pori tanah terbuka, Sobat bisa menambahkan sampah organik atau dedaunan semnggu sekali kedalam lubang-lubang biopori tersebut.

  • Langkah Ketiga Membuat Biopori

Langkah terakhir adalah membuat adukan semen disekitar lubang agar permukaan lubang tidak mudah rontok yaitu dengan lebar sekitar 2-3 cm dan tinggi sekitar 2 cm,  kemudian membuat penutup lubang biopori Sobat bisa juga menggunakan penutup yang dijula dipasaran. karena saat ini sudah banyak seklali yang menggunakannya atau Sobat bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan botol atau barang bekas lainnya.

Baca juga Biopori adalah salah satu cara untuk mencegah banjir, Demikianlah cara membuat Biopori. Semoga bermanfaat


Post a Comment

0 Comments