Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cara Memperbaiki Keran Air Yang Rusak dengan Mudah



Memperbaiki keran yang rusak dan bocor

Keran adalah salah satu yang paling sering rusak atau bocor, sebenarnya keran bocor dapat diatasi dengan sangat mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui asal kebocorannya.

Kemungkinan masalah pertama sambungan antara pipa dan keran  daya rekat lem nya sudah kurang merekat karena waktu yang sudah lama.

 Hal ini bisa diatasi dengan melepas kemudian menambah isolative khusus pipa dan lem. Kemudian memasangnya kembali

Kedua, dikarenakan keran yang telah rusak, maka meskipun keran telah ditutup air masih keluar dari celah –celah keran, biasanya bola yang biasa menutup dan membuka saluran air tidak lagi bekerja dengan baik. tentu saja hal ini bisa kita atasi dengan membeli keran yang baru.
Sekedar saran belilah kran yang berkualitas bagus, meskipun harganya lebih mahal tetapi tidak mudah rusak. Dari pada beli murah tetapi sering rusak, membutuhkan waktu untuk memperbaikinya lagi, kan lebih baik sedikit mahal tapi awet :-)
Untuk memasang keran yang baru berikut ini yang harus dipersiapkan :

Alat dan Bahan :
           Keran baru berdiameter sama (bagi yang kerannya rusak)
           Selotip khusus pipa
           Lem untuk menyambung pipa
           Kunci pas 

Langkah-langkah :
1. Matikan semua sumber air, baik dari pompa maupun PAM.
2. Gunakan kunci pas untuk melepaskan keran dari pipa dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam. Hati-hati saat melakukan ini agar tidak menimbulkan goresan pada keran tersebut.
3. Jika keran masih bisa digunakan kembali, bersihkan pangkal keran tersebut dari sisa-sisa lem dan selotip lama. Jangan lupa, bersihkan juga lubang pipa  dan usahakan bagian pangkal lubangnya telah kering.
4.Setelah semuanya telah bersih dan kering, lilitkanlah selotip pada pangkal tersebut sebanyak kurang lebih lima lilitan.
5. Selanjutnya, oleskan lem pipa pada pangkal keran tersebut dan segera pasangkan pada lubang pipa. Putar-putar searah jarum jam untuk mengencangkan sambungan ini.
6. Kencangkan sekali lagi sambungan tersebut dengan menggunakan kunci pas.
7. Nyalakan pompa atau sumber air dan cek apakah keran sudah tidak bocor lagi.
Selamat mencobanya di rumah anda.

Post a Comment

0 Comments