Cara Memasang Sendiri Housing Filter Air

Sobat, Kadang kita memang harus berani melakukan sesuatu sendiri, tidak harus selalu mengandalkan Tukang untuk memperbaiki hal yang sepele dirumah kita. Seperti mengganti kran air yang rusak dan hal-hal kecil lainnya.

Begitu juga dengan memasang Housing Filter Air sendiri sebenarnya sangat mudah sekali,   Hal yang harus dilakukan untuk memasang Housing Filter air sumur adalah materialnya. Material tentu sesuai kebutuhan anda tapi yang sudah pasti yang harus disiapkan adalah sebagai berikut
Cara Memasang Housing sendidiri, Filter Air

Keterangan Gambar diatas :
  1. Shok Drat Dalam (SDD) Gunanya untuk menghubungkan pipa dan Kran air
  2. Shok Drat Luar (SDL) Gunanya Untuk menghubungan pipa dan Housing
  3. Elbow Gunanya untuk menghubungkan pipa yang berbelok
  4. Sambungan Pipa ukuran ½ Inchi dan ¾ Inchi
  5. Tee (T) Untuk membagi aliran air
  6. Doble Nipple disini kita menggunakan ukuran ¾ Inchi (ini digunakan jika sobat pakai 2 atau lebih Housingnya) saya gak pake ini soalnya Cuma pake 1 Housing he he
  7. Bracket Housing, biasanya sekaligus ada ketika membeli housing
  8. Kunci Untuk Housing

Alat yang digunakan :

  • Bor Tangan
  • Gergaji Besi
  • Lem pipa
  • Isolatif khusus Pipa
  • Obeng atau kunci

Cara Memasang :

Lihat Gambar dibawah ini, ini sketsa yang saya pasang di rumah saya.



Hal pertama adalah mencari lokasi strategi yang akan dipasang Housing, biasanya dekat dengan sumber airnya (optional), ane malah memasang housing di kamar mandi, sesuai kebutuhan aja J.
Lakukan pengukuran untuk mendapatan posisi yang pas antara pipa, kran dan housingnya, caranya letakkan Bracket housing ke dinding yang mau dipasang dan tandai dengan spidol tempat baut akan dipasang.

Bor dinding yang udah sobat tandai dan mata bornya sesuaikan  dengan baut yang mau kita pasang. Kemudian pasang deh Braket Housing ke dinding sekuat mungkin.

Pasang SDL di kedua bagian tutup housing (input dan output), gunakan Isolatif dan lem agar kuat dan menghindari kebocoran. Kemudian pasanglah tutup housing ke bracket terlebih dahulu tanpa tabung dan filter (katridnya) untuk mempermudah pemasangan.

Kemudian dan hubungkan SDL output ke kran dan gunakan Tee (T) jika sobat ingin mengalirkan air ke tempat lain. Kemudian hubungkan SDL bagian input kepipa Pompa Air, Jika Pompa air  belum dipasang silahkan lihat cara memasang pompa air.

Seperti yang ane pasang di rumah, seperti gambar diatas dari Pompa Air kemudian ke Housing, dari housing langsung mancur ke kamar mandi, dan pipa yang ke atas untuk keperluan dapur (masalah ini sesuaikan dengan kebutuhan sobat ).

Kemudian pasang Filter (katrid) dan pasang tabung Housingnya, kuatkan dengan kuncinya biasanya kunci housing sudah ada ketika pembelian Housing. Lepas plastik pelindung Housing dan cek apakah ada yang bocor, kalau tidak berarti pekerjaan sobat selesai.

Tugas selanjutnya yang harus Sobat lakukan ketika menggunakan Housing Filter Air ini adalah mengganti katridnya, tergantung kekeruhan air. Semakin keruh semakin cepat saringan (katrid) nya kotor, maka harus di ganti. Terimakasih

2 Responses to "Cara Memasang Sendiri Housing Filter Air"

Unknown said...

Sangat bermanfaat.. karna kemaren saya sempet mikir apa saya harus ngebor lagi dan menghabiskan banyak uang untuk cari sumber air bersih baru yg ngk kuning.. tapi hausingnya beli dmn y?

Shikamaru Nara said...

infonya sangat bermanfaat bagi ane
alat cuci ultrasonic