SYARAT DAN CARA MENDAFTAR SEBAGAI PESERTA BPJS (JKN)



Hari kemarin adalah masa lalu, hari ini adalah hari yang kita jalani, hari esok ? hari esok kita masih mestieri gan, karena itu selain mempersiapkan diri berusaha dengan mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. Tidak ada salahnya kita juga berjaga-jaga dengan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS.

 Karena kesehatan dalah aset yang berharga dalam hidup ini. Nah gan kali ini ane pengen berbagi pengalaman gimana caranya mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS, langsung saja gan :
Pertama kita siapkan dulu prsyaratanya seperti yang tertera dibawah ini :
  • Mengisi Form Registrasi
  • Kartu keluarga (Warna Biru) ASLI dan bawa juga potokopinya
  • Potokopi KTP
  • Pas poto ukuran 3x4 warna 1 lembar / orang
    Poto kopi buku tabungan yang bekerja sama dengan BPJS (BNI/BRI/MANDIRI) untuk Kelas I (satu) dan Kelas 2 (dua) yang kelas 3 (tiga) tidak pakai buku tabungan. Untuk kelas 1 biaya ansuran sebesar Rp. 59.500, kelas 2 Rp. 42.500 dan kelas 3 Rp. 25.000.
  • Buat surat kuasa dan surat pernyataan dengan dilengkapi batrai 6000, jika diwakilkan ( menurut pengalaman saya di tulis tangan di kertas HVS) Dan (wajib) mendaftarkan keluarga yang tertera di kartu keluarga  Itulah yang wajib di bawa saat ingin mengurus menjadi peserta BPJS, apabila agan punya pastport, asuransi kesehatan lain silahkan dibawa gan, sebenarnya di form registrasi juga disertakan potokopi buku nikah dan akte kelahiran tapi pas ane kemarin Cuma yang lima diatas yang di wajibkan.
LANGKAH PENDAFTARAN BPJS MANDIRI DI KOTA MEDAN
  • Pergi ke kantor BPJS gan J,  Masuk ke loket pengurusan BPJS mandiri, seperti biasa ambil nomor antrian kemudian isi form registrasi  data sesuaikan  dengan kartu keluarga agan. Setelah disi,  lengkapi berkas persyaratan diatas dan tunggu panggilan nomor antrian.
  • Berkas agan akan di verifikasi oleh petugas BPJS, Ambil kembali Nomor antrian untuk menuju ke loket berikutnya.
  • Diloket berikutnya keluarkan lagi Berkas agan, di tambah dengan kartu keluarga Asli, agan akan mendapatkan Kwitansi untuk pembayaran, bayarlah sesuai kelas yang agan pilih diloket pembayaran, kali ini tidak pakai karto antrian gan ;-)
  • Setelah agan  membayar, kembali ambil nomor antrian untuk mencetak kartu, tunggu panggilan nomor antrian agan, dan di cetaklah kartu BPJS keluarga agan.
  • Tunggu selama 7 hari dari hari pendaftaran, maka kartu BPJS agan siap digunakan
Cukup sekian gan postingan ane kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "SYARAT DAN CARA MENDAFTAR SEBAGAI PESERTA BPJS (JKN)"