Skip to main content

Cara Mengukur Kecepatan Membaca

Sahabat, Membaca adalah sesuatu yang sangat penting, karena Allahpun dalam surat cinta-Nya (Al-Qur”an) yang diturunkan pertama kali adalah membaca yaitu surat Al-‘Alaq 1-5. “Bacalah”.
Dengan membaca manusia akan diberikan pemahaman, wawasan, dan ilmu pengetahuan.hemm pasti sahabat sudah lebih tahu banyak tentang manfaat membaca.
Sahabat, dari awal masuk sekolah TK kita sudah diajarkan huruf-huruf agar dapat membaca. kalau ditanya sekarang sudah bisa membaca atau belum pasti cepat-cepat mengangguk tanpa ragu, ya aku bisa!..kemudian pertanyaan selanjutnya adalah, apakah cara kita membaca sudah efektif? (emmm ragu-ragu).
Cara mengukur membaca yang efektif atau tidak itu adalah dengan mengukur kecepatan membaca dan memahami isi bacaan.Cepat dan paham itu efektif, lambat dan paham kurang efektif. tidak membaca double tidak efektif. kemampuan inilah yang semestinya kita miliki, agar tidak boros waktu untuk membaca satu buku, karena masih banyak buku yang harus kita baca.
Cara mengukur kecepatan membaca kita adalah dengan menggunakan satuan kata per menit (kpm)
Kecepatan membaca (kpm) = (Jumlah kata/Waktu baca(detik)) x 60
Nah, untuk mengukur kecepatan membaca anda silahkan baca teks berikut ini, dan catat waktu saat anda membaca. kecepatan membaca para siswa SMP-SMA adalah 225 kpm. dan rata-rata kecepatan mahasiswa adalah 325 kpm. (Dwi Budiyanto, 2010).

Memimpin Masa Depan


Oleh : Mohammad Fauzi Adhim
Yang menjadi masalah bagi kita bukanlah bagaimana melakukan inovasi pendidikan atau memasukkan informasi terbaru bagaimana cara terbaik mengasuh anak. masalah kita adalah bagai mana membuang pikiran-pikiran lama yang tidak perlu dan merugikan. kita dapat belajar untuk apa yang terbaik untuk anak kita, tetapi kita masih menghadapi anak-anak dengan cara yang lama. sebabnya, kita banyak menyerap informasi baru, tetapi tidak membuang pikiran lama yang keliru.
Anak-anak harus gembira saat belajar.Mereka merasa asyik sehingga belajar tidak mendajadi beban bagi mereka. Pada usia TK, bahkan bermain itu sendiri proses belajar terpenting bagi anak. Mereka belajar secara spontan, alamiah, menyenangkan, dan antusias. kita bisa merancang permainan untuk mereka, dengan catatan ermainan itu empat prisnsip tersebt, yakni spontan, alamiah, menyenangkan dan antusias. kita sengaja merancang, tetapi anak-anak merasakannya sebagai permainan yang spontan dan alamiah.
Karena anak-anak harus gembira, maka kita banyak mengajari mereka lagu-lagu ceria. kita ajari mereka menyanyi. Tetapi, apakah menyanyi menggembirakan bagi anak? Ya, bagi yang sesuai. Bagi yang tidak, menyanyi bia menjadi beban. Jika dipaksakan, anak-anak akan kehilangan masa emasnya, yakni masa untuk membangun hasrat belajar yang kuat dalam diri mereka. Lebih membebani lagi jika orang tua dan guru menyibukkan menyuruh anak turut bernyangu. Kita lupa bahwa menyanyi adalah bentuk kegiaatan yang dimaksudkan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Bukan prinsip dasar kegiatan belajar.
Artinya, jika bentuk kegiatan sudah tidak bisa memenuhi prinsip dasar belajar, maka yang harus dipertahankan adalah prinsipnya. bukan bentuknya. kita cari bentuk-bentuk lainnya yang bisa membuat anak -anak bergembira dan belajar, sekaligus belajar dengan gembira.
saya teringat dengan Sue Bredekamp. Dalam bukunya yang bertajuk Develovmentally Appropriate Practice in Early Childhood Program: Serving Children from Britfh Through Age 8, Bredekamp mengingatkan agar kita mendidik anak dengan memperhatikan dua hal. Pertama, kesesuaian dengan jenis usia anak. kedua, kesesuaian dengan keunikan tiap-tiap anak. dua hal inilah prinsip pokok DAP (Devlopmentally appropiate practice), yakni praktis pengasuhan dan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan anak. Yang pertama menuntut kita untuk mengerti tugas perkembangan di tiap jenjang usia anak beserta ciri-cirinya. Sedangkan yang kedua menuntut kita mengenal anak secara personal.
Jumlah Kata = 334
Referensi : Budiyanto, Dwi, Prophetic Learning Menjadi Cerdas dnegan Jalan Kenabian, 2010,  Pro-U Media, Yogyakarta

Comments

  1. Cara Mempercantik Tampilan Blog Anda , dengan Memasang Iklan google, baca disini http://carapasangadsen.blogspot.com/2015/02/cara-mempercantik-tampilan-blog-anda.html#comment-form

    ReplyDelete
  2. Terimakasin atas sarannya mz muhammdad nabiku, semoga bisa jadi tempat menambah ilmu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara