Skip to main content

10 Alasan Penting Kenapa kita Harus Belajar Bahasa Inggris

 

Belajar Bahasa Inggris

Bukan rahasia lagi bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang sudah menduania sejak lama. Itu makanya, banyak Negara yang menjadikan bahasa inggris sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. 

Bahkan, dapat kita lihat ada banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris yang menawarkan berbagam program belajar Bahasa Inggris.

Di Indonesia sendiri, Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran wajib yang harus dikuasai para siswa. 

Kenapa? Karena, di tahun terakhir masa pendidikan, para siswa harus dihadapkan dengan yang namanya UN atau ujian Nasional, yang mana, Bahasa Ingggris juga termasuk salah satu materi yang diujikan, selain tentu saja matematika dan Bahasa Indonesia.

Kita sering mendengar kata foreign language dan second language, namun ada beberapa dari kita yang mungkin masih bingung dengan istilah itu. Baiklah, saya akan memberian sedikit gambaran terkait kedua istilah tersebut.

Foreign language adalah bahasa asing. Maksudnya, bahasa yang tidak selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari.  

Sementara second language artinya bahasa kedua, yaitu bahasa kedua yang digunakan di sebuah Negara, selain bahasa utamanya. Contohnya adalah Malaysia. Di Malaysia, Bahasa Inggris merupakan second language. Sementara di Indonesia sendiri, bahasa Inggris merupakan foreign language.

Ada banyak alasan mengapa seseorang harus belajar dan memahami Bahasa Inggris. Berikut beberapa alasannya:

1.      Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional

Bahasa inggris adalah salah satu bahasa terbanyak yang digunakan oleh berbagai negara di dunia. Bahkan, ada sekitar 53 negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resmi di negara tersebut. 

Mungkin inilah salah satu alasan dijadikannya Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. 

2.      Meningkatkan nilai diri

Dalam hal ini, dengan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dapat memberikan nilai tambah bagi kalian, misalnya dalam wawancara kerja, wawancara untuk program beasiswa atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga kesempatan kamu untuk terpilih menjadi lebih besar.


4.      Meningkatkan rasa percaya diri
        

Dengan memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, tentu kamu akan terlihat pintar. sehingga tentu saja hal itu dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu baik di sekolah, di lingkungan pergaulan, bahkan di kalangan teman dan kolega.

5.      Sebagai syarat lulus ujian nasional bagi siswa atau pelajar

Ingin lulus Ujian Nasional? Nah, sudah pasti kamu harus dapat menaklukkan mata pelajaran yang satu ini, apalagi kalau bukan mata pelajaran bahasa inggris. 

Sebenarnya tidak banyak yang perlu dikhawatirkan terhadap mata pelajaran yang satu ini. hanya saja, kamu harus lebih giat berlatih dan tentu saja jangan malu dan jangan pernah takut salah.

6.      Mempermudah untuk melanjutkan sekolah atau kuliah ke luar negeri

Biasanya, bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh sekolah-sekolah atau universitas di luar negeri adalah bahasa inggris. 

apalagi jika kamu ingin masuk melalui jalur beasiswa, tentu pada tahap wawancara, kamu akan diwawancara dengan menggunakan bahasa inggris.

 jadi, tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak menguasai bahasa inggris jika memiliki mimpi untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.



7.      Membuat jalan-jalan ke luar negeri menjadi lebih happy

Bila tidak dapat berbahasa inggris, tentu jalan-jalan ke luar negeri akan terasa sedikit hampa. kenapa? Karena kamu akan mengalami kesulitan disana.

 Misalnya, kamu akan kesulitan memahami petunjuk arah, dan juga dapat berkomunikasi dengan penduduk setempat untuk bertanya sesuatu, membeli sesuatu atau beberapa keperluan lainnya.

8.      Memudahkan untuk memahami teknologi

Pada umumnya teknologi dibuat menggunakan bahasa inggris, oleh karena itu dengan menguasai bahasa inggris kita mudah dalam memahaminya. 

Dengan kemampuan bahasa inggris kita juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang kita butuhkan, karena banyak sekali artikel, buku, bahkan video banyak yang menggunakan bahasa inggris.

9.      Membantu mempermudah memahami artikel-artikel atau jurnal ilmiah

Seperti yang sudah saya sebutkan di poin nomor 8, dengan kemampuan bahasa inggris kita sangat mudah untuk memahami  sesuatu dan mendapatkan banyak referensi. 

apalagi jika kita berkiprah di dunia akademik, maka artikel dan jurnal ilmiah adalah makanan sehari-hari. 

10.  Berpeluang mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar

Salah satu keuntungan dapat berbahasa inggris adalah kamu mendapat peluang yang sangat besar diterima di perusahaan-perusahan yang besar.

Perusahaan-perusahan yang besar tentu menginginkan karyawan yang profesional untuk bekerja dan mengembangkan bisnisnya.

 Terutama untuk membangun relasi kepada perusahaan asing, sangat dibutuhkan orang yang dapat berkomunikasi dengan baik untuk dapat menjalin kerjasama.

Demikian sedikit ulasan tentang mengapa kita harus bisa berbahasa inggris, semoga dengan mengetahui alasannya kita semakin termotivasi untuk terus belajar.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyambung Kabel Pompa Air Shimizu

Yang pernah beli pompa air Shimizu (atau sering desebut Sanyo meskipun mereknya bukan itu he he) pasti sedikit heran, kenapa tidak ada kabel untuk menghubungkan ke listrik alias Beli sendiri he he. Pompa air jenis ini memiliki tiga kabel merah, biru dan kuning.  Untuk menyambung kabel listriknya cukup yang merah dan biru yang disambungkan. Untuk yang kuning adalah kabel arde, fungsinya kata tukang listrik sebagai anti petir, yang di pasang di tancapkan ke tanah, tetapi sekarang sudah sangat jarang orang memakai kabel arde ini, khususnya untuk barang-barang elektronik, umumnya orang hanya memakai dua kabel saja. Yang perlu diperhatikan saat pemasangan kabel pompa air Shimizu adalah : Gunakan kabel yang kualitas bagus, kalau saran ane pakai kabel yang kawat jangan yang serabut, atau pakai kabel yang saya menyebutnya “double capsul” karena selain dibungkus dengan bungkus warna pada masing-masing kabel juga dibungkus dengan bungkusan warna warna putih. Pilih Saklar yang bagu

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Yang Keruh, Berminyak, Dan Berwarna Kuning

Air adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak mandi dan mencuci pakaian. untuk dikalangan pedesaan mungkin Sumur Bor tidak masalah, karena jarak rumah ke rumah masih bisa di bilang jarang, dan masih banyak pohon-pohon di sekitar rumah, sehingga air yang dihasilkan dari sumur maupun sumur Bor masih jernih. Namun berbeda ketika sumur bor dibuat di sekitar kota yang notabanenya kepadatan penduduknya sangat tinggi. Begitulah Gan masalah yang saya hadapi dikontrakan yang baru ini, Sumber airnya menggunakan sumur Bor, dan tidak ada alternatif lain seperti air PAM. untungnya kita tidak bayar air karena cuma bayar listrik untuk pompa air saja. Tapi seminggu kami tempati rumah itu masalah mulai muncul, air sumur bor kami bau dan berwarna kuning. Akibatnya ke pakaian terutama yang warna putih, jadi kekuning-kuningan, alergi pada kulit bintik-bintik kemerahan dan gatal. trus membuat kamarmandi cepat kotor berwarna kuning. Setelah mencari solusi

Merakit Kabel Terminal Roll Listrik Sendiri

Sobat, Kabel Terminal Roll Listrik diperlukan karena terus bertambahnya barang elektronik dirumah maka ketersediaan colokan dirumah menjadi kurang. Apalagi saat ini semua alat rumah tangga menggunakan elektronik, jadi bisa dipastikan setiap orang pasti pernah membeli namanya roll kabel terminal listrik. Namun, pengalaman saya jika kabel yang dibeli di pasaran kurang kuat atau cepat rusak dikarenakan menggunakan kabel yang kurang berkualitas. Apalagi beli yang harganya tergolong murah he he. Jadi untuk mengatasi itu Sobat bisa membuat terminal kabel listrik sendiri, karena caranyapun sangat mudah tinggal sambung-sambung kabel saja tidak perlu mengerti listrik juga bisa. Untuk membuatnya kita membututuhkan BAHAN-BAHAN berikut ini : Kabel Pemilihan kabel yang berkualitas akan mempengaruhi daya tahan Roll Kabel Listrik yang akan kita buat. Gunakan kabel yang bagus agar tidak mudah putus atau meleleh. Nah untuk panjang kabel sobat sesuaikan dengan kebutuhan barang-bara